PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA PADA KALANGAN REMAJA
Abstract
Di lingkungan kampus universitas negeri Gorontalo, kecamatan kota tengah kota gorontalo, provinsi Gorontalo ada beberapa kalangan anak muda yang belum mampu mengimplemantasikan perilaku nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dan tidak memahami makna dari nilai-nilai tersebut yang menyebabkan banyak kalangan remaja yang belum bisa menghargai perbedaan satu sama lain yang timbulnya sikap rasisme terhadap individu ataupun kelompok sehingga terjadinya pertikaian antara satu dengan yang yang lain karna tidak adanya penanaman nilai-nilai Pancasila pada kalangan remaja tersebut. berdasarkan masalah di atas peneliti melakukan sosialisasi terhadap kalangan remaja di lingkungan kampus 1 Universitas Negeri Gorontalo, mencakup : (1). Melakukan koordinasi dengan kalangan remaja, (2). Melakukan identifikasi atas masalah perilaku anak muda di kota gorontalo, tepatnya di kota tengah, kota gorontalo, provinsi gorontalo, (3). Melakukan sosialisasi di kalangan remaja, (4). Mempersiapkan sarana dan fasilitas pendukung kegiatan, dan (5). Pelaksanaan kegiatan. Penulis ingin mengatahui bagaimana cara para pengajar melakukan penerapan nilai nilai pancasila pada peserta didik sebagai asas dan idiolagi kita masyarakat Indonesia, penerapan nilai nilai pancasila ini sebagai hal wajib untuk sebgaimana semua peserta didik harus paham dan hapal apa yang terkandung.dalam 5 sila Pancasila.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asriadi.Fitrah. Budiman.Arief. 2021. Perilaku Bullying Pada Remaja dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jawa Tengah : Penerbit CV Pena Persada.
Oktavia. Putri Erna, dkk. 2019. Kebijakan Hukum terkait Tindakan Rasisme Yang Melumpuhkan Sistem Keadilan Di Indonesia. Dalam Jurnal Riset Hukum dan Hak Asasi Manusia. Vol.1. No.2. Hal. 29-34.
Sihombing. Dame Afriana. 2020. Stop Rasisme dan Tegakkan Keadilan Di Kalangan Mahasiswa Universitas Internasional Batam. Vol.2. No. 1. Hal 276-282.
DOI: https://doi.org/10.37905/celara.v2i1.27250
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 miran anda nihe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.