Pengaruh Diskon Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembeli di Aplikasi Shopee.

Siti Rachmatiya Lastmi Dehi, Usman Moonti, Melizubaida Mahmud, Radia Hafid Hafid

Abstract


This study uses a quantitative approach, with 35 respondents (students) in the Department of Economics Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo. The main research instrument is a questionnaire. The data collected are analyzed and tested with multiple linear regression. The results show that there is an effect of discounts and consumer trust on purchasing decisions of Shopee application users in the class of 2018 of Bachelor’s Degree Program in Economic Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo. The effect of discounts and consumer trust on purchasing decisions of Shopee application users are 31,1% while the remaining 68,9% is influenced by variables that are not examined.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, A., & Nurdin, H. (2020). Pengaruh diskon dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembeli produk pada online shop shopee, (Studi Kasus Mahasiswa Stie Bima). Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Akuntansi (JPENSI), 5(2), 136–146.

Dewi, Kusumawati, (2018). Pengaruh diskon terhadap keputusan pembeli dan kepuasan Pembeli dan kepuasan pelanggan bisnis online. Jurnal Administrasi Bisnis. 56 (1). 155-163.

Fahmi, M., Prayogi, M. A., & Jufrizen, J. (2018). Peran Kepercayaan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Website Terhadap Loyalitas Pelanggan Online Shop. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 121-130.

Nica Ayu Rusita Amelia. (2020). Analisis Pengaruh Diskon, Promosi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembeli Pada Pengguna Aplikasi Shopee. Skripsi

Orfyanny S. Themba (2021). Keputusan Pembelian Pada Aplikasi Shopee Melalui Harga, Diskon, Promo Ongkos Kirim Dan Kualitas Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi) Vol. 5 No. 3

Philip Kotler & Kevin Lane Keller, (2009) : 185

Rinto (2020) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha Pada Toko Aneka Motor Sudu Di Kec. Alla’ Kab. Enrekang. Skripsi

Riadi, Muchlisin. (2021). Kepercayaan Konsumen (Pengertian, Aspek, Jenis, Indikator dan Strategi). Diakses pada 10/03/2022, dari https://www.kajianpustaka.com/2021/01/kepercayaan-konsumen-pengertian-aspek.html

Hafni, R., Hasibuan, J. S., Muslih, M., & Yusnandar, W. (2020). Model Empiris Online Trust Dan Repeat Purchase Terhadap Situs E-Commerce. Ekuitas: Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 4(2), 266-283.

Hendra, & Amin, A. M. (2019). Analisi Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Promosi Terhadap Keputusan pembeli Secara Online Di Lazada. Co.id. Jurnal Akuntansi, Kewirausahaan Dan Bisnis, 4(2), 258-275.

Ilmiyah, K., & Krishernawan, I. (2020). Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan pembeli Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto. Jurnal Manajemen, 6(1), 31-42. http://www.maker.ac.id/index.php/maker

Kusnawan, A. Silaswara, D. Andy, & Sefung, (2009). Pengaruh Diskon E-Wallet Terhadap Pertumbuhan Minat Pembeli Implusif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen 5 (2): 137.




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v1i1.18707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia