KEBUGARAN JASMANI DAN HASIL BELAJAR SISWA

Destriana Destriana, Dea Elrosa, Syamsuramel Syamsuramel

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebugaran jasmani dan hasil belajar siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan metode penelitian korelasi atau correlation. Populasi penelitian adalah peserta didik yang duduk di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Palembang sebanyak 60 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan hardvard tes sebagai instrumen melihat kebuagran jasmani dan hasil belajar PJOK menggunakan rapor. Teknik analisis data diolah dengan persentase dan uji linieritas, untuk nilai belajar 75% berjumlah 45 orang kategori sangat baik 20% berjumlah 12 orang kategori baik, 5% berjumlah 3 orang kategori cukup, tidak ada peserta didik yang memiliki hasil belajar kategori kurang. Hasil uji chi square 0,788 dengan hasil signifikansi 0,000, sehingga terdapat hubungan yang kuat antara kebugaran jasmani dan hasil belajar PJOK. Temuan dari penelitian ini yaitu ada hubungan kebugaran jasmani terhadap hasil nilai belajar. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada siswa kelas VII, berdasarkan hasil penelitian ini maka kebugaran jasmani perlu diperhatikan bagi setiap guru PJOK karena berhubungan dengan hasil belajar.

Keywords


kebugaran jasmani; hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(2), 75. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82

Anastasyia Handayani, Syamsuramel, D. (2021). Profile of Student Achievement in Physical Education, Sports and Health. Seminar Nasonal Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan Universitas Sriwijaya, 397–402.

Arief, N. A., Kuntjoro, B. F. T., & Suroto, S. (2020). Gambaran Aktifitas Fisik Dan Perilaku Pasif Mahasiswa Pendidikan Olahraga Selama Pandemi COVID-19. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 175. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9564

Darmawan, Y., Martiani, M., & Febrianti, M. (2021). Implementasi Pembelajaran PJOK pada Masa New Normal di SMPN 10 Seluma. Journal Of Dehasen Educational Review, 2(3), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33258/jder.v2i03.1782

Dedi Aryadi. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, Dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 4(1), 52–62.

Eko Bagus Fahrizqi, Imam Mahfud, Rizki Yuliandra, A. G. (2020). Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Olaharaga Selama New Normal Pandemi COVID-19. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(2), 53–62.

Hakiki Rizki. (2022). Dampak Harvard Step Tes Tentang Kesegaran Jasmani. Jurnal Edukasimu, 2(4), 1–9.

Hartati, Iyakrus, Desriana, & Vergara, L. A. (2020). Physical Fitness Level Vs Comulative Achievement Index. Sys Rev Pharm, 11(12), 2019–2023.

Havid Yusuf. (2018). Evaluasi Kebugaran Jasmani Melalui Harvard Step Testpada Mahasiswapjkrtahun2016/2017 Ikip Budi Utomo. Jurnal Pendidikan. Jasmani , Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 1–12.

Ibnu Aji Pamungkas, W. D. D. (2020). Blended Learning Sebagai Pembelajaran Alternatif Di Era New Normal Pandemi Covid-19. 1–7.

Iskandar. (2014). Survey Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Baru Penjaskes STKIP-PGRI Pontianak Tahun 2013. Jurnal Pendidikan Olahraga, 3(1), 15–26. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/jpo.v3i1.134

Lely Suryani, Kristianus Jago Tuteh, M. P. N. A. P. (202 C.E.). Analisis Implementasi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2235–2243).

Mohamad, F. R., Hadjarati, H., & Kadir, S. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani Resimen Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo Di Era Pandemi COVID-19. Jambura Health and Sport Journal, 3(2), 8–14. https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i2.11455

Muhibbut Thibri, Tuti Restuastuti, M. A. (2014). Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kebugaran Jasmani pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Online Mahasiswa, 1(2), 1–13.

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1). https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00

Mustofa Arifin, S. (2012). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu (Bamboo Dancing) Pada Standar Kompetensi Menggunakan Hasil Pengukuran Listrik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Titl Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 1–7.

Pratama, D. A., & Winarno, M. E. (2022). Hubungan Status Gizi dan Kebugaran Jasmani Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA: Literature Review. Sport Science and Health, 4(3), 238–249. https://doi.org/10.17977/um062v4i32022p238-249

Riyanto, P. (2020). Kontribusi aktifitas fisik, kebugaran jasmani terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. JPOE, 2(1), 117–126. https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i1.31

Tumaloto, E. H. (2022). Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Selama Pandemi Covid 19. Jambura Health and Sport Journal, 4(1), 60–68. https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i1.13602

Ulpi, W., Hakim, N., Kadir, A., Pajarianto, H., & Rahmatia, R. (2021). Gambaran Kebugaran Jasmani Anak Usia Dini pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 30–39. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1197

Yuliandra, R., & Fahrizqi, E. B. (2019). Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(1), 51–55. https://doi.org/10.37058/sport.v3i1.750




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i2.14490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: