IMPLEMENTASI KEBIJAKAN BANTUAN LANGSUNG TUNAI DI DESA BONGOIME KECAMATAN TILONGKABILA KABUPATEN BONE BOLANGO PADA MASA PANDEMI COVID-19

Farmin Yusuf, Saleh Hamid, Sastro M Wantu, Udin Hamim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai Di Desa Bongoime Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bonebolango Pada Mas Pandemi Covid-19 dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai di Desa Bongoime Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bonebolango Pada Masa Pandemi Covid-19 sebagaimana dilihat dari 4 indikator di antaranya adalah (1) komunikasi, antara pemerintah desa dengan masyarakat belum terlaksana dengan baik. Karena tujuan dalam pelaksanaan program Bantuan Langsung Tunai tidak tepat sasaran. (2) Sumber Daya, mengenai  pencairan dan penyaluran di Desa Bongoime dilakukan terlebih dahulu sosialisasi kepada masyarakat mengenai program Bantuan Langsung Tunai agar masyarakat bisa paham mengenai program Bantuan Langsung Tersebut. (3) Disposisi, dilihat dari Pelaporan pertanggungjawaban pemerintah desa terkait dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat dapat dikatakan sudah jelas. (4) Struktur Birokrasi sudah cukup baik dalam pelaksanan penyaluran bantuan langsung tunai semua aparat desa terlibat namun yang berperan penting adalah kaur keuangan yang ditangung jawabkan untuk program ini. Adapun Kendala dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai di Desa Bongoime yaitu : Pada Tahap Persiapan dan Pada Tahap Pelaksanaan atau Penyaluran.


Full Text:

PDF

References


Aliyah, I. (2018).Pelaporan Pertanggungjawaban; Konsep, Fungsi, dan Peran dan Akuntasi. Yogyakarta: Deepublish.

Baso Iping. (2020). Perlindungan Sosial Melalui Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Era Pandemi Covid-19: Tinjauan Perspektif Ekonomi dan Sosial. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. (1).

Burhanuddin.(2021). Implmentasi Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Desa Tua Nanga Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat Tahun 2020. Program Studi Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik.Universitas Muhammadiyah Mataram.

Cecelia Helenia Susuwuk, Florence Daicy Lengkong, Novie Anders Pala. (2021). Implementasi Kebijakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Sea Kabupaten Minahasa.JAP No 7.

Choriyah.(2018). Implementasi Kebijakan Publik dalam Penanganan Kemiskinan: Studi Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kelurahan Kuto Batu Kecamatan Ilir Timur II. 3 (2).

Egi Badar Sambani, Yuda Purnama Putra, Pitriah Nopitasari. (2020). Implementasi Metode Gap Kompetensi Dalam Penentuan Penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Di Desa Tanjungsari. Jurnal Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi. 11 (1).

Fitri Yuli Dewi Marta, Ramadiyanti Nurlitasari. (2021). Implementasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Di Era Pandemiovid-19 Di Kabupaten Sigi 2020. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau. 1 (1).

Hakim, D.B. (2020). Strategi Penyaluran Bantuan Sosial dalam Perspektif Transformasi Digital Era 4.0.

Hendra Sukmana. (2021). Pengaruh Bantuan Paket Sembako dan Bantuan Langsung Tunai Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat.Jurnal Ilmu Administrasi Publik. 6 (2).

Ika Agustina, Asep Hendra. (2021). Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19 Di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Publik. 8 (2).

Irma Yunita, Andi Agustang. 2021. Ketidakmerataan Bantuan Langsung Tunai Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Kurang Mampu Di Desa Carawali Kabupaten Sirdap.Pinisi Journal Of Sociology Education Review. 1(2)

Irma Dwi Damayanti, Armi Zarkasyi Rahman, Retna Hanani. 2020.Implementasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Di Desa Botoreco Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora. Dapartemen Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

Lulu, Ilhamdatun. (2021). Program Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dalam Upaya Mensejahterakan Masyarakat Selama Pandemi Covid-19 Di Desa Ketangga, Kecamatan Suela Kabupaten Lombok Timur.Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Mutaram.

Miftahul, Jannah.(2021). Analisis Efektivitas Kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dalam Upaya Meningkatkan Daya Beli Masyarakat Di Tinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam.Universitas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Muliawati, Novita Sari.(2021). Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Dan Konflik Sosial Yang Ditimbulkan Di Era Covid-19.Journal Poublicuho.4(4).

Muthia Indah Lihardi, Harapan Tua Ricky Freffy. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Teratak Jering Kecamatan Kuatan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singing. Jurnal Pendidikan Tambusai. Program Studi Ilmu Administrasi Publik. Universitas Riau. 5 (3).

Nuniek Dewi Pramanik. (2020). Dampak Bantuan Paket Sembako dan Bantuan Langsung Tunai Terhadap Kelangsungan Hidup Masyarakat Padalarang Pada Masa Pandemi Covid-19.Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora.

(12).

Nurfitra, Tsania.(2022). Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bagi Masyarakat Miskin Di Desa Laringgi Kabupaten Sopeng.Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial.

Ratna Dewi, Habib Furqony Andrianus. (2021). Analisis Pengaruh Kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Terhadap Kemiskinan di Indonesia Periode 2005-2015.Ilmu Ekonomi, FEM IPB. 15 (2).

Rifa Nirmala, Nora Susilawati, (2022). Dinamika Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Di Nagari Maek.Jurnal Perpektif: Jurnal Kajian Sosiologi Dan Pendidikan. 5(4).

Refendy Paat, Sofia Pengamanan, Frans Singkoh, (2021). Implementasi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahun 2020 di Desa Tokin Baru Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sam Ratulangi.1 (1).

Robbins, S.P., & Coulter, M. (2012).Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Sudirman.(2014). Studi Perspepsi Masyarakat Terhadap Manfaat Bantuan Langsung Tunai di Desa Alo’o dan Desa Ogolugus Kecamatan Ampibabo Kabupaten Parigi Moutong (Studi Kasus Desa Pegunungan dan Desa Pesisir). Jurnal Katalogis. 2 (7).

Soedijarto.(2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Grasindo.

Sufiati, Abdul Rival, Muhammad Alif, Syahrul Ramadhany. (2021). Pengaruh Sistem Pengendalian Internal Terhadap Efektivitas Pengelolaan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Pada Masa Pandemi.Jurnal Mirai Manajemen. 6 (2).

Syakur, Y., Rachman, A., & Anisah, S. (2019). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tidak Tepat Sasaran.Jurnal Ekonomi & Studi Pmbangunan. 10 (1), 34-41.

Yusuf, M. (2013).Implementasi Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo (Studi Kasus di Desa Paiton). Jurnal Administrasi Publik. 1(12), 54-64.

Zulfaslim.(2021). Implementasi Kebijakan Program Bantuan Langsung Tunai Tahun 2020 Di Kelurahan Macolawalie Kecamatan Pancarijang Kabupaten Sidrap.Program Studi Hukum Tata Negara Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam Institut Agama Islam Negeri Pare-Pare.




DOI: https://doi.org/10.37905/jacedu.v3i1.20088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 farmin yusuf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jambura Journal Civic Education is Indexed in