Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
K. Herbert and R. H. Brown, “Patterns as tools for algebraıc reasonıng,” Teach. Child. Math., vol. 3, no. February 1997, pp. 340–345, 1997, [Online]. Available: www.nctm.org.
H.-C. Lew, “Developing Algebraic Thinking in Early Grades: Case Study of Korean Elementary School Mathematics,” Math. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 88–106, 2004.
A. P. Kusuma, N. K. Rahmawati, and L. Ayuningrum, “Eksperimentasi Model Pembelajaran RMS Terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Matematis,” Delta J. Ilm. Pend. Mat., vol. 10, no. 2, pp. 329–338, 2022.
I. Farida and D. L. Hakim, “Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV),” J. Pembelajaran Mat. Inov., vol. 4, no. 5, pp. 1123–1136, 2021, doi: 10.22460/jpmi.v4i5.1123-1136.
PISA, “PISA 2022 Results Factsheets Indonesia,” Oecd, vol. 1, pp. 1–9, 2023, [Online]. Available: https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.
OECD, “PISA 2021 Mathematics Framework (Draft),” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 5–24, 2018.
Y. H. Nada, S. Prabawanto, and Suhendra, “Characteristics of students’ mathematical representation in solving algebraic thinking problems,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1521, no. 3, 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1521/3/032009.
M. E. Nggaba and A. L. Ngaba, “Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Kearifan Lokal,” Satya Widya, vol. 36, no. 2, pp. 97–104, 2021, doi: 10.24246/j.sw.2020.v36.i2.p97-104.
M. Hafiz, R. Wicaksono Kusumo, and G. Satriawati, “Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Sekolah Menengah Atas DiJakarta,” in Pros. Semin. Nas. FITK , vol. 1, no. 1, pp. 312–321, 2024.
R. S. Dewi, R. Sundayana, and R. Nuraeni, “Perbedaan Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Confidence antara Siswa yang Mendapatkan DL dan PBL,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 3, pp. 463–474, 2020, doi: 10.31980/mosharafa.v9i3.830.
M. E. Rifai, Pentingnya Kepercayaan Diri dan Dukungan Keluarga dalam Kecemasan Matematika. Sukoharjo: CV Sindunata, 2018.
E. Mega, Memperkuat Kepercayaan Diri Motivasi Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yogyakarta: CAHAYA HARAPAN, 2023.
Aminullah, “Pengaruh Kepercayaan Siswa Pada Matematikaterhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa,” Ganec Swara, vol. 13, no. 2, 2019, doi: 10.35327/gara.v13i2.89.
F. Oktarisa, T. Rahmat, and P. Firmanti, “Pengaruh Self Confidence Terhadap Hasil Belajar Matematika,” Innov. J. Soc. Sci. Res., vol. 4, pp. 5532–5543, 2024.
H. Aini, N. L. Mubarokah, M. M. M. Yunita, S. Rahmawati, and N. H. Marhaeni, “Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa,” J. Educ. Cult. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 106–113, 2023, doi: 10.55340/japm.v8i2.870.
H. Hendriana, E. E. Rohaeti, and U. Sumarmo, Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2022.
V. Silvia, Statistika Deskriptif. Yogyakarta: Andi, 2021.
Kadir, Statistika terapan: Konsep, Contoh dan Analisis data denganProgram SPSS/Lisrel dalam penelitian, 3rd ed. Depok: Rajawali Pers, 2017.
P. Rustika and T. Rohaeti, “Algebraic Thinking Ability and Learning Interest Through Social Media-Based Pictorial Puzzle in New Normal Era,” MaPan, vol. 8, no. 2, pp. 329–342, 2020, doi: 10.24252/mapan.2020v8n2a11.
S. Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2021.
E. Suryowati and L. B. Tristanti, “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menggeneralisasi Pola Berdasarkan Taksonomi Generalisasi,” EDU-MAT J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 1, 2022, doi: 10.20527/edumat.v10i1.11250.
N. P. N. Sari, Y. Fuad, and R. Ekawati, “Profil Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Pola Bilangan,” Kreano, J. Mat. Kreat., vol. 11, no. 1, pp. 56–63, 2020, doi: 10.15294/kreano.v11i1.22525.
R. T. I. Munthe and D. L. Hakim, “Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV),” Prisma, vol. 11, no. 2, 2022, doi: 10.35194/jp.v11i2.2388.
N. Hauda, Z. Zulkardi, and E. Susanti, “Kemampuan Pemodelan Matematika Siswa pada Topik Program Linear Konteks Palembang Lamonde,” Indiktika J. Inov. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 44–56, 2023, doi: 10.31851/indiktika.v6i1.13116.
R. A. Pangestu and Sutirna, “Analisis Kepercayaan Diri Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika,” MAJU, vol. 8, no. 1, pp. 118–125, 2021.
A. J. Arofah and N. Hidayati, “Analisis Kepercayaan Diri Siswa SMP Kelas IX Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Ilm. Pendidik. Mat., vol. 8, no. 2, pp. 328–335, 2021.
M. Riskon, N. Rachmani, N. Adhi, and N. R. Dewi, “Pengaruh Disposisi Matematis terhadap Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa Kelas XI MAS Simbang Kulon Pekalongan,” in Pros. Semin. Nas. Mat., vol. 4, pp. 353–358, 2021, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45045.
DOI: https://doi.org/10.37905/euler.v12i2.28094
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anisah Luthpi Adawiyah, Khamida Siti Nur Atiqoh, Gusni Satriawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi has been indexed by:
EDITORIAL OFFICE OF EULER : JURNAL ILMIAH MATEMATIKA, SAINS, DAN TEKNOLOGI |
Department of Mathematics, Faculty of Mathematics and Natural Science, Universitas Negeri Gorontalo Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango 96554, Gorontalo, Indonesia |
Email: euler@ung.ac.id |
+6287743200854 (WhatsApp Only) |
Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi (p-ISSN: 2087-9393 | e-ISSN:2776-3706) by Department of Mathematics Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS. |