Pengaruh Tata Ruang Perpustakaan Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa SMPN 1 Kecamatan Paguyaman Pantai Kabupaten Boalemo.

Rosita Malatani, Radia Hafid, Melizubaida Mahmud, Sudirman Sudirman, Rierind Koniyo

Abstract


This study uses a quantitative approach. The data collection methods used in this research are observation, questionnaires and documentation. The population in this study were all students of SMP Negeri 1 Paguyaman Paantai Discrict, totaling 85 students, while the sample in this study was 15 students. The analytical method used is simple linear regression. The research results show that there is a positive and significant influence between library spatial planning on stuedents’ reading interest. A comparison of the calculated t value which is greater than the t tabel shows that the research has a positive and significant effect. Then the results of the coefficient test showed a value of 0.332, which means 33.2% of the Reading Interest variable is explained by the Library Spatial Planning variable. In other words, the higher the library layout, the higher the students’ reading interest.  


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Saleh dan Rita Komalasari, Manajemen Perpustakaan, (Jakarta: Unuversitas Terbuka 2009)

Afriani, E. D., Masfuah, S., & Roysa, M. (2021). Analisis Minat Baca Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Prasasti Ilmu, 1(3), 21–27.

Agustin, S., & Sujarwo, S. (2022). Hubungan antara Minat Baca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 107428 Teluk Ibus. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 2(2), 10–17.

Dalma. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Diati, Tri Nur. 2014. Hubungan Manfaat Perpustakaan Sekolah dan Minat Baca Siswa Terhadap Perestasi Belajar Siswa Kelas XI Teknik Mesin Di SMK Negeri 1 Sedayu. Yogyakarta: Fakultas Teknik

Fahmi, R. (2019). Analisis efektivitas penyaluran beras sejahtera (RASTRA) di kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. JURNAL ILMIAH MAHASISWA PERTANIAN UNSYIAH, 4(4).

Fitriana, N. (2016). PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MA AL FATAH NATAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016.

Gari, T. T., & Sudarmadi, D. (2019). Pengaruh Independensi Auditor Internal Dan Profesionalisme Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit Internal. Journal of Applied Managerial Accounting, 3(2), 181–192.

Hafizah, H., Utama, A., & Saragih, N. S. (2019). Peran Gerakan Literasi Di Sekolah Dalam Membentuk Minat Baca Siswa Di Sma Kartika I-2 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia II, 2, 81–88.

Hamdi, A., Wahyudi, A. S. B. S. E., & Humaedi, H. (2019). Profil kemampuan teknik dasar sepakbola terhadap siswa SMP Negeri 2 Kasimbar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 7(1), 103–113.

Hendrayani, A. (2018). Peningkatan minat baca dan kemampuan membaca peserta didik kelas rendah melalui penggunaan reading corner. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 235–248.

Jamal, A. H. (2020). Meningkatkan Minat Baca Melalui Pemberian Media Buku Cerita Bergambar pada Siswa Kelas V SD Inpres Rua Kecamatan Pulau Ternate. JURNAL DODOTO, 1(02), 63–77.

Junaidi, R., & Susanti, F. (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada UPTD Baltekkomdik Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Khasanah, S. (2021). Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sd N 2 Gadingsukuh Kelas Ii Menggunakan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas). Prosiding University Research Colloquium, 855–862.

Kurniasari, I. D., & Rahmawati, D. (2016). Pengaruh Minat Menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 5(2).

Lasa Hs, Manajemen Perpustakaan, (Yogyakarta: Gama Media, 20011)

Maharani Ony Dina Dkk, Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember, (Universitas Negeri Surabaya, Jurnal Review Pendidikan Dasar, Vol 3, No 1, Januari 2017)

Nababan, R., Meka, E. S., & Telaumbanua, I. J. (2021). HUBUNGAN INTERNALISASI NILAI-NILAI BUDAYA GENERASI MILENIAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS DARMA AGUNG TAHUN 2020. JURNAL PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN, 2(2), 145–152.

Nasution, A. E. (2019). E-KOMPEN (ELEKTRONIK-KOMIK PENDEK) sebagai solusi cerdas dalam meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia di era digital. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 13(1), 105–113.

Nurrohmah, O., Syahalam, I. R., & Aprilia, M. (2022). Analisis Tata Letak Perlengkapan dan Perabotan Perpustakaan Terhadap Kenyamanan Pemustaka di SMKN 3 Baleendah. Media Nusantara, 19(1), 43–50.

Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Prasetiono, Dwi Sunar. 2008. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca Pada Anak Sejak Dini, Jogjakarta: Think.

Rahayu, G., & Pramularso, E. Y. (2019). Pengaruh Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Bagian SDM & Umum PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta. Perspektif: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen Akademi Bina Sarana Informatika, 17(1), 1–6.

Rifiana, A. J., & Agustina, L. (2018). Analisis kejadian stunting pada balita di desa pasirdoton kecamatan cidahu kabupaten sukabumi provinsi jawa barat tahun 2017-2018. Jurnal Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya, 4(2).

Rofi’uddin, M. A., & Hermintoyo, H. (2017). Pengaruh Pojok Baca Terhadap Peningkatan Minat Baca Siswa di SMP Negeri 3 Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 281–290.

Santoso, A., Anna, B., & Purbasari, A. (2014). Perancangan Ulang Kursi Antropometri Untuk Memenuhi Standar Pengukuran. PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 2(2).

Sumadi Suryabrata, Psikologi Kepribadian, (Jakarta: Rajawali, 2010).

Sumiati, O., & Hum, M. (2014). Konsep Dasar dan Pengantar Manajemen Perpustakaan Sekolah. Buku Materi Pokok Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sudiana, N. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sukasada Tahun Pelajaran 2017/2018 Melalui Gerakan Literasi Sekolah dengan Pocari dan Puding. Journal of Education Action Research, 4(1), 10–16.

Sumiati, O., & Hum, M. (2014). Konsep Dasar dan Pengantar Manajemen Perpustakaan Sekolah. Buku Materi Pokok Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Universitas Terbuka

Sudirman & Agus Hakri Bokingo. (2017). Kinerja Guru Pasca Sertifikasi Universitas Negeri Gorontalo.

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. In E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan (Vol. 5, Issue 6, pp. 166–178).




DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v2i3.25977

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 
 

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


PUBLISHED BY :

Economic Education Study Program, Faculty of Economics

Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

 

slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor