Pengaruh Penetapan Harga Promo Terhadap Keputusan Pembelian di Outlet Indomaret.

Nur Fahmi, Melizubaida mahmud, Radia Hafid, Rosman Ilato, Agil Bahsoan, Sudirman Sudirman

Abstract


The purpose of this study is to determine the effect of determining promo prices on purchasing decisions at Indomaret outlets in Liluwo Village, Kota Tengah Sub District, Gorontalo City. This Study uses a quantitative approach along with the use of survey research methods. The data used are primary data obtained from distributing questionnaires to Outlet Indomaret consumers, Liluwo Village, Gorontalo City and the number of simples are 55 Respondents. The data are then analyzed using simple linear regression with the use of the SPSS program. The results show that there is a significant effect of determining promo prices on purchasing decisions at Indomaret Outlets in Liluwo Village, Kota Tengah sub District, Gorontalo City. The Magnitude of the influence of price promotion on purchasing Decisions is 43.3% while the remaining 52.7% is influenced by variables that are not examined in this study.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni Faridha, (2016). Pengaruh Promosi, doskom dan Impulse buying Terhadap keputusan pembelian hypermarket PTC Surabaya. Jurnal dan Ilmu Riset Manajemen.

Dirgantara Muh. 2019. Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Matahari Dapartement Store Mall Panakukang Dengan Minat Beli Sebagai Variable Intervening.Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Alaudin Makasar.

Eriyanti Eka Yolanda. 2019. Keterkaitan Promo Gojek dengan Konsep Predatory Pracing dalam Presktifa Hukum Persaingan Usaha. Skripsi. Universitas Jamber.

Fandy Tjiptono. Strategi Pemasaran,(Yogyakarta : Penerbit Andi), 1997.

Fauzi, R. M. (2018). Pengaruh Discount Price dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Impulse Buying for Customer Pada PT. Matahari Departemen Store Mall Ratu Indah di Kota Makassar. Skripsi. Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Hasanuddin. Makassar.

Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate.

Hariyadi Taufan Guruh. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja di Minimarket (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal. Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Indonesia.

Khayrunnisa Yashinta, (2019). Pengaruh Harga, lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian ( Study Kasus Indomaret Perumahan Kirana Cibitung), Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pelita Bangsa Bekasi.

Malik Dumarya Cornelia. 2017. Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Panel Listrik pada PT. Cakra Raya Teknologi Di Tangeran Kota. Jurnal Pemasaran. Manajemen Pemasaran Tangeran Kota.

Maulana Irfan. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Prabayar Axis. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Novita Djafar, Irwan Yantu, Sudirman Sudirman, Raflin Hinelo, R. H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Cafe KuroKoffee Ciumbuleuit. Journal of Economic and Business Education, 1(2), 76–82. http://hdl.handle.net/123456789/9692

Oktini R Dede, Hasbi Ghassan Derian, 2018. Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Fino di Kota Bandung (Survei pada Mahasiswa Unisba Pengguna Sepeda Motor), Jurnal. Universitas Islam Bandung Fakultas Ekonomi.

PT. Indomarco Prismatama. 2017. Sejarah dan Filosofi Perusahaan. https://indomaret.co.id/home/index/sejarah-visi. Diakses Tanggal 5 juni.

Rinova Dora, S.A.B, M.Si. 2018. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Belanja Batik Khas Lampung di Kota Bandar Lampung. Jurnal. Universitas Bandar Lampung

Samma K. Muthmainna Aisyah Sitti. 2016. Pengaruh Price Discount, Bonus Pack, dan In-store Display Terhadapa Keputusan Impulse Buying Behavior Konsumen pada Hypermart Mall Panakkukang Makasar.

Sarjono Bambang. 2014. Srategi Penetapan Harga Pada Bisnis Ritel. Jurnal. Staf Pengajar Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: AlfaBeta Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sutisna (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisi kedua.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tolisindo Josep. 2017. Pengaruh Potongan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Lampung Utara Kecamatan KotaBumi Utara. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampuang Bandar lapung

Veronica Lala. 2020. Sistem Promo dalam Pratik Jual Beli di Indomaret Kabupaten Bengkulu Tengah Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif. Skripsi. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Ssyariah Institut Agama Islam Negeri Bengkuli (IAIN) Bengkulu.

Wakidah Armin, (2018). Pengaruh Keragaman Produk, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret (Study Kasus Konsumen Indomaret Jalan KH. Ahmad Dahlan No.71 Cabang Kota Kediri). Skripsi. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Yunus, (2011). penelitian pendidikan dalam gamintan pendidikan dasar.Bandung: Rizqi Press.




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v1i3.23093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Â