Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru

Sitti Muthia Kuku, Usman Moonti, Abdulrahim Maruwae, Radia Hafid, Melizubaida Mahmud

Abstract


This current research aimed to determine the impact of teacher certification on teacher performance in SMP Negeri throughout Tilongkabila Subdistrict, Bone Bolango Regency. The research employed a quantitative method and involved 30 certified teachers as its samples. The research data were gathered through a questionnaire where the data analysis technique applied simple linear analysis. The research fiding notified an emergence  of the impact of teacher certification for 96,5% on the teacher performance in SMP Negeri throughout Tilongkabila Subdistrict. In the meantime, the remaining 3,5% was elucidated by other variables which were not examined in this research.


Full Text:

PDF

References


Amelia, Reski 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, Sarana Prasarana Sekolah, Dan Lingkungan Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Gugus X Wilayah III Kecamatan

Agustinari, T. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Profesional Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta. Skripsi Pendidikan.

Dewanto, D. H., Erviantono, T., & Winaya, I. K. (2016). Pengaruh Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru di SMA N 1 Gianyar. ECitizen Charter, 1(1), 1–10.

E. Mulyasa, 2013. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Rosdakarya

Fatiah Kharisma Melati. 2013. Pengaruh Sertifikasi Guru Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru SMA N 5 Surakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi (Online), 2 (1), 71-82. (2698-6071-1-SM.pdfdiakses 1 Oktober 2022).

Fenti Ristianey1, Edi Harapan2, D. (2021). Pengaruh Sertifikasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Cahaya Pendidikan, 6(1), 12–24. https://doi.org/10.33373/chypend.v7i1.2797

Kartono, Kartini. 2014. Pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: Rajawali.

Khairul Azwar. 2015. Pengaruh Sertifikasi Dan Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 2 Banda Aceh (Online). 3 (2), 138-147. (73855-ID-pengaruh-sertifikasi-dan-kinerja-guru-te.pdf diakses 1 Oktober 2022).

Khotimah, K. 2011. Penelitian Tindakan. Kelas. Edisi ketiga. Bandung: CV. Yrama Widya.

Kurniadi, A., Popoi, I., dan Mahmud, M. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i1.4425

Lidjali, A., Popoi, I., dan Hinelo, R. (2022). Pengaruh Program Sertifikasi Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Bulango Utara. Jurnal Ilmiah Multidisiplni,1(2),198202.https://eresearchjournal.transbahasa.co.id/index.php/er/ article/view/21/17.

Mardjun, F., Arham, M. A., Hafid, R., Moonti, U., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Peran Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Kualitas Kinerja Mengajar Guru di SMK Negeri 1 Kota Gorontalo. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 121–132. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i2.19260

Marselus R. Payong. 2011. Sertifikasi Profesi Guru Konsep Dasar, Problematika dan Implementasinya. Jakarta: PT Indeks Jakarta

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : Rosdakarya.

Nawawi, Hadari. 2013. Kepemimpinan yang efektif. Yogyakarta: Gadjahmada Press.

N Angraini. 2022. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Pendidikan (Online), 6 (1), 118-129. (Pedoman-Penulisan-Karya-Ilmiah-FE.pdf. diakses 1 Oktober 2022).

Nurdin, Muhammad. 2010, kiat Menjadi Guru Profesional. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 18 tahun 2007

Rahmat Hidayatullah. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Ips SMP dan MTs Di Kecamatan Marioriwawo Factors That Influence The Performance Of Ips.

Sudirman & Agus Hakri Bokingo. (2017). Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Universitas Negeri Gorontalo. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 31(2), 98–104.

--------------- (2017). TEACHERS OF THE YEAR: KINERJA GURU DALAM BINGKAI PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ABAD 21. 1, 633–640. http://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9613.pdf/?sequence=1&isAllowed=y

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi. (2013) Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Change Publication.

Susanti, 2018. Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Dasar Gugus IX Wilayah III Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi. Makassar. Program Universitas Muhammadiyah Makassar. 3367-Full_Text.pdf

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Sisdiknas No.20 Tahun 2003.




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v1i3.21642

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia