EDUKASI MEDIA YANG DIGUNAKAN DALAM PENJAS ADAPTIF PADA PEMBELAJARAN PJOK DI SMAN 3 SELUMA

Roni Syaputra, Dolly Apriansyah, Megi Personi, Khotimah Rahmalia, Liza Paulinsia, Feby Elra Perdima

Abstract


Pendidikan jasmani bagi ABK sangatlah penting, walaupun demikian program yang di berikan harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan hambatan ABK itu sendiri agar hasilnya dapat optimal. Agar dapat memberikan pelayanan secara optimal guru harus memiliki kemampuan dan keterampilan khusus dalam mengelola pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif. Peran dari mereka yang terlibat dalam perencanaan dan pelaksanaan Pendidikan Jasmani Adaptif adalah sebagai berikut: Memberikan pelayanan langsung kepada siswa siswa yang berkelainan dan keluarga mereka, memberikan latihan pra-jabatan dan/atau dalam jabatan. setiap murid berkebutuhan khusus memiliki kelainan yang berbeda-beda sehingga kebutuhan untuk pertumbuhan dan perkembangan setiap murid juga tidak akan sama. Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan murid tersebut guru dapat memodifikasi pembelajaran Pendidikan Jasmani sesuai dengan keadaan pembelajaran yang dihadapi. faktor-faktor yang perlu dimodifikasi dan disesuaikan para guru dalam upaya meningkatkan dengan siswa adalah sebagai berikut: 1) penggunaan bahasa, 2) membuat konsep yang konkret, 3) membuat urutan tugas, 4) ketersediaan waktu belajar, dan 5) pendekatan “multisensory dan pengunaan media”.


Keywords


Sosialisasi, Media Penjas Adaptif, SMAN 3 Seluma

Full Text:

PDF

References


Faisal, M., Amri, L., Podungge, R., Isnanto, J., Ilham, A., & Sahdi, S. (2023). Sosialisasi Permainan Outbond Pada Pengunjung Wisata Botumotolioluwo Desa Longalo Kecamatan Bulango Utara. 1(1), 7–14. https://doi.org/10.37905/jardian.v1i1.21194

Febriyanti, N. R., & Pramono, H. (2022). Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Anak Berkebutuhan Khusus Anak Tunagrhita di SLB Negeri Cendono Kabupaten Kudus. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3(1), 333–339. https://doi.org/10.15294/inapes.v3i1.48150

Maulana, Yusril Ihza, Gilang Nuari Panggraita, and Idah Tresnowati. 2023. “Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa Se-Kota Pekalongan.” BABASAL Sport Education Journal 4 (1): 20–30. https://doi.org/10.32529/BSEJ.V4I1.2802.

Nasution, F., Anggraini, L. Y., & Putri, K. (2022). Pengertian Pendidikan, Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa, dan JenisJenis Sekolah Luar Biasa. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 3(2), 422–427.

Ruslan, R., Tumaloto, E. H., & Syam, A. (2023). Edukasi Senam Kreasi Gembira pada Anak Usia 4-6 Tahun di TK Se-Kelurahan Paguyaman Kecamatan Kota Tengah. Jambura Arena Pengabdian, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.37905/jardian.v1i1.21321

Suparno. 2007. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Departemen Pendidikan Nasional. IJSE, International Journal of Special Education.2012. Vol 27, No:3, 2012.

Tarigan, B. (2008). Pendidikan Jasmani Jakata.Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan. AdatiF.

Widiyanto, W. E., & Putra, E. G. P. (2021). Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Sport Science and Education Journal, 2(2), 28–35. https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052




DOI: https://doi.org/10.37905/jardian.v2i1.25733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Roni Syaputra, Dolly Apriansyah, Megi Personi, Khotimah Rahmalia, Liza Paulinsia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.