Pendampingan Pelatihan Peningkatan Ketrampilan Digital Siswa SMP Negeri 4 Wonosari melalui Pelatihan Canva
Abstract
Dalam era di mana hampir semua siswa memiliki smartphone pribadi, memanfaatkan teknologi secara positif untuk pembelajaran dan pengembangan keterampilan menjadi sangat penting. Pendampingan peningkatan melalui pelatihan Canva dirancang untuk mengoptimalkan potensi ini melalui tiga sesi utama: pengenalan Canva, dasar-dasar Canva, dan proyek desain sederhana. Pada sesi pertama, peserta diperkenalkan dengan antarmuka dan fitur utama Canva. Sesi kedua fokus pada keterampilan teknis seperti membuat akun, memilih template, dan mengedit elemen desain. Sesi terakhir memberikan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dalam proyek desain nyata. Hasil workshop menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan peserta, dengan karya yang mencerminkan kreativitas dan pemahaman desain. Feedback positif menandakan peningkatan kepercayaan diri dan motivasi peserta, menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil mempersiapkan siswa untuk dunia kerja yang semakin bergantung pada kompetensi digital dan kreativitas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Purwadi, P., & Lestari, P. V. (2024). Pelatihan Canva Oleh Mahasiswa Kampus Mengajar Menggunakan Akun Belajar Guna Meningkatkan Keterampilan Siswa Dalam Bidang Desain Di SMP PGRI 2 Somagede. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.37385/ceej.v5i1.3952
Suhada, S., Amali, L. N., Katili, M. R., Mongilong, M. F., Anwar, R. A., Hamlina, R. Y., Wibowo, S. F., & Sudirman, R. (2023). Pelatihan E-Learning Menggunakan LMS Google Classroom Bagi Guru SMAN 1 Bolangitang. Empiris Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.59713/ejppm.v1i1.661
Wijaya, N., Irsyad, H., & Taqwiym, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. FORDICATE, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35957/fordicate.v1i2.2418
Adrian, Q. J., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., ... & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 187-191.
Anggraeny, F. T., Wahanani, H. E., Akbar, F. A., Raharjo, M. I. P., & Rizkyando, S. (2021). Peningkatan ketrampilan kreativitas desain grafis digital siswa SMU menggunakan aplikasi canva pada ponsel pintar. Journal of Appropriate Technology for Community Services, 2(2), 86-91.
Chairunnisa, K., & Sundi, V. H. (2021, November). Pelatihan penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan poster pada siwa kelas x sman 8 tangsel. In Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Gehred, A. P. (2020). Canva. Journal of the Medical Library Association: JMLA, 108(2), 338.
Yuliana, D., Baijuri, A., Suparto, A. A., Seituni, S., & Syukria, S. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 6(2), 247-257.
DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v3i2.27103
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sitti Suhada, Hermila A, Muthia Muthia, Sri Ayu Ashari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.