Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk.
Abstract
It employed a quantitative approach with a survey research method. The data used were primary data obtained from distributing questionnaires to customer at PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Dumoga Timur Subdistrict, Bolaang Mongondow Regency, with a total sample of 32 respondents. The research finding depicted that service quality had a positive and significant effect on costumer satisfaction, which meant that the better the service quality provided by PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Dumoga Timur Subdistrict, Bolaang Mongondow Regency, the better the costumer satisfaction who shop at the company. The coefficient of determination research was equal to 74.3% which meant that the variability of customer satisfaction could be explained by the service quality of 74,3%.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Bariroh, 2007. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli Konsumen pada Minimarket Indomaret dan Minimarket Alfamart
Buyung, (2012). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Minimarket Alfamart Todopuli Di Kota Makassar.
Harun, H. I. 2013. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Pengguna Game Pointblank. Jurnal Online Fakultas Psikologi/02/09/2014.
Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 175–182. https://doi.org/10.36226/jrmb.v4i1.251
Inten Surya Utami, I., & Jatra, I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(7), 252117.
Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Yogyakarta:Liberty
Irawan. H. (2007). Prinsip Kepuasan Pelanggan, Cetakan Kesembilan, PT Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta
Kotler, Philip. 1994. Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Alih bahasa Ancella Anitawat Hermawan. Jakarta : Salemba Empat
Kotler, Philip. 2005. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, 2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi ke 12. PT. Indeks, Jakarta.
Kotler, Philip. (2008). Prisnsip-prinsip Pemasaran Jilid I. Edisi ke 12. Terjemahan Bab Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Malik, M. E., Ghafoor, M. M. & Iqbal, H. K. (2012). Impact of brand image, service quality, and price on customer satisfaction in Pakistan telecommunication sector. International Journal of Business and Social Science, 3(23): 123-129.
Moenir. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, PT. Bumi Aksara
Pasalong, H. (2007). Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta
Purnama, N. (2006). Manajemen Kualitas: Perspektif Global. Yogyakarta: Ekonisia
Pure, 2013. Keberagaman Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca
Ratminto. (2005). Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rury Ardani (2013).Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada mini market Smart Shop unit Karya Cilincing Medan) oleh Rury Ardani (2013)
Sinambela. (2010). Reformasi Pelayanan Publik;Teori,Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sopiah, Sangdji. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta:Andi.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sunyoto, Danang. 2015. Strategi Pemasaran. Cetakan pertama. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service)
Tjiptono, Fandy. 2005. Manajemen Pelayanan Jasa. Penerbit Andi. Yogyakarta Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, penerapan dan penelitian , Andi Offset, Yogyakarta
Efran, M. 2015. Pengaruh Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mini Market Indomaret Talang Betutu Palembang. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palembang. Skripsi.
Herlina. 2019. Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Minimarket Indomaret Di Desa Gunung Sari Kabupaten Lombok Barat. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Universitas Muhammadiyah Mataram. Skripsi
Sulistiyo, R. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi
DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v1i1.18684
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY :
Economic Education Study Program, Faculty of Economics
Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia