PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENANGGULANGI MASALAH KENAKALAN REMAJA DI SEKOLAH MENEGAH ATAS NEGERI 1 BOKAT KACAMATAN BOKAT KABUPATEN BUOL SULAWESI TENGAH

Sartika U Agel, Zulaecha Ngiu, Rasid Yunus, Yuli Adhani

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja di Sekolah SMA negeri 1 Bokat Kecamatan Bokat kabupaten Buol dan Untuk mengetahui Faktor-faktor apa saja yang Melatar Belakangi Masalah kenakalan Remaja di Sekolah SMA Negeri 1 Bokat Kecamatan Bokat Kabupaten. Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan Kualitatif yaitu dengan mendekripsikan data penelitian dalam bentuk kalimat-kalimat berupa keterangan dan pernyataan-pernyataan dari informan sesuai dengan realita dilapangan. Buol melalui hasil observasi, wawancara dan dokmentasi. Hasil penelitian ini menunjuk bagaimana Peran guru PPKn dalam Menanggulangi Masalah Kenakalan Remaja di Sekolah SMA Negeri 1 Bokat, Guru PPKn sudah melakukan perannya bahwa sebagai pembimbing dalam kegiatan belajar mengajar sangat di perlukan, selain melaksanakan tugas mengajar, mendidik perilaku peserta didik supaya tidak melakukan kenakalan atau tingkah lakunya melanggar norma di sekolah serta peraturan-peraturan tata tertib yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah. Adapun faktor-faktor yang melatar belakangi masalah kenakalan remaja di sekolah SMA N 1 Bokat yaitu adalah a) Lingkungan masyarakat yang negatif; b) Broken home; c) Pergaulan teman sebaya; d) Kurangnya perhatian orang tua. Dari keempat faktor tersebut yang mempengaruhi perilaku remaja dalam lingkungan sekolah dan luar sekolah.

Full Text:

PDF

References


Adab. 2020. Guru dan Pendidikan Karakter. Indramayu. CV Adanu Abimata

Jawara Zifatama. 2019. Deteksi Dini

Potensi Kenekalan Remaja (Jufenile Delinquency)dan Solusi. Sidoarjo. Hak Cipta

Laning Dwi Vina. 2018. Kenakalan Remaja dan Penanggulangannya. Cempaka Putih PT

Latipun. 2020. Konselin Kelompok dan Perilaku Anti Sosial: Pengaruh Konselin Kelompok

Terhadap Penurunan Perilaku Anti Sosial Pada Remaja di Lembaga Pemasyarakatan

Anak. Psychology Forum. Malang

Octaviani A. Shilphy. 2020. Etika Profesi Guru. Rajawali. Hak Cipta

Pianda Didi. 2018. Kinerja Guru. Jawa Barat. CV Jejak

Puspasari, Karisma Dewi, Latipun. Fasikhah, Siti Suminarti. 2020. Panduan Program

Pengembangan Optimisme Pada Remaja. Malang

Putri, Ade Ayu Harisdiane. Fasikhah, Siti Suminarti. 2020. Penanganan Kepada Remaja

Dengan Orang Tua Bercerai. Psychology Forum. Malang

Ridhuan Syamsu, Wahid Aliaras. 2018. Pendidikan Kewarganegaraan. University Press.

Universitas Esa Unggul. Jakarta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kualitatif R&D. Bandung. Alfabeta

Umami Ida. 2019. Psikologi Remaja. IDEA Press. Yogyakarta

Yanto, Taufiq Eko. 2016. Karakteristik Peserta Didik. Pusat Pengembangan dan

Kebudayaan. Jakarta

Adyani Dayatul Risi. 2018. Peran Masyarakat dalam Menangani Kenakalan Remaja.

Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Jurusan

Bimbingan dan Konselin Islam

Bhenikawati Desiyani. 2017. Implementasi Pembinaan Akhlak Dalam Mengatasi

kenakalan siswa SMK Muhammadiyah Salatiga. Universitas Institut Agama Islam

Negeri Salatiga. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Jurusan Pendidikan Agama

Islam

H. Ariati Widya. 2020. Peran Guru PPKn Dalam Meminimalisir Kenakalan Siswa tawuran

di SMA Negeri 5 Medan. Universitas Muhammadiyah Sumaterah Utara, Medan.




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v1i2.12799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 rasid rasid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.