Strategi Pembelajaran Interaktif: Kosakata Bahasa Inggris Buah dan Sayuran melalui Permainan 'Simon Says'

Indri Wirahmi Bay, Nurlaila Husain

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa sekolah dasar terkait buah dan sayuran melalui metode permainan interaktif dan menyenangkan "Simon Says". Program ini mengatasi tantangan umum dalam pendidikan dasar, seperti keterbatasan media pengajaran interaktif dan rendahnya motivasi siswa, dengan mengadopsi pendekatan Total Physical Response (TPR) yang dikombinasikan dengan media visual seperti kartu bergambar dan ilustrasi. Metode ini mendorong partisipasi aktif siswa serta meningkatkan daya ingat kosakata dengan menghubungkan kata-kata dengan gerakan fisik dan visual. Pelaksanaan program melibatkan pengenalan aturan permainan "Simon Says", implementasi sesi pembelajaran menggunakan permainan tersebut, dan integrasi materi tambahan untuk memperkuat pemahaman. Hasil menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam penguasaan kosakata, kepercayaan diri, dan keterlibatan siswa, yang membuktikan efektivitas pendekatan interaktif ini. Meskipun terdapat tantangan seperti perbedaan tingkat kemampuan bahasa siswa dan menjaga fokus selama aktivitas, program ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan berdampak positif. Inisiatif ini menyoroti potensi penggabungan permainan interaktif dengan strategi pengajaran terstruktur untuk meningkatkan motivasi dan pencapaian siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris.

Keywords


Kosakata Bahasa Inggris; Pembelajaran Interaktif; Simon Says; Total Physical Response

Full Text:

PDF

References


Diasti, K. A., & Hartono, R. (2024). Penggunaan media belajar interaktif untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. *Jurnal Abdi Masku*, 5(1),45-56. https://abdimasku.lppm.dinus.ac.id/index.php/jurnalabdimasku/article/view/2355

Sya, M. R., & Sya, F. (2020). Efektivitas penggunaan permainan dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(2), 123-134.

Sianipar, B., & Sijabat, R. (2024). Digital English: Program pengabdian masyarakat untuk pembelajaran bahasa Inggris siswa SD melalui YouTube. Jurnal Nauli, 2(2), 57-64. https://ejournal.marqchainstitute.or.id/index.php/Nauli/article/view/140

Ali, S. W. (2024). Membangun karakter melalui pembelajaran bahasa Inggris: Pendekatan holistik untuk anak usia sekolah dasar. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 3(7), 78-89. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/NJPC/article/view/2917

Djumadin, Z., Soleman, M., & Muhammad, F. (2023). Pengabdian masyarakat melalui pendidikan bahasa Inggris di Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul tahun 2022. *Populis: Jurnal Sosial dan Humaniora*, 8(2), 174-183. https://journal.unas.ac.id/populis/article/view/2832

Nasution, D. S., Harahap, S. D., Siregar, S. D., & Hasibuan, A. (2021). Pendampingan bahasa Inggris pada anak-anak setingkat sekolah dasar di Desa Wisata Pagaran Gala-Gala, Mandailing Natal-Sumut, dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) melalui metode drilling dan repetition. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat,1(2),63-72. https://ejournal.stpmataram.ac.id/Amal/article/download/573/475




DOI: https://doi.org/10.37905/devotion.v4i1.30136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Indri Wirahmi Bay, Nurlaila Husain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Devotion Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Bidang Pendidikan, Sains dan Teknologi
Department of Informatics Engineering, Universitas Negeri Gorontalo
Engineering Faculty Building, 1st Floor
Jl. Prof. Dr. Ing. B. J. Habibie, Bone Bolango, Gorontalo, 96119, Indonesia
Phone: +62 (435) 821125, Fax: +62 435 821752
Email: devotion.jurnal@ung.ac.id



This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.