EDUKASI INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) MELALUI PENDIDIKAN MENUJU SMART AND GOOD CITIZEN

Wahyudin Noe, Ariyanto Nggilu

Abstract


Pendidikan merupakan instrumen paling efektif dalam membangun peradaban bangsa. Syaratnya perlu dibentuk pola pikir (mindset) warga negara dalam melihat pendidikan sebagai investasi masa depan yang tepat. Peningkatan kompetensi Sumber Daya manusia (SDM) handal harus menjadi prioritas utama, meliputi pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge), keterampilan kewarganegaraan (civic skills), dan watak kewarganegaraan (civic disposition) sehingga membawa transformasi sosial masyarakat untuk berkembang dan maju. Oleh karena itu kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) dalam bentuk dialog budaya dengan tema “Pendidikan sebagai Investasi Menuju Smart and Good Citizen'' dapat membekali warga negara agar menyadari betapa pentingnya pendidikan bagi masa depan generasi bangsa. Kegiatan dialog ini dilaksanakan dengan menggunakan metode diskusi dengan langkah-langkah pelaksanaan yang terdiri dari 3 tahapan yaitu tahapan persiapan, pelaksanaan, serta monitoring dan evaluasi kegiatan. Hasil dari kegiatan ini meliputi: 1) kemajuan suatu bangsa ditandai dengan majunya SDM, 2) pengembangan SDM lebih penting daripada SDA, 3) kehandalan SDM ditentukan oleh kompetensi kewarganegaraan yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan watak kewarganegaraan, serta 4) investasi SDM sebagai investasi yang tepat dalam memajukan suatu bangsa. Adapun rekomendasi kegiatan ini, yaitu: 1) aspek komitmen dan konsistensi pemerintah, akademisi, masyarakat, pengusaha, serta media massa perlu ditunjukkan dalam memajukan pendidikan di daerah, dan 2) adanya kesamaan persepsi di kalangan masyarakat dimana pendidikan sebagai investasi yang paling tepat dalam membangun warga negara yang cerdas dan baik, serta sejahtera.   

Keywords


Edukasi, Investasi SDM, Pendidikan, Smart and Good Citizen

Full Text:

PDF

References


Adisaputro, S. E. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Milenial Membentuk Manusia Bermartabat. J-KIs: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1), 1-27.

Noe, W., Hasmawati, H., & Rumkel, N. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan sebagai wahana pendidikan Karakter menurut pemikiran Udin S. Winataputra. Untirta Civic Education Journal, 6(1), 40-57.

Priyatna, M. (2017). MANAJEMEN PENGEMBANGAN SDM PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 5(09), 21. https://doi.org/10.30868/ei.v5i09.87

Rachmawati, N. D., & Noe, W. (2014). HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SUMBER JAYA 04 TAMBUN SELATAN KABUPATEN BEKASI. Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 20-25. https://doi.org/10.33558/pedagogik.v2i2.1242

Rasyid, H. (2015). MEMBANGUN GENERASI MELALUI PENDIDIKAN SEBAGAI INVESTASI MASA DEPAN. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12345

Sa'adah, M. (2020). Studi komparatif reformasi pendidikan di Singapura dan Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 7(1), 70-79. https://doi.org/10.21831/jppfa.v7i1.25273

Sagala, S. (2008). Dukungan dan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya di sekolah. Generasi Kampus, 1(2).

Suryana, S. (2020). PERMASALAHAN MUTU PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF PEMBANGUNAN PENDIDIKAN. Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971

Syaifullah, S. F. (2020). REVITALISASI PANCASILA: SEBUAH KEBUTUHAN MENDESAK. JURNAL MAJELIS, 65.

Wahab, A. A., & Sapriya. (2011). dan Landasan Pendidikan Kewarganegaraan. PT. Remaja Rosdakarya.

Widiansyah, A. (2017). Peran ekonomi dalam pendidikan dan pendidikan dalam pembangunan ekonomi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 17(2), 207-215.




DOI: https://doi.org/10.37905/celara.v3i1.28884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Wahyudin Noe, Ariyanto Nggilu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.