Pengaruh Motivasi Belajar Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 7 Gorontalo

Astria Ningsih, Melizubaida Mahmud, Agil Bahsoan, Roy Hasiru, Rierind Koniyo, Cristian Polamolo, Risca Marsanti Halid

Abstract


This study aimed to discover the Influence of Learning Motivation and Utilization of learning Resources on the Learning Outcomes of VIII Grade Students in Integrated Social Science Subject at SMP Negeri 7 Gorontalo. The data source for this study was primary data with multiple linear regression as the technique of analyzing the data. The data In this study were collected using questionnaires/surveys. Furthermore, the population in this study consisted of 113 students, while the sample consisted of 30 students. The results of this study showed that the coefficient of determination test value showed R Square (0,661). This means that the regression model obtained was able tio explain that the variables of Learning Motivation (X1) and Utilization of Learning Resources (X2) can influence the Learning Outcomes of VIII Grade Students in Integrated Social Science Subject at SMP Negeri 7 Gorontalo by 66,1%. At the same time, the remaining percentage was influenced by other variables not examined in this study.    

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdul, Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya

Agustina, Sovia, Mohammad Arief, and Raisa Fitri, ‘Pengaruh Minat Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7.2 (2022), 202–13

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdul, Majid. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya

Agustina, Sovia, Mohammad Arief, and Raisa Fitri, ‘Pengaruh Minat Dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7.2 (2022), 202–13

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badriyah, Lailatul, ‘Pengaruh Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Smp Bakti Mulya 400 Pondok Pinang Jakarta Selatan’, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2010,1–89

https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/904%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/904>

Catharina Tri Ani, Psikologi Belajar. UNNES PRESS, Semarang, 2012

Bone, Kabupaten, ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 10 Manurunge Kecamatan Tanete Riattang’, 2019, 369–73

Damiti, F., & Koniyo, R. (2024). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Mata Kuliah Akuntansi (Studi Kasus Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Ung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Jambura , 6 (1), 92-100.

Farida, I., Herkulana, & Salim, I. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Neger 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kh (Puspita, 2020)atulistiwa. Vol.4 (5), hal 1-14.

Febyanita, Icha, and Dyah Ayu Pramoda Wardhani, ‘Pengembangan Media Puzzle Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa’, Jurnal Inovasi Penelitian, 1.6 (2020), 1205–10

Ferdy Dungus & Marcel Supit. (2018). Pengaruh Suasana Akademik, Pelayanan Akademik, Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jilid 7 (5) (dalam talian).https://www.ijsr.net/archive/v7i5/33041 801.pdf (iakses 11 Agustus 2023).

Hasanah, Uswatun, ‘Media Dan Sumber Belajar Ips Bagi Anak Usia Sd / Mi’, Ijtimaiya, 2.1 (2018), 162–85

Herlin Febriana Dwi Prasti. 2012. Indikator-indikator Motivasi Belajar, (online), (http :// iid Shvoong.com/social sciences/ di akses tanggal 24 April 2012).

Herawati, T., & Muazza. (2020) Pengaruh Kompetensi Profesional Guru, Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Bayung Lencir. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol. 1 (2), hal 437-450.

Tonge, I., Panigoro, M., Bahsoan, A., Mahmud, M., & Sudirman, S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa. Journal on Teacher Education, 5(1), 582-592.

Komalasari, Kokom. 2010. "Pembelajaran Kontekstual konsep dan aplikasi". Bandung :Refika Aditama

Kuruway, Maria, ‘Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi’, Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3.1 (2021), 85–92

Masripah, Idan Wiganda, and Nurul Fatonah, ‘Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI’, Jurnal Pendidikan UNIGA, 13.01 (2019), 236–48

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v2i2.25147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

Â