Cover Image

Pemantauan Dosis Perorangan Pekerja Radiasi

Darmawati Darmawati, Aan Safitri, Sitti Nurrahmi, Idawati Supu, Icha Untari Meidji

Abstract


Telah dilakukan penelitian mengenai penentuan dosis perorangan yang bertujuan untuk  mengetahui bagaimana cara perhitungan dosis, mengetahui bagaimana penentuan Dosis Perorangan, mengetahui bagaimana prinsip kerja dari thermoluminance, dan mengetahui berapa batas dosis radiasi di wilayah kerja BPFK Makassar. Pemantauan jumlah paparan radiasi perorangan yang diterima para pekerja BPFK ini merupakan hal yang wajib dilakukan. Diharapkan dengan proses ini dapat meminimalisir resiko negatif akibat dosis radiasi yang diserap para pekerja selama bekerja. Pada penelitian ini meliputi wilayah kerja BPFK Makassar yaitu Sulawesi Tengah, Gorontalo Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Sulawesi Tenggara, Papua, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Di Luar Wilayah Kerja yaitu Kalimantan. Untuk nilai dosis yang di pantau yaitu dari 2020 sampai 2021 bulan agustus. Hasil penelitian ini berupa data yang telah di olah pada TLD reader yang telah dibaca dan variable yang di ukur berupa dosis minimum, dosis maksimum dan dosis rata-rata. Dimana dosis minimum terletak pada wilayah Sulawesi selatan dengan nilai dosis 0,0103 milisiver, dan dosis maksimum berada pada wilayah maluku dengan nilai dosis 1,1353 milisiver. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan hasil penelitian bahwa dosis yang diterima pekerja radiasi di wilayah kerja BPFK Makassar masih termasuk dalam kategori nilai batas dosis (NBD) sesuai dengan peraturan pemerintah berdasarkan surat keputusan kepala Bapeten No. 08 tahun 2013 dimana nilai dosis efektif kurang dari 50 mSv dalam periode satu tahun.

Keywords


Dosis; Kalibrasi; dosimeter; Radiasi; Thermoluminescence Dosimeter (TLD).

Full Text:

PDF

References


Irawati, Zubaidah. Pengembangan Teknologi Nuklir untuk Meningkatkan Keamanan dan Daya Simpan Bahan Pangan. Pusat Aplikasi Isotop dan Radiasi. BATAN. Jakarta. 2007.

Firmansyah, A., Analisis Kebocoran Radiasi pada Phywe X-Ray Unit dengan Surveimeter, Skripsi. Makassar: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar, 2012.

Safarudin Hernawan 1 , Eka Djatnika Nugraha S.Si 2 , Dr. Sutanto 1 , Prof. Eri Hiswara 2. Pembuatan Dosimeter Termoluminesensi Dari Bahan Litium Fluorida Dan Pengotor Titanium. Jurnal Forum Nuklir (JFN) Volume 10, Nomor 1, 2016.

Ikawati, A., Rahayu, I. D., dan Sutasurya, Pemantauan Dosis Perorangan di Pusat Teknologi Nuklir Bahan dan Radiometri- Batan Bandung. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Nuklir. 2009.

BAPETEN. Peraturan Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nomor 4 Tahun 2013 Tentang Proteksi Dan Keselamatan Radiasi Dalam Pemanfaatan Tenaga Nuklir. Jakarta. 2013.

Sofyan, Hasnel. Dosimeter Thermoluminensi sebagai Dosimetri Personal dalam Pemantauan Dosis Radiasi Eksternal. Pertemuan Ilmiah XXVI Jateng & DIY. Purworejo. 2012.

Muhammad Badar Sulaeman Aslam, dkk. Pembuatan Thermoluminescence Disimeter (Tld) serbuk melalui metode sintering sebagai proses awal produksi dosimeter personal. Jurnal MIPA FKIP UNS Surakarta. ISBN: 978-602-73159-0-7. 2015.




DOI: https://doi.org/10.34312/ljpa.v1i1.18563

Copyright (c) 2022

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.