HEALTH EDUCATION ON THE IMPORTANCE OF WASHING HANDS WITH SOAP (CTPS) AT SDN 10 DUNGALIYO

Ekawaty Prasetya, Herlina Jusuf, zulfikar Ahmad

Abstract


 

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan salah satu cara masyarakat untuk dapat menjaga kualitas kesehatannya. Program PHBS terdapat beberapa indikator yang dijadikan acuan dalam pelaksanaan PHBS. salah satunya adalah cuci tangan pakai sabun (CTPS). Perilaku CTPS yang baik dapat mencegah kejadian diare dan ISPA yang rentan dialami oleh anak-anak khususnyaanak usia sekolah. Sehingga penting untuk mengajarkan anak sejak dini mengenai CTPS yang baik dan benar. Namun pembelajaran mengenai kesehatan di sekolah sering menggunakan metode dan media yang tidak tepat untuk anak-anak khususnya anak usia sekolah. Kebaruan penelitian ini adalah untuk memberikan edukasi terkait pentingnya menerapkan cuci tangan pakai sabun. Tujuan kegiatan adalah untuk memberikan pemahaman pentingnya pentingnya health edukasi perilaku cuci tangan pakai sabun (CPTS) di SD Negeri 10 Dungaliyo. Metode kegiatan melalui penyuluhan dan pendidikan kesehatan tentang CTPS baik dan benar di sekolah. Hasil: berdasarkan hasil dari kegiatan ini dapat dilihat nanti pada saat PBL 3 setelah 6 bulan dari sekarang, apakah mengalami peningkatan setelah diberikan penyuluhan dan edukasi tentang CTPS yang baik dan benar. Kesimpulan terjadi peningkatan pengetahuan siswa tentang pentingnya CPTS setelah pendidikan kesehatan.

 

Kata kunci: Health Edukasi; Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS)

 

Abstract

Clean and Healthy Living Behavior (PHBS) is one way for the community to be able to maintain the quality of their health. The PHBS program has several indicators that are used as a reference in the implementation of PHBS. One of them is washing hands with soap (CTPS). Good CTPS behavior can prevent the incidence of diarrhea and ARI which are vulnerable to being experienced by children, especially school-age children. So it is important to teach children from an early age about good and correct CTPS. However, learning about health in schools often uses inappropriate methods and media for children, especially school-age children. The novelty of this research is to provide education regarding the importance of applying hand washing with soap. The purpose of the activity is to provide an understanding of the importance of health education on handwashing with soap (CPTS) at SD Negeri 10 Dungaliyo. The method of activity is through counseling and health education about good and correct CTPS in schools. Results: based on the results of this activity, it can be seen later during PBL 3 after 6 months from now, whether it has increased after being given counseling and education about good and correct CTPS. The conclusion is that there is an increase in students' knowledge about the importance of CPTS after health education.

Keywords: Health Education; Hand Washing With Soap (CPTS).


Full Text:

PDF PDF

References


Nurfadillah A. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (New Normal). JPKM J Pengabdi Kesehat Masy. 2020;1(1):1–6.

Kementerian Kesehatan RI. Pedoman Pembinaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Kementerian Kesehatan RI. Jakarta. 2011;

Belitung Kb, Studi P, Masyarakat K, Masyarakat Fk, Dahlan A. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat { Jpkm } Volume 3 ; Nomor 1 Mei Tahun 2022 Issn E : 2774-3519 Increasing Knowledge Regarding Children ’ S Counseling Of Hands Washing With Soap In Sungai Baru Village , Bangka Barat , Bangka Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat { Jpkm } Volume 3 ; Nomor 1 Mei Tahun 2022. 2022;3(1):18–28.

Kemenkes RI. Ayo Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun. Kementerian Kesehatan RI.Jakarta. 2015;

Setiawan I. Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Anak Mencuci Tangan Dengan Benar dan Memakai Sabun Pada Anak Usia Pra Sekolah Di TK Aisyiyah Blimbing Kabupaten Sukoharjo. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kusuma Husada. Surakarta. 2014;

Windaviv S. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Minat Belajar Anak Di Kelompok B TK Perwanida Rejoso Nganjuk. Program Studi PG- PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya. 2013;

Ashari, A. E., Ganing, A. dan Mappau Z. Peningkatan Pengetahuan, Sikap Dan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Anak Kelas V Sekolah Dasarmelalui Senam Cuci Tangan Pakai Sabun. Jurnal Ilmiah Permas : Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 10(1), pp. 11–18. Available at: http://journal.stikeskendal.ac.id/. 2020;

Zhang C et al. Promoting clean hands among children in Uganda: a school-based intervention using “typpy-taps”’. Public Health. 127(6), pp. 586–589. doi: doi:10.1016/j.puhe.2012.10.020. 2013;




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v2i2.13803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.