Sosialisasi Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick di SMP 3 Suwawa
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe talking stick merupakan strategi pengajaran yang mendorong siswa untuk menyuarakan pikirannya melalui penggunaan tongkat. Strategi pengajaran ini bertujuan untuk menanamkan kepercayaan diri siswa untuk menyuarakan pemikirannya dan berbicara di kelas, menjadikan pembelajaran menyenangkan dan nyaman bagi semua orang. Langkah-langkah dari model pembelajaran talking stick antara lain Pemilihan topik, Pemilihan urutan, Berbicara, Mendengarkan, Kolaborasi dan tanggapan, Berpindah keanggota berikutnya dan Penutup pembelajaran. SMP Negeri 3 Suwawa salah satu sekolah yang belum menerapkan model-model pembalajaran kooperatif. Tujuan dari pengabdian ini untuk melakukan sosialisasi model pembelajaran kooperatif talking stick sehingga model pembalajaran ini bisa di terapkan di dalam kelas pada setiap pembelajaran. hasil dari pengabdian ini merupakan terciptanya kelas yang aktif dengan model pembelajaran kooperatif talking stick. Sosialisasi yang diberikan berjalan dengan lancar dan memberikan hasil pembelajaran yang aktif sehingga memberikan solusi pada pengembangan model pembelajaran yang aktif dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, M. B. U. B., & Laili, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1031-1042.
Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94-102.
Kurniasih & Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena
Purwanti dkk. 2018. “Introducing Language Aspect (English) To Early Childhood Thtough The Combina Of Picture And Picture Model, Talking Stick Model, Flashcard Media, And Movement And Song Mocement And Song Method In B1 Group At Matahariku Bilingual Kindergarten Landasan Ulian Tengah BanjarBaru, Indonesia”. European Journal of Education Studies. Vol. 5, No.7. (hlm 27)
Rahmat, A. 2017. “Talking Stick Model On Nonformal Education”. Jurnal Nalar Pendidikan. Vol. 5, No.2. (hlm 150)
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 39-46..
Sonia, N. R. (2020). Implementasi Sistem Informasi Manajemen Pendidikan (Simdik) dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 94-104.
DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v3i2.27108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 MUTHIA MUTHIA, INDHITYA R PADIKU, HUZAIMA MAS'UD, SRI AYU ASHARI, IHSANULFU'AD SUWANDI
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.