Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring pada Materi Persamaan Kuadrat

Siti Zakiyah, Kartin Usman, Adelia Pratiwi Gobel

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat melalui pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Gorontalo dengan metode deskriptif yang melibatkan 21 orang siswa sebagai sampel penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah dengan melibatkan 4 indikator, yaitu : (1) memahami masalah, (2) membuat strategi, (3) melaksanakan strategi dan (4) menginterpretasikan hasil. Data yang diperoleh dianalisis dalam bentuk persentase kemudian dikategorikan berdasarkan kriteria penilaian. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa termasuk dalam kategori rendah yang ditunjukkan dengan persentase skor yang dicapai oleh siswa adalah sebesar 60,89%.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Persamaan Kuadrat; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF [Indonesia]

References


W. Wiryanto, “Proses Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19,” Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian.,vol.6 , no.2, 2020.

S. Wahyuni, M. Yati, and A. Fadila, “Pengembangan Modul Matematika Berbasis REACT terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik,” Jambura J. Math. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 1–12, Feb. 2020.

C. Magelo, E. Hulukati, and I. Djakaria, “Pengaruh Model Pembelajaran Open-Ended terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Ditinjau dari Motivasi Belajar,” Jambura J. Math., vol. 2, no. 1, pp. 15–21, Dec. 2019.

N. A. Yunus, E. Hulukati, and I. Djakaria, “Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik,” Jambura J. Math., vol. 2, no. 1, pp. 30–38, Dec. 2019.

S. Khadijah, S. Ismail, and R. Resmawan, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penalaran pada Materi Sudut Pusat dan Sudut Keliling Lingkaran,” Al-Khwarizmi J. Pendidik. Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 8, no. 1, pp. 1–12, Apr. 2020.

N. M. D. Ardiyanti, G. A. Mahayukti and I. M. Sugiarta, “Evaluasi Proses Pembelajaran Matematika Secara Daring Di Sman Kota Singaraja,” Jurna IKA., vol.18, no.2, pp.136-157, 2020.

S. D. Handayani and A. Irawan, “Pembelajaran Matematika Dimasa Pandemic Covid-19 Berdasarkan Pendekatan Matematika Realistik,” Jurna Math Educator Nusantara., vol.6, no.2, pp.179-189, 2020.

B. Kusumaningrum dan Z. Wijayanto, “Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif? (Studi Kasus pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19),”Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif., vol. 11, no.2, pp.136-142. 2020.

A. Ahmad, F. Nuzula, and K. Makky, “Efektivitas Pembelajaran Daring Dengan Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Matematika Di Madrasah Aliyah Darul Falah Batu Jangkih,” El-Hikam Journal of Education and Religious Studies., vol.13. no.1. pp. 67-82, 2020.

M. Mustakim, “Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika,” Al asma: Journal of Islamic Education., vol.2, no.1, pp.1-12, 2020.

N. S. Mulyani and F. Sulistiani, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Minat Belajar Siswa SMA di Bandung Barat”. Journal On Education., vol.1, no.4, pp. 634-643, 2019.

L. W Nengsih, S. Susiswo and C. Sa’dijah, “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar dengan Gaya Kognitif Field Dependent”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan., vol.4, no.2, pp. 143-148, 2019.

S. Arifin K. Kartono and I. Hidayah, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Model Problem Based Learning Disertai Remedial Teaching,”Jurnal EduMa., vol.8 no.1, pp. 85-97, Jul. 2019.

S. A. Yusuf, N. Abbas and A. Kaku, “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Talk-Write (Ttw) Pada Materi Program Linear Di Kelas X Smk Negeri 1 Gorontalo Utara,” JPs: Jurnal Riset dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan., vol.2, no.1, pp.166-171, Feb. 2017.

M. D. Nasution and W. Oktaviani, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pab 9 Klambir V T.P 2019/2020,” Journal Mathematics Education Sigma (JMES)., vol.1, no.1, 2020.

N. Kesumayanti and R. W. Y. Putra, “Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat,” Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT)., vol.3, no.2, pp.125-138, Sept. 2017.

M. F. Fatoni, D. Dafik and A. Fatahillah, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Kelaskita Berbantuan Software Geogebra Pada Materi Persamaan Kuadrat,” Jurnal Kadikma., vo.8 , no.2, pp. 24-33, Aug. 2017.




DOI: https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Mathematics Education

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jambura Journal of Mathematics Education has been indexed by:


                         EDITORIAL OFFICE OF JAMBURA JOURNAL OF MATHEMATICS EDUCATION

 Department of Mathematics, Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Moutong, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo 96554, Indonesia
 Email: matematika@ung.ac.id
 +6285255745923 (Call/SMS/WA)
 Jambura Journal of Mathematics Education (JMathEdu | eISSN: 2721-7477) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.  Powered by Public Knowledge Project OJS.