Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. Herbert and R. H. Brown, "Patterns as tools for algebraıc reasonıng" Teach. Child. Math., vol. 3, no. February 1997, pp. 340-345, 1997, [Online]. Available: www.nctm.org.
H.-C. Lew, "Developing Algebraic Thinking in Early Grades: Case Study of Korean Elementary School Mathematics" Math. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 88-106, 2004.
A. P. Kusuma, N. K. Rahmawati, and L. Ayuningrum, "Eksperimentasi Model Pembelajaran RMS Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis" Delta J. Ilm. Pend. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 329-338, 2022.
I. Farida and D. L. Hakim, "Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)" J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 4, no. 5, pp. 1123-1136, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136.
PISA, "PISA 2022 Results Factsheets Indonesia" Oecd, vol. 1, pp. 1-9, 2023, [Online]. Available: https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
OECD, "PISA 2021 Mathematics Framework (Draft)" Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951-952., pp. 5-24, 2018.
Y. H. Nada, S. Prabawanto, and Suhendra, "Characteristics of students' mathematical representation in solving algebraic thinking problems" J. Phys. Conf. Ser., vol. 1521, no. 3, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1521/3/032009.
M. E. Nggaba and A. L. Ngaba, "Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Kearifan Lokal" Satya Widya, vol. 36, no. 2, pp. 97-104, 2021, doi: 10.24246/j.sw.2020.v36.i2.p97-104.
M. Hafiz, R. Wicaksono Kusumo, and G. Satriawati, "Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Menengah Atas DiJakarta" in Pros. Semin. Nas. FITK , vol. 1, no. 1, pp. 312-321, 2024.
R. S. Dewi, R. Sundayana, and R. Nuraeni, "Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL" Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 3, pp. 463-474, 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i3.830.
M. E. Rifai, Pentingnya Kepercayaan Diri dan Dukungan Keluarga dalam Kecemasan Matematika. Sukoharjo: CV Sindunata, 2018.
E. Mega, Memperkuat Kepercayaan Diri Motivasi Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yogyakarta: CAHAYA HARAPAN, 2023.
Aminullah, "Pengaruh Kepercayaan Siswa Pada Matematikaterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa" Ganec Swara, vol. 13, no. 2, 2019, doi: 10.35327/gara.v13i2.89.
F. Oktarisa, T. Rahmat, and P. Firmanti, "Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Matematika" Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, pp. 5532-5543, 2024.
H. Aini, N. L. Mubarokah, M. M. M. Yunita, S. Rahmawati, and N. H. Marhaeni, "Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa" J. Educ. Cult. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 106-113, 2023, doi: 10.55340/japm.v8i2.870.
H. Hendriana, E. E. Rohaeti, and U. Sumarmo, Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
V. Silvia, Statistika Deskriptif. Yogyakarta: Andi, 2021.
Kadir, Statistika terapan: Konsep, Contoh dan Analisis data denganProgram SPSS/Lisrel dalam penelitian, 3rd ed. Depok: Rajawali Pers, 2017.
P. Rustika and T. Rohaeti, "Algebraic Thinking Ability and Learning Interest Through Social Media-Based Pictorial Puzzle in New Normal Era" MaPan, vol. 8, no. 2, pp. 329-342, 2020, doi: 10.24252/mapan.2020v8n2a11.
S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2021.
E. Suryowati and L. B. Tristanti, "Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Berdasarkan Taksonomi Generalisasi" EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, 2022, doi: 10.20527/edumat.v10i1.11250.
N. P. N. Sari, Y. Fuad, and R. Ekawati, "Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan" Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 11, no. 1, pp. 56-63, 2020, doi: 10.15294/kreano.v11i1.22525.
R. T. I. Munthe and D. L. Hakim, "Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)" Prisma, vol. 11, no. 2, 2022, doi: 10.35194/jp.v11i2.2388.
N. Hauda, Z. Zulkardi, and E. Susanti, "Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa pada Topik Program Linear Konteks Palembang Lamonde" Indiktika J. Inov. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 44-56, 2023, doi: 10.31851/indiktika.v6i1.13116.
R. A. Pangestu and Sutirna, "Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika" MAJU, vol. 8, no. 1, pp. 118-125, 2021.
A. J. Arofah and N. Hidayati, "Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas IX Dalam Pembelajaran Matematika" J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 328-335, 2021.
M. Riskon, N. Rachmani, N. Adhi, and N. R. Dewi, "Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Pekalongan" in Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 4, pp. 353-358, 2021, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45045.
DOI: https://doi.org/10.37905/euler.v12i2.28094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anisah Luthpi Adawiyah, Khamida Siti Nur Atiqoh, Gusni Satriawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS, DAN TEKNOLOGI |
![]() | Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia |
![]() | Email: euler@ung.ac.id |
![]() | +6287743200854 (WhatsApp Only) |
![]() | Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi (p-ISSN: 2087-9393 | e-ISSN:2776-3706) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |