Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian

Novita Djafar, Irwan Yantu, Sudirman Sudirman, Raflin Hinelo, Roy Hasiru

Abstract


The purpose of this research was to determine to what extent service quality affected purchase decisions at Cv. Mufidah, Gorontalo City.” This research employed a quantitative approach using a quantitative correlational method with a sample size of 30 consumers. Besiders, the data collection techniques used in this research were interviews, questionnaires, and documentation, while the data analysis technique was simple regression analysis. The research finding denoted that there was a positive and significant effect of service quality on purchase decisions at CV Mufidah, Gorontalo City.” The effect of service quality on purchase decisions reached 43%, while the remaining 57% was affected by other variables that were not examined in this research.


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2004.

Assegaff, M. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Perusahaan Penerbangan PT. Garuda Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 10. No. 2. Juli, p.171– 186.

Blythe, J. 2006. Essenof Marketing Comtials munications. Great Britain: Prentice Hall. Buchory, A. H., & Djaslim, S. 2010. Manajemen Pemasaran (Edisi Pertama). Bandung: Linda Karya.

Bungin, B.. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fiani, S. Margaretha., dan Japarianto. E. 2012. Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 1 (1), 1-6.

Ghozali, Imam. 2009. Aplikasianalisis multivariate dengan program SPSS (Cetakan IV). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. ManajemenPemasaran. Yogyakarta: BPFE, 2000.

Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (ILPPD) Kota Surabaya Tahun 2012. Diunduh dari: www.surabaya.go.id,tanggal 17 Oktober 2013.

Irawan, Handi. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Konsumen. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Jayakusumah, Herdi. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian The Celup Sariwangi (Studi Kasus pada Masyarakat Kota Bekasi), (Skripsi S1, UinSyarifHidayatullah, Jakarta, 2011).

Kodu, S. 2013. Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA. Vol.1, No.3, p.1251- 1259.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2007. Manajemen Pemasaran.Edisi-12, Jilid 2. Jakarta: Indeks.

Kotler, P. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Armstrong, G. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, Mudrajat. 2011. Metode Kuantitatif: Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Yogyakarta: YKPN.

Kurniasari, Nova Dhita. “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian”, SkripsiSarjana Ekonomi. Semarang: Perpustakaan Universitas Diponegoro, 2013.

Lamb, Jr. C.W., Joseph, Jr. F. H., Carl, McDaniel. 2001. Marketing. 6th ed. Singapore: South-Westerm College Publishing.

Lovelock, C. & Wirtz, J. 2007. Service Marketing. 6th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Malhotra, N.K. 2007. Marketing Research an Applied Orientation. 5th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Martono, Nanang. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslim S.T., dan Andrew, R. 2012. Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge terhadap Purchase Intention (Kasus: Kosmetik “X”).Media Bisnis, Maret, 2012, 43- 44.

Schiffman & Kanuk.2004. Perilaku Konsumen. ZulkifliKasip (alihbahasa) EdisiKetujuh. PenerbitPT.Indexs. Jakarta

Setiadi, N. J. 2008. Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.18046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia