Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran IPS Terpadu

Israh Israh, Rosman Ilato, Melizubaida Mahmud, Usman Moonti, Roy Hasiru, Sudirman Sudirman, Imam Prawiranegara Gani

Abstract


The research aims to determine the effect of classroom management on the learning quality of Integrated Social Science subject in grade VIII at SMP Negeri 1 Tilamuta, Boalemo Regency. This study employs a quantitative method. The data collection is carried out through observation, questionnaires, and documentation. The population includes 121 students and 36 students, as samples are taken from the population. The analysismethod uses simple linear regression. The research finding shows that class managemment affects the learning quality in the Integrated Social Science Subject grade VIII at SMP Negeri 1 Tilamuta, Boalemo Regency, with a significant effect of 45,3%


Full Text:

PDF

References


Afiif, A., & Idris, R. (2016). Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Perilaku Belajar Mahasiswa Pada Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal IlmuTarbiyahDanKeguruan,19(2),131145.

Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24.

Cholifah, T. N. (2018). Analisis Gaya Belajar Siswa Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74.

Dedi Lazuardi. (2017). 1112-1988-1-Sm. Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan Dedi, 1, 99–112.

Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 10(2), 137.

Erwinsyah, A. (2017). Manajemen kelas dalam meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 88–105.

Fahmi, F. (2021). Standar Proses dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–16.

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh, S. (2015). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. In Lantanida Journal (Vol. 3, Issue 2).

Faruqi, D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui pengelolaan kelas. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 294–310.

Hamidah, N., & Irsan Barus, M. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 093 Mandailing Natal. Jurnal Literasiologi, 7(3).

Harvina, V., Hafid, E., & Rasyid, M. R. (2022). Pengaruh Manajemen Kelas dan Pengelolaan Media Pembelajaran Terhadap Kualitas Pendidikan. Nazzama: Journal of Management Education, 1(2), 147–156.

Herawati, J. (2020). Hubungan Keterampilan Pengelolaan Kelas dan Pemberian Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar PAK. Jurnal Pionir LPPM Universitas Asahan, 6(1), 95–101.

Ilmiah, J., & Pendidikan, W. (2022). 3 1,2,3. 8(19), 83–94.

Iswati, I., & Marlina, M. (2018). Potensi Manajerial Kelas Yang Diperlukan Guru Dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Madrasah Aliyah. Al-I’tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 55–63.

Jalaludin, Arifin, Z., & Fathurrohman, N. (2021). Peranan Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 5(2), 143–150.

Kadri. (2018). Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran. Jurnal Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 48.

Kryati, L., Pd, S., & Ed, M. (2017). Dapus 3 Makalah Project. 11, 25–37.

Kurni, D. K., & Susanto, R. (2018). Pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Di Sekolah Dasar Pada Kelas Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 39–45.

Khoiriyah, U. (2018). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Mtsn 1 Jombang. Al-Idaroh Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 49–64.

Lubis, H. Z., & Ismaya, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(3), 206–215.

Nurmadiah, & Asmariani. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi dalam Manajemen Kelas. Jurnal Al-Afkar, 8(1), 27–40.

Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, O. (2019). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Kelas. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 27.

Salman, R. Prinsip-Prinsip Manjemen Kelas. Yogyakarta:Diva Press,

Safitri, A., Kabiba, K., Nasir, N., & Nurlina, N. (2020). Manajemen Pembelajaran bagi Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1209–1220.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 233–241.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 1(1), 88–97.

Umar, U., & Hendra, H. (2020). Konsep Dasar Pengelolaan Kelas Dalam Proses Pembelajaran Di Sekolah. KREATIF: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 18(1), 99–112.

Valentina, sri hartati, I. R. (2016). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ipa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Audiovisual. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 33–44.

Yunita, A. N., Sumarwiyah, S., & Rondli, W. S. (2022). Analisis Kualitas Pembelajaran pada Masa Tatap Muka Terbatas (Tmt) SDN 2 Gunem Rembang 2021-2022. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2494–2504.




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.18436

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia