Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendekatan Bermain

Hendra Rukmana, Hariadi Said, Suriyadi Datau

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar penjas siswa sekolah dasar melalui implementasi pendekatan bermain. hipotesis pada penelitian ini yaitu jika implementasi pendekatan bermain diterapkan maka motivasi belajar pendidikan jasmani siswa sekolah dasar akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan di SD Negeri 4 Telaga dengan judul “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Siswa Sekolah Dasar Melalui Implementasi Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas IV SDN 4 Telaga”, dapat disimpulkan bahwa: Pelaksanaan pendekatan yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SDN 4 Telaga adalah dengan melaksanakan langkah-langkah pendekatan bermain sesuai dengan skenario yang telah dibuat dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Bukti bahwa pelaksanaan pendekatan bermain dapat meningkatkan motivasi belajar Penjas Orkes dapat adalah sebagai berikut: Pada observasi awal, rata-rata motivasi belajar siswa adalah 46,67. Pada siklus I, rata-rata motivasi belajar siswa adalah 68,61. Berdasarkan rata-rata tersebut, motivasi belajar siswa meningkat dibandingkan pada observasi awal. Pada siklus II, rata-rata motivasi belajar siswa adalah 81,67. Berdasarkan rata-rata tersebut, motivasi belajar siswa meningkat dibandingkan pada siklus I dan observasi awal.

 

 


Keywords


Motivasi Belajar; Pendidikan Jasmani; Pendekatan Bermain

Full Text:

PDF

References


Amirzan, Sumarjo. 2021. Pengaruh Pendekatan Bermain Terhadap Kesegaran Jasmani Siswa SMA Negeri 1 Sigli. Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan Vol. 1 No. 1

Anggraeni D, Sutiyarsih S. 2018. Peningkatan hasil belajar gerak dasar melempar melalui pendekatan bermain. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia Vol. 14 No. 1

Asrori dan Rusman. 2021. Classroom Action Research Pengembangan Kompetensi Guru. Banyumas: CV. Pena Persada

Djajadi, Muhammad. 2019. Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: ARTI BUMI INTARAN

Emdai A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal Vol. 5 No. 2

Haerullah, Ade dan Said Hasan. 2021. PTK & Inovasi Guru. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia

Mustafa PS. 2020. Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. JP. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual Vol. 4 No. 3

Musthofa B, Subroto T, Budiana D. 2016. Implementasi Pendekatan Bermain Dalam Pembelajaran Aktivitas Berlari. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga Vol. 1 No. 1

Nurlatifah W, Subarjah H, Supriyadi T. 2018 Pengaruh Metode Bermain Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal SporTIVE. Vol 3 No 1

Parnawi, Afi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish Publisher

Prasetyo K. 2016. Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Scholaria Vol. 6 No. 3

Ropi, M., dan Fahrurrozi, M. 2017. Evaluasi Hasil Belajar. Lombok: Universitas Hamzanwadi Press Gronlund, N.E. & Linn, R.L. (2015). Measurement and Evaluation In Teaching. (6thed.). New York: Macmillan.

Sidiki Z, Sobandi A. 2018. Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kemampuan komunikasi interpersonal guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol. 3 No. 2

Suharni, Purwanti. 2018. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 3 No. 1

Syahrin A, Amiruddin, Bustamam. 2017. Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Membentuk Karakter Siswa pada MTs Se-Banda Aceh Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah Vol. 3. No. 2




DOI: https://doi.org/10.37905/jas.v1i2.23759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hendra Rukmana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

slot online slot gacor slot