Stimulasi Peran Masyarakat Berbasis Ekonomi, Teknologi Informasi dan Pengetahuan Hukum di Desa Tiohu Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo
Abstract
Stimulasi peran masyarakat berbasis ekonomi dan teknologi informasi merupakan bentuk pendampingan terhadap masyarakat serta pemerintah desa dalam melahirkan berbagai program dan strategi berkelanjutan dalam pengembangan desa. Peran masyarakat yang di stimulus melalui ekonomi, teknologi informasi dan pengetahuan hukum digagas dengan tujuan untuk meningkatkan pengelolaan potensi desa dan sumber daya manusia yang distimulasi awal melalui aspek teknologi sehingga dalam tujuan jangka panjang dapat diarahkan pada peningkatan produktivitas masyarakat. Hasil dari berbagai program yang dilaksanakan yaitu meningkatnya skill masyarakat terkait penguasaan aspek teknologi informasi serta adanya peran nyata masyarakat dalam memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk budidaya tanaman jangka pendek. Tujuan dari pemanfaatan lahan pekarangan adalah agar areal lahan pekarangan dapat memberikan kontribusi ekonomi bagi rumah tangga.
Stimulation of the role of communities based on economy and information technology is a form of assistance to the community and village governments in producing various sustainable programs and strategies in village development. The role of the community that is stimulated through the economy, information technology and legal knowledge is initiated with the aim of improving the management of village potential and human resources which are stimulated early through technological aspects so that in the long term goals can be directed at increasing community productivity. The results of the various programs implemented are the increase in community skills related to mastering aspects of information technology and the real role of the community in utilizing home yard land for short-term crop cultivation. The purpose of the use of yard land is so that the yard land area can make an economic contribution to the household.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gorontalo, BPS Kab. 2019. Kecamatan Asparaga dalam Angka. Diakses agusutus 12, 2021. http://gorontalokab.bps.go.id/.
Hari, Harmet. 2001. Strategi Pemberdayaan Masyarakat Humaniora. Bandung: Utama Press.
Helmi, Faisal, Zaini, A. 2014. Pembangunan Pedesaan
Humas,. 2008. Peran Masyarakat dalam Pendidikan jadi Tolok Ukur Keberhasilan Pembangunan Pendidikan. Dilansir dari www/duniaguru.com . Diakses 15 Desember 2021
Junaedi, MF Shellyana dan Anna Purwaningsih. 2008. Pengaruh Otomatisasi Sistem Informasi dan Penguasaan Teknologi terhadap Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dan Kesesuaian tugas Teknologi sebagai Pemoderasi. The 2nd National Converance UKWMS.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat. 2021. Term of Reference Kuliah Kerja Nyata (KKN Tematik) Desa Membangun. Universitas Negeri Gorontalo
Operasional Program Nasional Pemberdayaan (PNPM) Mandiri Perdesaan ; Jakarta
Rahardjo, Adisasmita. 2006. Pembangunan Pedesaan dan perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Slamet. 2005. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. Surakarta: Sebelas maret University Press.
Suharto, E. 2005. Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. PT. Refika Aditama; Bandung
Syardiansah. 2019. Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 7, no. 1. Hal : 57.
Statistik, Badan Pusat. 2021. Keadaan Tenaga Kerja Indonesia. Diakses agustus 1, 2021. www.bps.go.id.
Tarigan, H., Sinaga, J. H., & Rachmawati, R. R. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Kemiskinan di Indonesia. Pus Sos Ekon dan Kebijak Pertan, 3, 457-79.
Tilaar, 2002. Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.33756/jds.v2i2.13486
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agustinus Moonti, Nopiana Mozin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JDS has been indexed by: