Menganalisis Retorika Kemenangan Presiden Prabowo Dalam Membangun Narasi Nasional

Yunus Dama, Ayu Ismail, Fairuzia Fairuzia, Fatmawati Mobiliu, Yunima I. Hasan, Sri Susanti A. Kunuti, Sri Abelia Noho

Abstract


Prabowo Subianto, salah satu kandidat dalam Pemilihan Presiden Republik Indonesia 2019-2024, merupakan tokoh dengan latar belakang beragam dalam bidang militer, politik, dan bisnis. Sebagai bagian dari strategi kampanye, ia menyampaikan pidato kebangsaan yang bertujuan memaparkan visi dan misi serta memengaruhi opini publik agar mendukung pencalonannya. Keberhasilan pidato tersebut sangat ditentukan oleh penggunaan retorika yang efektif, meliputi pengelolaan pesan yang strategis dan penyampaian persuasif. Dalam komunikasi politik, retorika adalah seni menyampaikan argumen secara terstruktur untuk meyakinkan audiens, yang didasari oleh pendekatan Aristoteles melalui tiga elemen utama: ethos, pathos, dan logos. Penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif untuk menganalisis pidato kebangsaan Prabowo yang diunggah di kanal YouTube tvOne. Analisis menunjukkan bahwa Prabowo berhasil mengintegrasikan ethos, pathos, dan logos. Ethos tampak dari kredibilitasnya sebagai figur publik, pathos terlihat dalam kemampuannya menggugah emosi audiens, dan logos hadir melalui argumen yang logis dan terstruktur. Struktur sebab-akibat pada pola pesan memperkuat kejelasan pidato. Penelitian ini juga menyoroti peran platform digital seperti YouTube dalam memperluas jangkauan komunikasi politik. Temuan ini memberikan kontribusi bagi studi komunikasi politik, khususnya tentang bagaimana retorika dapat memperkuat koneksi emosional, kredibilitas, dan penyampaian visi pemimpin secara efektif.

Keywords


Retorika politik; Pidato kebangsaan; Ethos; pathos; logos; Komunikasi persuasif; Strategi kampanye digital

Full Text:

PDF

References


Alwi Dahlan Ritonga. (2020). Mencermati Populisme Prabowo Sebagai Bentuk Gaya Diskursif Saat Kampanye Politik Pada Pemilihan Presiden 2019 Published in Politeia: Jurnal Ilmu Politik .

Budiarsih, Sri, and Asropah Asropah. "Analisis Wacana Kritis Teun A. Van Dijk Pada Teks Pidato Pelantikan Presiden Terpilih Prabowo Subianto Tahun 2024." PARAFRASA: JURNAL BAHASA, SASTRA, DAN PENGAJARAN 6.2 (2024): 7-16.

CNBC Indonesia. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(3), 172-186.

Fuadin, Rifai Fatih, and Ghulama Rashif Faza. "ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN DEKLARASI KEMENANGAN PRABOWO GIBRAN PADA CNN INDONESIA. COM DAN POPMAMA. COM." Merdeka Indonesia Jurnal International 4.1 (2024): 159-164.

Isa, A. (2024). Retorika Prabowo Subianto dalam Debat Pertama Pemilihan Presiden 2024. Komuniti: Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 16(2), 143-167.

Kumalasari, R., Sari, LN, Januarista, SC, Yuniawan, T., & Neina, QA (2024). Tindak Tutur Ilokusi pada Video Pidato Kemenangan Prabowo-Gibran di Channel YouTube CNBC Indonesia. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 2(3), 172-186.

Ludvianto, M., & Arifani, W. (2020). RETORIKA PERSUASIF DALAM DEBAT CALON PRESIDEN INDONESIA 2019: SEBUAH ANALISIS KOMUNIKASI PERFORMATIF.

Retorika dalam Facebook Kampanye Pemilihan Gubernur." Jurnal Komunikasi Indonesia 6.2 (2017): 149-156.

RICKY, H. (2014). PERBANDINGAN RETORIKA PRABOWO SUBIANTO DAN JOKO WIDODO DALAM DEBAT CALON PRESIDEN 2014 (Kasus Retorika Debat Calon Presiden 2014 Mengenai Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial) (Doctoral dissertation, UAJY).

Renanda Afilia Ramdhan. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Politik Humor di Media Sosial dalam Kemenangan Probowo Subianto pada Pemilihan Presiden 2024. jurnal ilmiah Indonesia.

SUBIANTO, PRABOWO. "STUDI RETORIKA PRABOWO SUBIANTO ANALISIS VIDEO (PIDATO KEBANGSAAN."

Sanjaya, A., Biyoga, S., & Alunaza, H. (2017). Pemimpin Minoritas dan Strategi Retorika Pathos dalam Kampanye: Analisis Isi Deskriptif Pesan Strategi Retorika dalam Facebook Kampanye Pemilihan Gubernur. Jurnal Komunikasi Indonesia, 6(2), 149-156.

Sanjaya, Andika, Suswandoyo Biyoga, and Hardi Alunaza. "Pemimpin Minoritas dan Strategi Retorika Pathos dalam Kampanye: Analisis Isi Deskriptif Pesan Strategi Retorika dalam Facebook Kampanye Pemilihan Gubernur." Jurnal Komunikasi Indonesia 6.2 (2017): 149-156.

Tegar Chakrawala. (2024). ANALISIS RETORIKA PIDATO KEMENANGAN PRABOWO SUBIANTO PADA PEMILU PRESIDEN 2024. Jurnal word (.doc/.docx). KOMUNIKASI/MA/SKRIPSI/1773/.

video “Pidato Kebangsaan Prabowo Subianto” dengan judul STUDI RETORIKA PRABOWO SUBIANTO ANALISIS VIDEO (PIDATO KEBANGSAAN PRABOWO SUBIANTO).




DOI: https://doi.org/10.37905/jbsb.v14i3.30804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Dipublikasikan oleh:

p-ISSN: 2088-6020 dan e-ISSN: 2776-5733

Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,  Fakultas Sastra dan Budaya, Universitas Negeri Gorontalo, Jl. Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie, Desa Moutong, Kec. Tilongkabila, Kab. Bone Bolango Telepon (0435) 821125  Fax. (0435) 821752, email: jurnalbdb@gmail.com | http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/JBSP/

 

Indexed by:

   

 

View My Stats situs toto situs toto