STRATEGI KEGIATAN LITERASI DENGAN TEMA "FUN LEARNING" UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA INGGRIS PADA ANAK

Nurlaila Husain, Sri Widyarti Ali, Helena Badu, Fahria Malabar, Irmawaty Umar, Magvirah El Walidayni Kau, Indri Wirahmi Bay, Rahmawaty Mamu

Abstract


 

 

Abstrak

Membaca adalah kebiasaan yang dapat di pupuk dan dikembangkan pada anak. Secara umum memotivasi anak untuk membaca adalah tugas yang sulit, apalagi membaca teks dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, tujuan dari pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan kemampuan anak usia sekolah dasar belajar bahasa Inggris khususnya pada pembelajaran membaca (reading skill) yang salah satu caranya dengan menggunakan teknik Fun Learning yaitu belajar dengan kegiatan yang menyenangkan. Inovasi yang di gunakan pada kegiatan ini adalah menggabungkan ciri belajar cerdas, mudah, cepat dan menyenangkan. Pengabdian ini dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Metode pelaksanaan kegiatan berupa model pembelajaran langsung, pemberian tugas, dan demonstrasi. Dengan pelaksanaan pengabdian ini diharapkan dapat memotivasi para siswa agar lebih menyukai belajar Bahasa Inggris, sehingga kedepan mereka lebih bersiap untuk terus belajar bahasa inggris. Oleh sebab itu, media dan strategi penyampaian materi ajar bahasa Inggris harus benar-benar dilakukan dengan cermat dan matang, terutama materi yang akan diberikan kepada siswa level beginner. Dengan demikian literasi Bahasa inggris mereka meningkat sehingga tercapai masyarakat yang berwawasan internasional.

 

Kata kunci: Membaca; Strategi; Media; Fun Learning; Pembelajaran Langsung; Demonstrasi.

 


Keywords


Membaca; Strategi; Media; Fun Learning; Pembelajaran Langsung; Demonstrasi.

Full Text:

PDF

References


Cameron, Lynne. 2001. Teaching Language to Young Learners. Cambrigde : Cambridge University Press

Hornby A.S.1994. Oxford Advanced Learners Dictionary of current English, New York: Oxford University Press.

Mehta, P. D., Foorman, B. R., Branum-Martin, L., & Taylor, W. P. (2005). Literacy as a unidimensional construct: Validation, sources of influence and implications in a longitudinal study in grades 1–4. Scientific Studies of Reading, 9(2), pp. 85–116.

National Reading Panel. (2000). Teaching children to read: An evidence-based assessment of the scientific research literature on reading and its implications for reading instruction. Washington, DC: National Institute of Child Health and Human Development.

Richards, Jack. 1985. Longman Dictionary of Applied Linguistics. England:Longman Group Ltd.




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v1i2.14084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nurlaila Husain, Sri Widyarti Ali, Helena - Badu, Fahria - Malabar, Irmawaty - Umar, Magvirah El Walidayni Kau, Indri Wirahmi Bay, Rahmawaty - Mamu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.