PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PEMBENTUKAN KELOMPOK WARGA PERDULI AIDS (WPA) BERBASIS KEARIFAN LOCAL

Irwan Irwan, Nur Ayini S. Lalu

Abstract


Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) adalah sekumpulan gejala dan infeksi yang terkait dengan menurunnya sistem kekebalan tubuh manusia yang disebabkan oleh virus HIV. Kearifan local masyarakat setidaknya menjadi spirit bagi para pengidap..Tujuan kegiatan ini adalah untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dalam pencegahan HIV/AIDS melalui Pembentukkan Warga  Peduli AIDS (WPA). Metode kegiatan melalui pelatihan dan Focus Group Discission (FGD) yang melibatkan masyarakat dan remaja. Kelompok masyarakat yang tergabung dalam WPA terdiri dari berbagai komponen dalam suatu lingkungan masyarakat. Hasil kegiatan sebanyak dua kelompok WPA telah terbentuk di tingkat desa Leboto yang terdiri atas 30 orang pengurus dari berbagai unsur, mulai dari tokoh masyarakat, aparat desa leboto, dan remaja. Hasil kegiatan pelatiahan dan FGD telah dilatih sebanyak 60 pengurus  WPA di Desa Leboto. Kesimpulan Pemberdayaan masyarakat melalui pembentukan WPA dapat mencegah penularan HIV/AIDS pada remaja

Kata kunci: Pemberdayaan masyarakat; HIV/AIDS; Remaja.


Full Text:

PDF

References


Irwan. Kearifan Lokal dalam Pencegahan HIV/AIDS pada Remaja Beresiko Tinggi. In: Absolute Media: Yogyakarta. 2018.

Irwan. Risiko Penularan HIV/AIDS pada Pekerja Seks Komersial (PSK) di Provinsi Gorontalo. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community. 2018;2(2).

Irwan, Nule R. Hubungan Dukungan Sosial Dengan Perilaku Merokok Pada Siswa Smk N 2 Limboto. J Heal Sci Gorontalo J Heal Sci Community. 2018;3(1).

Green L, Kreuter M. Health promoting palnning: an educational and environmental approach. In: California: Mayfield Publishing Co. 2010. p. 35–46.

Herek G, Capitanio J, Widaman K. HIV-related stigma and knowledge in the United States: prevalence and trends,. Am J Public Heal. 2012;92(3):371–7.

Maughan-Brown B. Attitudes towards people with HIV/ AIDS: Stigma and its determinants amongst young adults in Cape Town, South Africa. In: South African Rev Sociol. 2011.

Septiani N, Wulandari F. Pengetahuan Remaja Tentang HIV/AIDS Dengan Pencegahan HIV/AIDS Di SMA Negeri 10 Purworejo Kabupaten Purworejo. J Komun Kesehat. 2016;7(1).

Herek G. Thinking about AIDS and stigma: A psychologist’s perspective. J Law Med Ethics W Inter. 2012;30(4).

Kusmiran E. Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita. In: Salemba Medika: Jakarta. 2013.




DOI: https://doi.org/10.37905/.v1i1.7286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.