Analisis Saluran Pemasaran Perikanan Tangkap Di Kecamatan Samatiga

Izmi Ahad L, Rahmat Pramulya

Abstract


Perikanan tangkap merupakan kegiatan yang dilakukan untuk tujuan memanfaatkan sumberdaya ikan yang mempunyai nilai ekonomi dengan menggunakan teknologi, baik yang sederhana maupun yang lebih kompleks. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana saluran pemasaran perikanan tangkap dan untuk mengetahui pengaruh musim barat, musim timur, dan perayaan Maulid Nabi terhadap saluran pemasaran di desa Kuala Bubon Kecamatan Samatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey dengan analisis deskriptif kualitatif dan analisis produksi. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga saluran pemasaran, yaitu: saluran pemasaran I nelayan-toke bangku-muge/pengecer-konsumen; saluran pemasaran II nelayan-toke bangku-konsumen; dan saluran pemasaran III toke bangku-konsumen. Adapun beberapa musim yang mempengaruhi perikanan tangkap di Desa Kuala Bubon Kecamatan Samatiga yaitu: musim barat, musim timur, dan musim perayaan Maulid. Ketiga musim ini sangat berpengaruh terhadap saluran pemasaran di Desa Kuala Bubon Kecamatan samatiga karena pada masing-masing musim terdapat beberapa saluran pemasaran yang berbeda dan di masing-masing musim tersebut terdapat jumlah yang lebih dan kurangnya pasokan hasil tangkapan serta harga hasil tangkapan.

Keywords


Pengaruh Musim; Perikanan Tangkap; Saluran Pemasaran.

Full Text:

PDF

References


Asmarantaka, R. W., Atmakusuma, J., Muflikh, Y. N., & Rosiana, N. (2017). Konsep pemasaran agribisnis: pendekatan ekonomi dan manajemen. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), 5(2), 151-172.

Badan Pusat Statistik. (2021). Aceh Barat Dalam Angka 2021, BPS Aceh Barat.

Basuki R. (2009). Kelembagaan Tataniaga Ikan Pelagis di Indramayu: Struktur Dan Konsentrasi Pasar Lembaga Tata Niaga. Jurnal Penelitian Perikanan, 2(7), 137-158.

Beierlein (2014). Principles of Agribusiness Management. The United State of America: Waveland Press, Inc.

Bukhari. (2013). Sistem Distribusi Hasil Tangkapan Nelayan Di PPI Ujong Baroh Dan TPI Kuala Bubon Kabupaten Aceh Barat. Skripsi, Universitas Teuku Umar, Meulaboh.

Dinas Kelautan dan Perikanan Aceh. (2011). Selayang Pandang Pesisir dan Laut. Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Aceh, Banda Aceh.

Gomez, S., & Maynou, F. (2021). Alternative Seafood Marketing Symtems Foster Transformative Processes in Mediteranian Fisheries. Marine Policy, 127(104432), 1-11. https://doi.org/10.1016/j.marpol.2021.104432

Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1 (Edisi 12). Jakarta: Erlangga.

Onu, R. D., Rarung, L. K., & Kotambunan, O. V. (2017). Analisis Distribusi Pemasaran Ikan Cakalang Asap di Kelurahan Girian Atas Kecamatan Girian Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara. AKULTURASI: Jurnal Ilmiah Agrobisnis Perikanan, 5(9), 627-634. https://doi.org/10.35800/akulturasi.5.9.2017.16987

Prayoto, P., Nugraha, J. P., Waluyo, B. P., Hamdani, H., Priono, B., & Wartini, S. (2022). Analisis Saluran Dan Margin Pemasaran Ikan Bandeng Di Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Chanos chanos, 20(1), 227-242.

Selan, D. M., & Nubatonis, A. (2016). Margin Pemasaran Ikan di Kecamatan Insana Utara Kabupaten Timor Tengah Utara. Agrimor, 1(3), 63-64. https://doi.org/10.32938/ag.v1i03.264

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sujarweni, V. Wiratna. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulaiman, A. A., Simatupang, P., Herodian, S., Rachman, B., Susilowati, S. H., Agustian, A., & Yulianis, N. (2018). Jurus Stabilisasi Harga Pangan Ala Kabinet Jokowi-JK. Jakarta: IAARD Press.

Suwarno, H. Lisan. (2006). Sembilan Fungsi Saluran Distribusi: Kunci Pelaksanaan Kegiatan Distribusi Yang Efektif. Jurnal Manajemen, 6(1), 79-87.

Taufiq, M., & Sutopo. (2012). Strategi Pemasaran Produk Perikanan. Jurnal Dharma Ekonomi, 6(2), 235-247.

Tidore A., Monintja, D.R., & Wiyono, E. S. (2011). Analisis Sistem Pemasaran Hasil Produksi Perikanan Tangkap: Studi Kasus Kecamatan Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara. Tesis, Institut Pertanian Bogor, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v3i2.13414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Author

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS