Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bermuatan Penilaian Portofolio
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
NCTM, "Six Principles for School Mathematics. In National Council of Teachers of Mathematics," http://www.nctm.org/uploadedFiles/Math_Standards/12752_exec_pssm.pdf, 2014.
D. A. pulungan, "Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA." Journal of Educational Research and Evaluation, vol. 3, no.2, pp. 74–78, 2014.
A. Sulistyawati, Wardono, and Kartono, "Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika. Prisma, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma vol.1, no.1 , pp. 853–859, 2018.
M. Mahdiansyah, and R. Rahmawati, "Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah : Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesia," Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol.20, no.4. pp. 452, 2014.
C. Budiono, and Wardono, "PBM Berorientasi Pisa Berpendekatan PMRI Bermedia LKPD Meningkatkan Literasi Matematika Siswa SMP," Unnes Journal of Mathematics Education, vol. , no.3, pp. 210–219, 2014.
R. H. N. Sari. Literasi Matematika: Apa, Mengapa dan Bagaimana? in prosiding SeminarNasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2015, 2015 pp. 713–720, 2015.
M. Masjaya and W. Wardono, Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM," jurnal Prisma, vol.1, no.1, pp. 568–574, 2018.
I. Fitriyani, and Z. Mastur, "Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Pada Pembelajaran Cps Berbantuan Hands On Activity," Unnes Journal of Mathematics Education Research, vol.6, no.2, pp.139–147, 2017.
N. Indah, S. Mania, and Nursalam, "Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VII SMP Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa". Jurnal Matematika dan Pembelajaran (MaPaN), vol.4, no.2, pp. 198–210, 2016.
S. H. Noer, "Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended," Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 5, no.1, pp. 104–111, 2011.
S. A. Manurung, "Pembelajaran Matematika Berbasis Portofolio Melalui Pendayagunaan Alat Peraga Dalam Materi Bangun Ruang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMKN 4 Medan T.P 2015/2016'" Jurnal Edu Tech, vol.2, no.2, pp. 100–116, 2016.
B. Santoso, "Penilaian Portofolio Dalam Matematika.," Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 1 no.2, pp. 31–38, 2014.
G. Gunantara, M. Suarjana, and P.N. Riastini, "Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V," Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, vol.2, no 1, 2014.
T. S. Widiyati, "Efektivitas Model Pembelajaran Portofolio Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Sikap Siswa Terhadap Matematika Kelas XI IPS SMA Negeri di Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2008 - 2009," TESIS. In Universitas Sebelas Maret Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta, 2009.
T. S. Sumartini, "Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah," Jurnal Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol.5, no.1, pp. 1–10, 2020.
W. J. Puteri, & S. Riwayati, "Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Conneted Mathematics Project (CMP)," Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, vol. 3, no. 2, pp. 161–168, 2017.
L. Sirat, and B. P. Darminto (2016), "Pengaruh Strategi Mind Mapping Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VIII SMP. Program Studi Pendidikan Matematika, pp. 135–139. 2016.
M. I. Sidik, and H. Winata, "Meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran direct instruction (Improving student learning outcomes through application of direct instruction learning model). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol 1, no.1, pp.12, 2016.
DOI: https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.13963
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Valeria Suryani Kurnila, Margaretha Badus, Eufrasia Jeramat, Gabariela Purnama Ningsi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS, DAN TEKNOLOGI |
Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia |
Email: euler@ung.ac.id |
+6287743200854 (WhatsApp Only) |
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi (p-ISSN: 2087-9393 | e-ISSN:2776-3706) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |