Edukasi Senam Pernapasan Pada Siswa MTS AL – Falah Pulubala Kabupaten Gorontalo

Zulkifli Lamusu, Ahmad Lamusu, Sarjan Mile

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di MTS Al – Falah yaitu untuk mensosialisasikan teknik – teknik senam pernafasan untuk kebugaran siswa. Adapun Manfaat dari pada kegiatan sosialisasi ini secara langsung dapat memberikan sumbangsi ilmu pengetahuan dan keterampilan bagi siswa MTs Al – Falah Pulubala Kabupaten Gorontalo dalam menigkatkan kebugaran mereka melalui teknk-teknik senam pernapasan yang akan diajarkan. Lebih lanjut bagi dosen pelaksana kegiatan, manfaatnya sebagai sumbangsi pada masyarakat terutama dalam hal melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Pada Masyarakat. Metode pelaksanaan pengabdian meliputi, ceramah, tanya jawab dan demonstrasi. 


Keywords


Senam Pernafasan, MTs Al – Falah, Pulubala

Full Text:

PDF

References


Beatricia. I Santoso. 2001. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Emu Sulami. 2010. Olah Pernapasan Untuk Kesehatan. Jakarta.Sunda Kelapa Pustaka

http://www.angelfire.com

Muchtamadji M. Ali dan Cecep Habibudin. (2000). Ilmu Faal Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Purba. (2006). Kardiovaskuler dan Faal Olahraga. Bandung: Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.

Sigit Nugroho. 2018. Senam pernapasan menurut sudut pandang ilmu faal Olahraga. Universitas Negeri Yogyakarta.

Santosa Griwijoyo dan Didik Zafar Sidik. 2012. Ilmu Faal Olahraga (Fisiologi Olahraga). Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Sri Haryanto S Nugroho. 2012. Meditasi Bagi Para Eksekutif (Untuk Mencapai Sukses Dalam Karier Dan Hidup). Jakarta. Bintang Terang

Santosa Giriwijoyo dan Muchtamadji M. Ali. (2006). Ilmu Faal Olahraga (Fungsi Tubuh Manusia pada Olahraga). Bandung: Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan UPI.




DOI: https://doi.org/10.37311/jardian.v1i2.23769

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulkifli Lamusu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.