Penanganan Pada Anak Dengan Gangguan Berbahasa di PPT Bunga Teratai Surabaya

Suhartini Nurul Azminah, Rizka Nur Oktaviani, Alfina Citrasukmawati

Abstract


Bahasa anak akan berkembang secara sistematis dan bersama-sama dengan bertambahnya usia anak. Pada anak usia dini berada pada rentang 2 s.d. 5 tahun pasti memilili keterampilan berbahasa yang berbeda-beda. Dalam pemerolehan bahasa pertama anak dibantu oleh pengasuhnya khususnya ibu dalam hal ini biasanya disebut bahasa pertama. Menginjak masa prasekolah (PAUD) anak akan mendapatkan bahasa kedua yang dibantu oleh guru. Anak akan mengaalami gangguan berbahasa jika anak tidak mampu dalam berkomunikasi secara verbal. Adapaun tujuan dari pengabdian masyakata di PPT Bunga teratai untuk mengenali tanda-tanda gangguan perkembangan yang bisa dialami oleh anak, mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan bahasa, serta apa saja stimulasi yang bisa diberikan secara sederhana baik di rumah maupun di sekolah kepada anak agar perkembangannya bisa tercapai dengan maksimal. Hasil dari kegiatan ini, guru dan orang tua dapat mengenali tanda-tanda dari gangguan berbahasa seperti keterlambatan berbicara dan pencampuaran bahasa yang dipengaruhi oleh dwibahasa dirumah, gaya pengasuhan, dan kebiasaan bermain gadget. Untuk menangani permasalahan ini, dengan cara literasi dini seperti membacakan cerita bergambar, mengajak anak untuk berdiskusi dan tanya jawab serta menceritakan yang sedang dilakukan atau yang  telah dilakukan.

Full Text:

PDF

References


Hartanto, William Surya. 2018. “Deteksi Keterlambatan Bicara dan Bahasa pada Anak”. Jurnal Cermin Dunia Kedokteran. 45(7).545-549. http://www.cdkjournal.com › CDK › article › view

Khoiriyah, et.al. 2016. “Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak yang Terlambat Berbicara (Speechdelay)”. Jurnal. Banda Aceh: Perpustakaan Universitas Syaih Kuala.

Marisa, Riandi, 2015. Permasalahan Perkembangan Bahasa dan Komunikasi Anak. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol.1 No. 2 https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpsd/article/view/694

Nuraeni, Afiah. 2016. “Peran Orang tua Dalam Pengembangan Literasi Dini Anak Kelompok B di Gugus 7 Mangunan Dlingo Bantul”. Yogyakarta : Journal Student UNY.

Tjasandara, Meitsari.. 2013. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Papalia, E.D. 2004. Human Development:Perkembangan Manusia. Jakarta: Salemba Humanika.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Santrock, J.W. 2009. Life Span Development Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.

Sari, Fitria, asyifa Robiatu, dan Endang Siti M. 2019. Edukasi Tahapan Perkembangan Anak dan Simulasi Floortime Kelompok Ibu “Cayoo Moms”. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PAMAS) Vo. 3, No. 2. Hal 98-104

Soetjiningsih. 2013. “Tumbuh kembang anak”. Edisi 2. Jakarta:EGC,




DOI: https://doi.org/10.37905/sibermas.v10i2.9905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by:

LPPM Universitas Negeri Gorontalo

Jln. Jenderal Sudirman No.6 Kota Gorontalo

Homepage : http://lppm.ung.ac.id

E-mail: lpm@ung.ac.id

Creative Commons License
Jurnal Sibermas (Sinergi Bersama Masyarakat) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License