Penerapan Metode Brainstorming Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII di SMPIT Al-Faruq Kota Gorontalo
Abstract
This study aims to student learning outcomes in the subject of integrated social science by applying the brainstorming learning method. The researches acted as the teacher while being assisted by integrated social science teacher as an observer. Furthernore, this study was conducted over two cycles, with each cycle comprising two meetings. Each cycle included four phases: planning, implemention, observation, and reflection. The subjects of the study were all 30 students in class VII at SMPIT (Integrated Islamic junior high scholl) Al faruq, Gorontalo city, consisting of 10 female and 20 male students. Data were collected through tests and observations. The collected data were analyzed qualitatively in a descriptive manner for observational data and implementation, observation, and reflection. The findings indicate an enhancement in student learning outcomes of class VII in the subject of integrated social science at SMPIT Al Frauq, Gorontalo city, between cycle I and cycle II. The average score before the application was 67; after cycle I, the average enhaced to 72, and after cycle II, it rose to 78.
Full Text:
PDFReferences
Aini, E. N., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif dan Kualitas Produk
Alfandi, M. D., Sianturi, N., Silalahi, R., & Angin, T. P. (2020). Brainstorming dari Perancangan dan Pengembangan Produk UV Sterillizer. Talenta Conference Series, 3(2), 0–7. https://doi.org/10.32734/ee.v3i2.1081
Angioni, S. A., Giansante, C., Ferri, N., Ballarin, L., Pampanin, D. M., Marin, M. G., Bargione, G., Vasapollo, C., Donato, F., Virgili, M., Petetta, A., Lucchetti, A., Cabuga Jr, C. C., Masendo, C. B. ., Hernando, B. J. ., Joseph, C. C. ., Velasco, J. P. ., Angco, M. K. ., Ayaton, M. A., … Barile, N. B. (2021).
Anshori, S. (2014). KONTRIBUSI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTERKontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76.
Anni (2014) Abdurrahman (2009). Hasil belajar adalah perubahan perilaku yang diperoleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar.
Ahmadi (2013).
Dimyanti, Mudjiono (2009). Hasil belajar adalah hasil dari suatu interaksi tindakan belajar dan tindakan mengajar.
Fatimah, R. K. (2012). Penerapan Teknik Pembelajaran Brainstorming untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VII C SMPN 2 Kecamatan Sawoo Tahun Pelajaran 2012/2013.
Hamatik (2005:154) Belajar merupakan perubahan tingkah laku yang relatif tetap berkat latihan dan pengalaman.
Gogus (2012) Brainstorming adalah salah satu teknik untuk menumbuhkan kreativitas kelompok di mana ide dan pemikiran dibagikan di antara anggota secara spontan untuk mencapai solusi atas masalah praktis.
Ibrahim (2009) Hasil belajar pada hakekatnya adalah perubahan tingkah laku seseorang yang mencakup kemampuan kognitif, afektif, psikomotorik setelah mengikuti suatu proses belajar mengajar tertentu.
Karim, A. (2017). Penerapan Metode Brainstorming Pada Matapelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil
Keh (2001) Brainstorming adalah suatu metode untuk melahirkan ide dengan cara siswa diminta untuk memunculkan ide sebanyak mungkin.
Lubis, A. E., Agus, M., Olahraga, S. T., Bina, K., Medan, G., Alumunium, J., & No, R. (2017). Peningkatan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siswa SMP I mproving the learning results of high pass on volleyball through learning variance among junior high school students. Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Pada Permainan Bola Voli Melalui Variasi Pembelajaran Siswa SMP, 13(2), 58–64.
Numan Sumantri, (1996: 3–4).
Puspitasari, O. (2022). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keaktifan Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Negeri 01 Sungai Are Oku Selatan Lampung. 22. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19921%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/19921/1/1-2.pdf
Received, A. H. (2020). Article History Received : 5/04/2020. 3(3), 115–122.
Rostiyah (2001:73) Brainstorming adalah suatu teknink atau mengajar yang dilakukan oleh guru didalam kelas dengan melontarkan suatau masalah ke kelas oleh guru.
Setiamy, A. A., & Deliani, E. (2019).
Sinta, T., Keputusan Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, B., Riset, K., dan Pendidikan Tinggi, T., Lestari, Y., Sulistyo, B., & Baturaja, U. (2020). Kredo 4 (2020) KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra KEEFEKTIFAN PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MENULIS TEKS BERITA. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 4(1). https://jurnal.umk.ac.id/index.php/kredo/index
Syah (2017:148)
Slameto. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361.
Sugiarto, A. (2020). PENINGKATAN LITERASI BAHASA INDONESIA TENTANG MENULIS NARASI MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (Penelitian pada Siswa Kelas V SD
Sudjana, (2016) Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia memeiliki pengalaman belajarnya.
Utomo, M., & Kartiko, D. C. (2018). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket (Studi Pada Kelas SMA Negeri 1 Soko). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3(2), 434–442.
Widiyastuti, A., & Liesnawati, L. (2023). Implementasi Metode Brainstorming Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di RA Persis 104 Cikajang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21814– 21824. http://dx.doi.org/10.31004/jptam.
Yandi, A., Nathania Kani Putri, A., & Syaza Kani Putri, Y. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengarui Hasil Belajar Peserta Didik (Literature Review). Jurnal Pendidikan Siber Nusantara, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.38035/jpsn.v1i1.14
Al-Samarraie & Hurmuzan, (2018) A review of brainstorming techniques in higher education
DOI: https://doi.org/10.37479/jebe.v3i1.28800
Refbacks
- There are currently no refbacks.

Journal of Economic and Business Education (E-ISSN: 2963-508X, P-ISSN: 2963-5160) by Economic Education Study Program, Faculty of Economics, Universitas Negeri Gorontalo is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHED BY :
Economic Education Study Program, Faculty of Economics
Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
Â