Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Materi Kubus dan Balok
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Anwar, B. R. Takaendengan, L. Nirwana, and J. James, “Analisis Kecerdasan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele,” J. Pendidik. Mat. Judika Educ., vol. 5, no. 2, pp. 116–125, 2022, doi: 10.31539/judika.v5i2.4778NCTM. 2000.
D. F. Une, E. Hulukati, Y. Ismail, A. W. Abdullah, and K. Usman, “Hubungan Antara Gaya Belajar Dengan Kemampuan Kognitif Matematika Pada Materi Lingkaran di SMP Negeri 2 Limboto,” Res. Math. Nat. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 54–60, 2022, doi: 10.55657/rmns.v1i1.38.
R. Taha, S. Q. Badu, and A. Arsyad, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization,” Jambura J. Math. Educ., vol. 3, no. 2, pp. 147-154, 2022, doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.16147.
A. Patingki, A. Mohidin, and R. Resmawan, ”Hubungan Gaya Kognitif Siswa Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika,” Jambura Journal of Mathematics Education, vol. 3, no. 2, pp. 70–80, 2022, doi: 10.34312/jmathedu.v3i2.15412.
NCTM, “Principles and Evaluation Standatrds for school Mathematics”. Reston, VA:NCTM, 2000.
H. Hodiyanto.“Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika”. AdMathEdu, vol 7, no 1, 9–18, 2017.
S. Sukmadinata, and N. Syaodih, “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
F. R. Ardina, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis siswa.” Universitas Negeri Malang, 2016
D. P. A. Laknasa, A. W. Abdullah, K. A. Pauweni, K. Usman, and A. Kaluku, “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Interaktif dengan Model Discovery Learning”. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, vol. 9, no. 2, pp. 103–108, 2021, doi: 10.34312/euler.v9i2.11100.
S. Nuna, R. Resmawan, and D. R. Isa, ”Identifikasi Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Ditinjau dari Kemampuan Spasial pada Topik Prisma dan Limas,” Jambura Journal of Mathematics Education, vol. 1, no. 2, pp. 90–97, 2020, doi:10.34312/jmathedu.v1i2.7675.
A. R. As’ari, “Mewujudkan Pendekatan Saintifik dalam Kelas Matematika,” in Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Jember, 2015.
Mckenna C. Powerful Communication Skills, berkomunikasi secara cerdas. Jakarta. PT Elex Media Komputindo, 2004.
R. Siahan, “Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik,” Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 32–36, 2021.
A. Prentha, ” Peningktatkan kemampuan komunikasi matematis tertulis melalui pendekatan saintifik pada materi trigonometri bagi siswa kelas X MAN 1 Flores Timur,” Aksioma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 12, No. 1, pp. 69–79, 2021.
S. D. Arifat, dkk., “Meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V SD inpres 3 nambo pada materi luas laying-layang melalui pendekatan scientific,” Jurnal kreatif tadulako, Vol. 4, No 2, 2014.
S. Sutama, “Penelitian Tindakan Teori dan Praktek dalam PTK, PTS dan PTBK”. CV. Citra Mandiri Utama, 2010.
S. Arikunto, “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta : PT Rineka Cipta, 2014.
F. A. Tiban, N. Achmad, and S. Zakiyah, “Analisis Kualitas Tes Hasil Belajar Matematika Buatan Guru di SMP Negeri 4 Gorontalo,” Jambura J. Math. Educ., vol. 2, no. 2, pp. 70–77, 2021. doi: 10.34312/jmathedu.v2i2.11103.
S. Arikunto, “Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
DOI: https://doi.org/10.37905/euler.v12i1.26346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Irfan Mahmud, Kartin Usman, Bertu Takaendengan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS, DAN TEKNOLOGI |
Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia |
Email: euler@ung.ac.id |
+6287743200854 (WhatsApp Only) |
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi (p-ISSN: 2087-9393 | e-ISSN:2776-3706) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |