PENINGKATAN PENGETAHUAN TERKAIT HIPERTENSI DAN DIABETES MELITUS SERTA DEMONSTRASI GIZI SEIMBANG PADA LANSIA DI DESA TABUMELA

Anna Y. Pomalingo, Sofyawati D. Talibo, Novian Swasono Hadi

Abstract


            Indonesia menghadapi masalah dalam pembangunan kesehatan, yaitu beban ganda penyakit infeksius dan penyakit tidak menular.Penanggulangan masalah hipertensi dan Diabetes Melitus di Indonesia meliputi upaya promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang dilaksanakan berdasarkan pedoman berbasis bukti (Evidence Based Medicine).Kebaruan dalam penelitian ini adalah melakukan peningkatan pengetahuan terkait hipertensi dan diabetes mellitus serta demonstrasi gizi seimbang pada lansia di Desa Tabumela. Tujuan kegiatan ini sebagai bentuk upaya peningkatan pengetahuan terkait hipertensi dan diabetes melitus serta demonstrasi gizi seimbang pada lansia.Metode pelaksanaan yang digunakan ialah melalui penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan.Kegiatan penyuluhan melalui pemberian materi dengan metode ceramah serta diskusi, kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah dan pemeriksaan gula darah, serta demonstrasi isi piringku. Hasil pengabdian menunjukkan hasil bahwa pre test peserta dengan pengetahuan baik mengalami peningkatan dari 9 orang menjadi 18 orang pada post test. peserta dengan pengetahuan cukup sebanyak 13 orang turun menjadi 7 orang pada hasil post test dan peserta dengan pengetahuan kurang sebanyak 3 orang turun menjadi 0 orang pada hasil post test. hasil pemeriksaan tekanan darah terdapat 18 orang dengan tekanan darah normal dan 7 orang dengan tekanan darah tinggi. Hasil pemeriksaan kadar gula darah terdapat 22 orang dengan kadar gula darah normal dan 3 orang dengan kadar gula darah tinggi dan dari 25 sasaran semuanya sudah mempraktekkan pengolahan makanan untuk pencegahan hipertensi dan Diabetes Melitus. Kesimpulan kegiatan ini terdapat peningkatan pengetahuan terkait diabetes melitus dan hipertensi pada lansia dan bertambahnya pengetahuan mengenai kegiatan demonstrasi gizi guna memenuhi gizi seimbang pada lansia.

Kata Kunci: Diabetes Melitus; Hipertensi; Lansia.

 


Full Text:

PDF

References


Herini ES, Kusumadewi MD, Yusmiyati Y, Isnoor AS. Pelatihan pada Kader Kesehatan dan Pembentukan Kelas Kesehatan “Hidup Sehat Dengan Diabetes Mellitus” Desa Sumbersari, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman. J Pengabdi Kpd Masy (Indonesian J Community Engag. 2020;6(3):136–42.

CDC. Centrel of Diseases Control (CDC) in Indonesia. CDC. 2010.

Novitasari DI. Characteristics of Patients With Diabetes Mellitus Type 2 That Was Hospitalized in Patar Asih Hospital Deli Serdang Regency. Jambura J Heal Sci Res. 2022;4(3):677–90.

Aswad Y, Susanto B. Effect of Considered Imagination on Blood Pressure Hypertension Patients at Wirda Ilomata retirement home. Jambura J Heal Sci Res. 2019;1(1):7–12.

Tomayahu M, Mobiliu S, Dungga E. the Effect of Olive Oil and Honey Feeding on Blood Glucose Reduction in Type 2 Diabetes Mellitus Patients in the Working Area of the Puskesmas Kabila, Gorontalo Regency. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community. 2022;6(3):240–51.

Ahmad F, Bialangi S. Sedentari Terhadap Kejadian Diabetes Melitus Relationship Of Family History And Sedentari Behavior To The Incidence Of Diabetes Mellitus. Jambura J. 2021;3(1):103–14.

Palmer, Dkk. Tekanan Darah Tinggi. Jakarta: Erlangga; 2017.

Sudarsono EKR, Sasmita JFA, Handyasto AB, Kuswantiningsih N, Arissaputra SS. Peningkatan Pengetahuan Terkait Hipertensi Guna Perbaikan Tekanan Darah pada Pemuda di Dusun Japanan, Margodadi, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. J Pengabdi Kpd Masy (Indonesian J Community Engag. 2017;3(1):26.

Puskesmas Tilango. Data Capaian Pelaksanaan Kegiatan Posbindu Penyakit Tidak Menular. Tilango;

Sulistyo. Pembinaan Dan Pelatihan Kader Posyandu Lansia Di Desa Bekiring Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Ponorogo; 2018.

Ba J, Assa I, Bela SR, Bouway DY, Tuturop KL. Case Study Of Hypertension In Productive Age Communities In Yoka Village , Jayapura City. Jambura J Heal Sci Res. 2023;5(1):242–52.

Akbar H, Royke Calvin Langingi A, Rahmawati Hamzah S, Masyarakat K, Ilmu Kesehatan F, Kesehatan dan Teknologi Graha Medika I, et al. Analisis Hubungan Pola Makan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia. J Heal Sci ; Gorontalo J Heal Sci Community. 2021;5(1):194–201.

Hatta H, Dkk. Analisis hubungan status gizi lansia di Puskesmas Limboto Barat. J Public Heal Gorontalo. 2018;1.

N R, Dkk. Tingkat Kecemasan, asupan makan, dan status gizi pada lansia di Kota Yogyakarta. J Gizi Klin. 2015;12(2).

Kemenkes. Buku Pintar Kader Posbindu, Kementerian Kesehatan. Jakarta; 2016.

Kemenkes. Pedoman Pengabdian kepada Masyarakat di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan. 2018.




DOI: https://doi.org/10.37905/jpkm.v4i1.18506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.