Optimalisasi UMKM Di Desa Moodulio Melalui Digital Marketing
Abstract
Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam sektor ekonomi pada umumnya untuk masyarakat, proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mewujudkan stabilitas nasional. Desa Moodulio adalah salah satu desa di Kecamatan Bone yang perekonomiannya didukung oleh sektor UMKM. Namun, selain banyak kontribusi UMKM untuk pembangunan ekonomi, UMKM memiliki masalah, yaitu: Kesulitan dalam mengakses modal, Kesulitan dalam pemasaran, dan informasi asimetris. Jadi perlu mengembangkan potensi UMKM melalui program yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat konsep dalam bentuk program yang efektif yang bertujuan untuk memudahkan pengusaha UMKM untuk mendapatkan modal sementara dan akses pemasaran yang lebih luas. Penelitian ini memiliki tinjauan literatur: Pemasaran, Pemasaran Digital, dan UKM. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah observasi. Lokasi penelitian: Desa Moodulio Kecamatan Bone. Jenis data adalah data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara
Keywords
UMKM; Pemasaran Digital; Desa Moodulio
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v2i1.18708
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Indhitya R Padiku, Budiyanto Ahaliki, Edi Setiawan, Lillyan Hadjaratie, Alfian Zakaria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.