Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Aljabar Boolean Berdasarkan Teori Kastolan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
F. A. Sari, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Pada Mata Kuliah Matematika Terapan Berdasarkan Newmann’s Error Analysis,” SUPERMAT Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 7, no. 1, 2023, doi: 10.33627/sm.v7i1.1049.
S. D. Aini and S. Irawati, “Analysis of Student Errors in Solving Non Homogeneous Differential Equations Problems Based on Kastolan Stages,” JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), vol. 6, no. 1, p. 93, Jan. 2022, doi: 10.31764/jtam.v6i1.5558.
P. R. Widia, H. P. Munah, and M. R. Al, “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aljabar Boolean Berdasarkan Kemampuan Awal Dan Problem Based Learning,” SAP (Susunan Artikel Pendidikan), vol. 7, no. 2, pp. 324–331, Dec. 2022, doi: 10.30998/sap.v7i2.13640.
M. R. Sari, C. Sa’dijah, and S. Sukoriyanto, “Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tes Literasi Statistik Berdasarkan Tahapan Kastolan,” JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), vol. 11, no. 1, p. 156, Sep. 2022, doi: 10.25273/jipm.v11i1.13948.
Y. Yodiatmana and K. Kartini, “Analysis of Student Errors in Solving Basic Logarithmic Problems Using Kastolan Error Analysis,” Jurnal Gantang, vol. 7, no. 2, pp. 129–136, Dec. 2022, doi: 10.31629/jg.v7i2.4689.
A. Y. Anggoro, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Kalkulus Integral,” Jurnal Kependidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 131–140, 2023, doi: 10.30822/asimtot.v4i2.2340.
Y. Patricia et al., “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Soal Limit Trigonometri,” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika , vol. 11, no. 1, 2022, [Online]. Available: http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2007.
Daswarman, “Analisis Kesalahan Mahasiswa PGSD dalam Menyelesaikan Soal Matematika,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 06, no. 02, pp. 1335–1344, 2022.
N. Anggraini, D. P. Utomo, and R. D. Azmi, “Analysis Of Student Errors In Solving Minimum Competency Assessment Problems Based On Kastolan Theory,” Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 1–10, Apr. 2023, doi: 10.22236/kalamatika.vol8no1.2023pp1-10.
N. Jusniani, “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemahaman Matematis Padamata Kuliah Kapita Selekta Matematika SMP,” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, vol. 3, no. 2, pp. 71–80, 2022, doi: 10.33365/ji-mr.v3i2.2294.
N. S. R. Hasibuan, Y. Roza, and M. Maimunah, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Kastolan,” Jurnal Paedagogy, vol. 9, no. 3, p. 486, Jul. 2022, doi: 10.33394/jp.v9i3.5287.
Rosmaiyadi, “Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Aljabar Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Singkawang,” Journal Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 1, pp. 59–70, 2018.
U. Usqo, Y. Roza, and P. Studi Magister Pendidikan Matematika, “Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Watson’s Error Category dan Perbedaan Gender,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 06, no. 01, pp. 505–518, 2022.
J. Aulia and Kartini, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs,” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 05, no. 01, pp. 484–500, 2021.
D. A. Ramadhini and K. Kowiyah, “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan,” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 3, pp. 2475–2488, Aug. 2022, doi: 10.31004/cendekia.v6i3.1581.
A. Sari and R. Zulkarnaen, “Analisis kemampuan koneksi matematis berdasarkan teori Kastolan pada siswa kelas IX,” Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, vol. 8, no. 1, pp. 55–62, 2022, doi: 10.37058/jp3m.v8i1.4670.
I. Suciati and W. H. Mailili, “Analisis Kesalahan Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Materi Turunan,” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika , vol. 5, no. 1, 2022, doi: 10.46918/equals.v5i1.1238.
L. Lusiana, J. Jumroh, and E. F. P. Sari, “Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal SPLDV Dan Program Linier Di Tingkat SMK,” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 12, no. 1, p. 933, Mar. 2023, doi: 10.24127/ajpm.v12i1.6574.
S. Buton, “Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Berdasarkan Teori Kastolan,” Uniqbu Journal of Exact Sciences, vol. 4, no. 1, pp. 15–20, 2023, doi: 10.47323/ujes.v4i1.280.
DOI: https://doi.org/10.37905/euler.v11i2.22478
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dian Kartika Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS, DAN TEKNOLOGI |
Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia |
Email: euler@ung.ac.id |
+6287743200854 (WhatsApp Only) |
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi (p-ISSN: 2087-9393 | e-ISSN:2776-3706) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |