TATA LAKSANA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Aswan Dai, Sarjan Mile, Moh. Irfan, Hartono Hadjarati

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui proses pembelajaran PJOK (Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan) pada masa pandemik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif salah satu teknik yang mengambarkan dan menginterprestasikan arti data-data yang terkumpul dengan memberikan perhatian dan merekam sebanyaknya, mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu sehingga memperoleh gambaran, secara umum, dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya. Hasil penelitian menunjukan Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh di SMP Se-Kecamatan Suwawa mengenai Pembelajaran PJOK, pembelajaran daring yang dilakukan oleh guru terutama guru mata pelajaran pendidikan jasmani, tetap dilaksnanakan walaupun pembelajaran daring ini tidak seefektif dengan pembelajaran tatap muka langsung. Kemudian juga Antusias atau partisipasi belajar siswa di SMP se-Kecamatan Suwawa yang kurang baik dikarenakan dalam mengikuti pembelajaran daring siswa cepat bosan dan juga karena data internet yang dimiliki oleh siswa itu kurang dalam mengikuti pembelajaran daring, bukan hanya pembelajaran PJOK saja tetapi ada banyak jadwal pembelajaran setiap hari yang di ikuti oleh siswa SMP Se-Kecamatan. Tidak seperti sebelumnya artinya sebelum dilakukannnya pembelajaran daring pembelajaran pendidikan jasmani itu sangat baik, mungkin karena pembelajaran dilakukan di sekolah secara tatap muka langsung  juga fasilitas yang lengkap dan juga siswa mudah di kontrol oleh guru.

Keywords


tata laksana; pembelajaran PJOK

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., & Tobibatussa’adah, T. (2021). The Impact Of Covid-19 Pandemicon Education And Judicial Practicein Indonesia. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 5(02). https://doi.org/10.32332/riayah.v5i02.2794

Ahmad Sasmito, D., Yusrotin, A., & Shaherani, N. (2021). Implementasi Mobile Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Online Akibat Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Singosari. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1). https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i1.45

Ardonansyah, M., Hardiyono, B., & Hidayat, A. (2021). Motivasi Peserta Didik Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Selama Masa Pandemi. Journal Coaching Education Sports, 2(2). https://doi.org/10.31599/jces.v2i2.739

Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan Adalah Tindakan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13540

Clausen, L. P. W., Mendoza, R., Bazylak, J., & Hansen, S. F. (2019). Comparative analysis of two teaching methods for large classes. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--32522

Diharjo, M. Z., & Wiguno, L. T. H. (2021). Pilihan Materi Pembelajaran Guru Pjok SMA dalam Memenuhi Tuntutan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013. Sport Science and Health, 3(3). https://doi.org/10.17977/um062v3i32021p98-106

Gustiawati, R., & Julianti, R. R. (2018). Pengaruh Model Pendidikan Gerak (Movement Education) Terhadap Hasil Penilaian Kognitif Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan …. Jurnal Speed (Sport, Physical ….

Indartono, S., Asaduddin, A. H., & Soraya, Y. (2020). The Indonesian citizen behavior in facing covid-19. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(9). https://doi.org/10.37200/IJPR/V24I9/PR290036

Izzatunnisa, L., Suryanda, A., Kholifah, A. S., Loka, C., Goesvita, P. P. I., Aghata, P. S., & Anggraeni, S. (2021). Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi dalam Proses Belajar dari Rumah. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.811

Kadir, S. S., Ramadan, G., Haryanto, A. I., Samin, G., Fataha, I., & Gani, A. A. (2021). The Effect of Squat Training on Long Jump Ability. JUARA : Jurnal Olahraga, 6(1). https://doi.org/10.33222/juara.v6i1.1242

Lamusu, A., & Lamusu, Z. (2021). Hubungan Panjang Tungkai Dengan Kemampuan Tendangan Sabit Pencak Silat. Jambura Health and Sport Journal, 3(2). https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i2.11359

Margaretha, E., & Simanjuntak, R. A. (2020). Dampak Belanja Sektor Pendidikan Terhadap Kualitas Pendidikan Di Indonesia. INFO ARTHA, 4(2). https://doi.org/10.31092/jia.v4i2.816

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru Pjok Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Mulya, G. (2018). Peran Pendidikan Jasmani Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 3(1). https://doi.org/10.5614/jskk.2018.3.1.1

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Pranoto, B. E., & Suprayogi, S. (2020). A Need Analysis of ESP for Physical Education Students in Indonesia. Premise: Journal of English Education, 9(1). https://doi.org/10.24127/pj.v9i1.2274

Rokim, M. F. N. (2016). Survei Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Guru Pjok Di Sma Negeri Se Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(1).

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Syed, K. S. A., Mohd Faithal, H. H., & Habib, M. S. (2017). Tekanan Dan Kepuasan Kerja Dalam Kalangan Guru Pendidikan Jasmani. Journal of Global Business and Social Entrepreneurship.




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: