PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA KALANGAN REMAJA

Miranda Nihe, Ludfia A. Supu, Nopiana Mozin

Abstract


 

Di lingkungan kampus universitas negeri Gorontalo, kecamatan kota tengah  kota gorontalo, provinsi  Gorontalo ada beberapa kalangan anak muda  yang belum mampu mengimplemantasikan perilaku nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dan tidak memahami makna dari nilai-nilai tersebut yang menyebabkan  banyak kalangan remaja yang belum bisa menghargai perbedaan  satu sama  lain yang timbulnya sikap  rasisme terhadap individu ataupun  kelompok  sehingga terjadinya pertikaian antara satu dengan yang yang lain karna tidak adanya penanaman nilai-nilai Pancasila pada kalangan remaja tersebut. berdasarkan masalah di atas peneliti melakukan sosialisasi terhadap kalangan remaja di lingkungan kampus 1 Universitas Negeri Gorontalo, mencakup : (1). Melakukan koordinasi dengan kalangan remaja, (2). Melakukan identifikasi atas masalah perilaku anak muda di kota gorontalo, tepatnya di kota tengah, kota gorontalo, provinsi gorontalo, (3). Melakukan sosialisasi di kalangan remaja, (4). Mempersiapkan sarana dan fasilitas pendukung kegiatan, dan (5). Pelaksanaan kegiatan. Penulis ingin mengatahui bagaimana cara para pengajar melakukan penerapan nilai nilai pancasila pada peserta didik  sebagai asas dan idiolagi kita masyarakat Indonesia, penerapan nilai nilai pancasila ini sebagai hal wajib untuk sebgaimana semua peserta didik  harus paham dan hapal apa yang terkandung.dalam 5 sila Pancasila.


Keywords


Nilai-Nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Asriadi.Fitrah. Budiman.Arief. 2021. Perilaku Bullying Pada Remaja dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jawa Tengah : Penerbit CV Pena Persada.

Oktavia. Putri Erna, dkk. 2019. Kebijakan Hukum terkait Tindakan Rasisme Yang Melumpuhkan Sistem Keadilan Di Indonesia. Dalam Jurnal Riset Hukum dan Hak Asasi Manusia. Vol.1. No.2. Hal. 29-34.

Sihombing. Dame Afriana. 2020. Stop Rasisme dan Tegakkan Keadilan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Internasional Batam. Vol.2. No. 1. Hal 276-282.




DOI: https://doi.org/10.37905/celara.v2i1.27250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 miran anda nihe

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.