Meningkatkan Teknik Shooting Kaki Bagian Dalam pada Permainan Sepakbola Melalui Penerapan Model Problem Bassed Learning (PBL) di Kelas viii di SMP Negeri 11 Kota Gorontalo

Laode Rahmat Rasif, Hariadi Said, Risna Podungge

Abstract


Berdasarkan data yang di peroleh pada penelitian tindakan kelas, dengan penerapan model PBL sebagai metode pembelajaran dalam tahap permainan sepak bola di mata pelajaran penjaskes yang di laksanakan dengan I siklus ternyata keberanian siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal ketuntasan hasil teknik Shooting kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Gorontalo dari 61,91% pada observasi awal menjadi 57,14% pada akhir siklus I kemudian di lanjutkan ke siklus II meningkat menjadi 80,95 pada akhir siklus II. Indikator kinerja yang ingin di capai sebesar 75% siswa yang menjadi objek penelitian sebanyak 21 orang siswa yang dikatan tuntas apabila memperoleh nilai sama dengan lebih dari 75. Hasil penelitian siklus II telah mengalami peningkatan di mana sudah mencapai indikator kinerja yang di tetapkan, dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan model PBL dalam pembelajaran mempunyai pengaruh yang positif untuk peningkatan teknik Shooting kaki bagian dalam pada permainan sepak bola.


Keywords


Meningkatkan, Teknik Shooting, Sepak Bola, Model Problem Bassed Learning.

Full Text:

PDF

References


Dipiarsa, P. A. A., Yunus, M., & Andiana, O. (2020). Analisis gerak pada Shooting menggunakan punggung kaki dalam olahraga sepak bola (studi kasus pada Sekolah Sepakbola Putra Arema U-15). Journal of Sport Science and Health, 2(2), 137-144.

Degeng & Hidayah. (2015). Penerapan Model Problem Bassed Learning Di Madrasah. LKiS Pelangi Aksara

Efendi, Y., & Widodo, A. (2019). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Tes Shooting Sepak Bola Pada Pemain Tim Persiwu Fc Jatiyoso. Jurnal Kesehatan Olahraga, 7(2), 367-372.

Gardasevic & Bjelica, (2019): 29. Hubungan Tingkat Konsentrasi Siswa Terhadap Hasil Ketepatan Shooting Sepak bola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 427-431

Hadist Awalia Fauzia 2019. Penerapan model pembelajaran problembased learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Volume 7, Nomor 1. ISSN: 2303-1514 | E-ISSN: 2598-5949. Halaman 42

Hidayat Nur wibawa. 2020. Pengaruh permainan target terhadap kemampuan Shooting dalam permainan sepak bola pada siswa kelas khusus olahraga di SMA N 2 Playen Gunung Kidul. journal of. S.P.O.R.T. vol.3, No.2. Halaman 2.

Irfan, M., Yenes, R., Irawan, R., & Oktavianus, I. (2020). Kemampuan teknik dasar sepakbola. Jurnal Patriot, 2(3), 720-731.

Koger (2020: 39) Pengaruh latihan metode circuit training terhadap keterampilan Shooting dalam permainan sepakbola pada sekolah sepakbola akrab kresna. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(1), 111-116.

Masrinah, E. N. dkk. (2019). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 924–932.

Mappaompo.adam. (2023)., pengaruh gaya mengajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar menggiring bola pada permainan sepak bola

Mubarok.et al., (2019) pengaruh latihan long passing menggunakan sasaran berurutan terhadap ketepatan long passing dalam permainan sepak bola journal of. S.P.O.R.T. vol.3, No.2 hal.99.

Mubarok, R. R. S., Narlan, A., & Millah, H. (2019). Pengaruh Latihan Long Passing Menggunakan Sasaran Berurutan Terhadap Ketepatan Long Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 98-103.

Najib, M., & Priambodo, A. (2019). Hubungan Tingkat Konsentrasi Siswa Terhadap Hasil Ketepatan Shooting Sepak bola. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(3), 427-431.

Narlan, A., Juniar, D. T., & Millah, H. (2017). Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal. Jurnal Siliwangi: Seri Pendidikan, 3(2).

primayanti, i. (2022). pengaruh latihan variasi Shooting terhadap kemampuan Shooting pada pemain sepak bola. teaching and learning journal of mandalika (teacher) e-issn 2721-9666, 3(1), 35-45.

Rahman, K. S., & Padli, P. (2020). Tinjauan Kemampuan Teknik Dasar Sepak Bola. Jurnal Patriot, 2(2), 369-379.

Rustendi, E., Rif'at, M., & Hakim, A. F. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Shooting Permainan Sepak Bola Menggunakan Metode Modifikasi Permainan Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 05 Sayan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek), 1(1), 75-78.

Salim, Agus, 2022, Buku Pintar Sepak Bola: PT Intimedia Ciptanusantara

Saleh, M. (2021). Strategi Pembelajaran Fiqh Dengan Problem-Based Learning. Jurnal Ilmiah Didaktika, 14(1), 190–220. https://doi.org/10.22373/jid.v14i1.497

Suhub Muhamad, Prinadi Imam, Ahmad. (2020). Penerapan model pembelajaran inquiri untuk meningkatkan kemampuan Shooting menggunakan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola siswa kelas VIII di UPT SMP Negeri 2 Malangke Barat. Halaman 2.

Sulisworo, D. (2020). Konsep Pembelajaran Project Based Learning. Alprin. Surya, B., Purnomo, E., & Gustian, U. (2021). Implamentasi Strategi Latihan Imagery Intruksional Pada Latihan Shooting Sepak Bola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(12).

Tamammudin, M., & Widodo, A. (2020). Pengaruh latihan metode circuit training terhadap keterampilan Shooting dalam permainan sepakbola pada sekolah sepakbola akrab kresna. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8(1), 111-116.

Vebrianto. et al., (2021). Problem Bassed Learning Untuk Pembelajaran Yang Efektif Di SD/MI. Dotplus Publisher




DOI: https://doi.org/10.37905/ts:jo.v1i2.31006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Laode Rahmat Rasif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.