Apakah Smart Digital Content Marketing Dapat Meredam Perilaku Penghindaran Iklan? : Sebuah Strategi Pemasaran Digital

Agustinus Moonti, Echan Adam

Abstract


Konsumen cenderung menjadi alergi terhadap iklan dan berupaya menghindari tayangan iklan diberbagai media digital. Adanya perilaku penghindaran iklan menyebabkan iklan produk yang dibuat menjadi berlebihan tanpa penonton. Sebab konsumen cenderung anti terhadap iklan. Tujuan utama dari penelitian adalah untuk melihat bagaimana Smart Digital Content Marketing (SDCM) dapat mempengaruhi perilaku pengindaran iklan, sehingga menjadi bahan evaluasi bagi UMKM dalam adopsi SDCM sebagai bentuk strategi pemasaran di era digital. Penelitian ini merupakan penelitian explanatory dimana menguji hubungan antar variabel dalam satu model penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Tehnik analisis data menggunakan Structural Equation Modeling Partial Least Square (SEM-PLS) dengan bantuan software smart-PLS 2.0. Secara umum penelitian menemukan bahwa SDCM tidak mampu meredam perilaku menghindaran iklan tanpa perilaku rasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDCM berpengaruh negatif dan siginifikan terhadap perilaku rasional, namun berpengaruh tidak signifikan terhadap penghindaran iklan. Sementara itu, perilaku rasional memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap penghindaran iklan. Penelitian ini juga menemukan bahwa SDCM mampu memperpengaruhi secara negatif dan signifikan terhadap penghindaran iklan yang dimediasi oleh perilaku rasional. Kebaruan penelitian yang ditemukan berada pada peran perilaku rasional yang mampu memediasi gap antara SDCM dan perilaku penghindaran iklan.

Keywords


Penghindaran iklan; Perilaku rasional; Smart digital content marketing

Full Text:

PDF

References


Alwitt, Linda F, & Paul R. Prabhaker (1994). Identifying Who Dislikes Television Advertising: Not by Demographics Alone. Journal of Advertising Research. 34(6), 17- 30.

Asisiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII). (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019–2020 (Q2). https://apjii.or.id/. Diakses tanggal 10 September 2021

Byrne, B. M. (2001). Structural Equation Modeling with AMOS: Basic Concepts, Applications and Programing. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates Inc.

Cabanero‐Johnson, P. S., & Berge, Z. (2009). Digital natives: Back to the future of microworlds in a corporate learning organization. The Learning Organization, 16(4), 290-297. https://doi.org/10.1108/09696470910960383

Cho, Chang-Hoan & Cheon, Hongsik John. (2004). Why Do People Avoid Advertising On The Internet. Journal of Advertising, 33(Winter), 89-97.

Detloitte Acces Economics. (2015). UKM Pemicu Pertumbuhan Indonesia. https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas-sme-powering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf. Diakses tanggal 20 Agustus 2021

Edwards, W., Miles, R. F., & Von Winterfeldt, D. (2007). Advances in decision analysis. Cambridge, New York.

Hair, J.F., Sarstedt, M., Hopkins, L., Kuppelwieser, V.G. (2014). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) An Emerging Tool in Business Research. European Business Review, 26(2), 106-121.

Halvorson, K., & Rach M. (2012). Content Strategy for the Web. Berkeley, CA: New Riders.

Kamarudin, Junaida. (2001). Information needs and information seeking behaviour os student utilizing electronic resources at the library of uitm section 17, Shah Alam. Disertasi. Universiti Teknologi MARA (UiTM), Malaysia.

Kelly, L., Kerr, G., & Drennan, Judy. (2010). Avoidance of Advertising in Social Networking Sites: The Teenage Perspective. Journal of Interactive Advertising, 10(2), 16-27.

Nugroho, M. A., Susilo, A. Z., Fajar, M. A., & Rahmawati, D. (2017). Exploratory Study of SMEs Technology Adoption Readiness Factors. Procedia Computer Science. https://doi.org/10.1016/j.procs.2017.12.162

Panjaitan, R., Moonti, A., & Adam, E. (2021). Technology Readiness and Digital Competing Capabilities: Digital Value Resonance. Shirkah: Journal of Economics and Business, 6(2), 205-226.

Rina, Suthia Hayu. (2019). Smart Digital Content Marketing, Strategi Membidik Konsumen Millenial Indonesia. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan). 4(1), 61-69.

Santoso. (2010). Statistik Multivariat, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Severin, J W. T. Jr. (2009). Teori Komunikasi: Sejarah, metode dan Terapan di dalam Media Massa, Edisi Kelima. Jakarta: Kencana.

Stanovich, K. E., & West, R. F. (2014). The assessment of rational thinking: IQ ≠ RQ. Teaching of Psychology, 41(3), 265-271.

Yamin, S., & Kurniawan, H., (2011). Generasi Baru Mengolah Data Penelitian degan Partial Least Square Path Modelling: Aplikasi dengan Software XLSTAST, SmartPLS, dan Visual PLS. Jakarta: Salemba Infotek.




DOI: https://doi.org/10.37046/jaj.v3i2.15687

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Authors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jambura Agribusiness Journal (P-ISSN: 2685-5860, E-ISSN: 2685-5771) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License. Powered by Public Knowledge Project OJS