Pelatihan Pembuatan dan Penerapan Multimedi media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Smart Apps Creator (SAC) di TK Kabupaten Limboto

Yenti Juniarti, Gilang Ramadan

Abstract


Perkembangan teknologi informasi di masa pandemi secara global yang semakin pesat memberikan tantangan tersendiri bagi semua bidang kehidupan. Terutama di bidang pendidikan, Namun sayangnya bidang pendidikan belum memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut secara maksimal. Sehingga pada kenyataannya di sekolah guru susah move on dari keadaan yang sebelumnya dan tidak mau mengupgrade diri dengan teknologi sehingga kemampuan IT rendah. Oleh karena itu dunia pendidikan juga harus mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Salah satu perkembangan teknologi saat ini yaitu aplikasi multimedia pembelajaran yang dibuka dengan powerpoint dan bisa di unduh dan dibuka menggunakan smarthphone berbasis android. Tujuan dari program ini adalah meningkatkan keterampilan Guru dan peningkatan kualitas mutu pembelajaran dengan multimedia pembelajran interaktif menggunakan smart apps creator (SAC) sebagai  media  pembelajaran  bagi  Guru TK Kabupaten Limboto. Metode pelaksanaan kegiatan ini menggunakan survey mitra, koordinasi dengan Guru dan Kepala Sekolah, sosialisasi program, pelaksanaan program dan evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah 50% Guru mampu membuat media pembelajaran interaktif dan 50 % masih belum bisa mengoperasikan pembelajaran berbasis IT. 50% Guru-guru masih kebingungan dalam proses penyimpanan. Dan 78,33 respon anak didik baik saat diberikan materi menggunakan multimedia pembelajaran interaktif.

Keywords


Multimedia Pembelajaran Interaktif; Smart Apps Creator; Guru PAUD

Full Text:

PDF

References


Anwariningsih, S. H., & Ernawati, S. (2013). Development of Interactive Media for ICT Learning at Elementary School Based on Student Self Learning. Journal of Education and Learning (EduLearn), 7(2), 121. https://doi.org/10.11591/edulearn.v7i2.226

Firman, F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 2(1), 14–20. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743

Juniarti, Y. (2017). Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sains Anak. Jurnal Pelita PAUD, 1(2), 74–85. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v1i2.202

Muegge, S., & Reid, E. (2019). Elon Musk and SpaceX: A Case Study of Entrepreneuring as Emancipation. Technology Innovation Management Review, 9(8). https://doi.org/10.22215/timreview/1258

Nasution, D. A. D., Erlina, E., & Muda, I. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Perekonomian Indonesia. Jurnal Benefita, 5(2). https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5313

Tinggi Firman, P., Baharuddin Lopa, J., & Talumung, S. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di. BIOMA, 2(1), 14–20. Retrieved from https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/743

Watnaya, A. kusnayat, Muiz, M. hifzul, Nani Sumarni, Mansyur, A. salim, & Zaqiah, Q. yulianti. (2020). PENGARUH TEKNOLOGI PEMBELAJARAN KULIAH ONLINE DI ERA COVID-19 DAN DAMPAKNYA TERHADAP MENTAL MAHASISWA. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1987




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i3.13461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 


slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor