IDENTIFIKASI HAMBATAN PENYELESAIAN STUDI BAGI MAHASISWA PGSD PENJAS

Hedi Ardiyanto Hermawan

Abstract


Mahsiswa PGSD Penjas FIK UNY dalam menyelesaikan studi selama ini rata-rata 4 tahun 6 bulan. Penelitian ini dilakukan untuk tujuan mengetahui hambatan mahasiswa PGSD Penjas FIK UNY dalam menyelesaikan studi tepat waktu (4 tahun atau kurang dari 4 tahun). Jenis penelitian ini adalah campuran (deskriptif kuantitatif dan kulitatif). Populasi dalam penelitian ini mahasiswa PGSD Penjas FIK UNY sebanyak 120 orang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 91 orang. Teknik penarikan sampel yang dilakukan dengan cara random sampling.  Instrumen yang digunakan dalam pelitian ini adalah angket tertutup dan terbuka. Teknik analisis datanya mengunakan statistik deskriptif dan secara kualitatif. Hasil penelitian secara deskriptif kuantitatif diperoleh sebagai berikut, yaitu: hambatan sangat kurang 55 mahasiswa (60,44%), hambatan kurang  32 mahasiswa (35,16%), dan hambatan sedang 4 mahasiswa (4,40%). Hasil penelitian secara kulitatif ada 4 kesimpulan terkait hambatan untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu, yaitu 1) mahasiswa takut praktik renang sehingga tidak lulus renang, 2) pada masa pendemi Covid-19 ini banyak mahasiswa mengalami masalah dalam mencari referensi buku untuk menulis proposal penelitian, 3) beberapa materi kuliah teori terkait penyusunan tugas akhir seperti statistik dan metodologi penelitian yang disampaikan secara daring kurang dikuasi dan dipahami oleh mahasiswa, dan 4) kurang lengkapnya fasilitas yang ada di kampus Wates menyebabkan kurang efektifnya proses perkuliahan sehingga ilmu yang didapat kurang maksimal. Sebagai contoh tidak adanya lapangan basket dan alat olahraga yang tidak lengkap sehingga banyak bagian yang terlewatkan.

Keywords


identifikasi; hambatan studi

Full Text:

PDF

References


Abduljabar, B. (2011). Pengertian pendidikan jasmani. Ilmu Pendidikan, 36, 1991.

Abuhammad, S. (2020). Barriers to distance learning during the COVID-19 outbreak: A qualitative review from parents’ perspective. Heliyon, 6(11), e05482.

Anugrahana, A. (2020). Barriers, Solutions and Hopes: Online Learning during the Covid-19 Pandemic by Elementary School Teachers. Scholaria: Journal of Education and Culture, 10(3), 282–289.

Ciroma, Z. I. (2014). Learning Barriers: Challenges and Concerns. Academic Journal of Interdisciplinary Studies, 3(7), 142.

Dai, A., Mile, S., Irfan, M., & Hadjarati, H. (2022). Tata Laksana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan. Jambura Health and Sport Journal, 4(1), 53–59. Https://Doi.Org/10.37311/Jhsj.V4i1.13601.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669.

Fachrurrozie, F., Kiswanto, K., & Asrori, A. (2018). Analisis Kendala Dan Percepatan Penyelesaian Studi Mahasiswa Jurusan Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 66–85. https://doi.org/10.2317/Jpis.V28i1.5396.

Fulwiler, T. (2002). College writing: A personal approach to academic writing. ERIC.

Hariyadi, S., Anto, A. H. F., & Sari, W. A. (2017). Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penyelesaian skripsi pada mahasiswa S1 psikologi di Kota Semarang. Jurnal Penelitian Pendidikan, 34(2), 155–160.

Heriyanto, H. (2020). Preferensi penggunaan sumber informasi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan tugas kuliah. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(1), 35–48. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i1.23440.

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang pendidikan tinggi dalam masa dan pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1). https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.261.

Komarudin, K., & Subekti, B. H. (2021). Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Pjok Daring. Jambura Health and Sport Journal, 3(1), 16–23. https://doi.org/10.37311/jhsj.v3i1.9847.

Lassoued, Z., Alhendawi, M., & Bashitialshaaer, R. (2020). An exploratory study of the obstacles for achieving quality in distance learning during the COVID-19 pandemic. Education Sciences, 10(9), 232.

Lengkana, A. S., & Sofa, N. S. N. (2017). Kebijakan pendidikan jasmani dalam pendidikan. Jurnal Olahraga, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.37742/jo.v3i1.67.

Lipson, C. (2018). How to write a BA thesis: A practical guide from your first ideas to your finished paper. University of Chicago Press.

Mendrofa, W. M., & Laia, G. P. (2022). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Biostatistik. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(3), 373–384. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i3.672.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis pembelajaran daring terhadap kejenuhan belajar mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di tengah pandemi Covid-19. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 29–38.

Rabiah, S. (2019). Manajemen Pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jurnal Sinar Manajemen, 6(1), 58–67.

Ri, B. K. D., Lt, G. N. I., & Subroto, J. J. G. (2020). Tantangan pelaksanaan kebijakan belajar dari rumah dalam masa darurat Covid-19. Google Scholar Samsudin, S.(2019). Pentingnya Peran Orangtua Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 50–61.

Rusmawati, K. R., Tripalupi, L. E., & Made Artana, M. P. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi terhambatnya penyelesaian studi mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi tahun 2012/2013. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpe.v4i1.2299.

Sabillah, M. I., & Nasrulloh, A. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Berbasis Blended Learning di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 18(1), 16–26. https://doi.org/10.21831/jpji.v18i1.47652.

Sadikin, A. (n.d.). & Hamidah, A.(2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi ISSN, 922–2580.

Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-hambatan pada pelaksanaan pembelajaran daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. NUSANTARA, 2(3), 393–404. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i3.935.

Saragih, O., Sebayang, F. A. A., Sinaga, A. B., & Ridlo, M. R. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 178–191. https://doi.org/10.21093/twt.v7i3.2624.

Sinambela, L. P. (2017). Profesionalisme dosen dan kualitas pendidikan tinggi. Populis: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(2), 579–596. http://dx.doi.org/10.47313/pjsh.v2i2.347.

Tumaloto, E. H. (2022). Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Selama Pandemi Covid 19. Jambura Health and Sport Journal, 4(1), 60–68. Https://Doi.Org/10.37311/Jhsj.V4i1.13602.

Wangid, M. N. (2013). Identifikasi Hambatan Struktural Dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2).

Winarsih, S. (2017). Kebijakan dan implementasi manajemen pendidikan tinggi dalam meningkatkan mutu pendidikan. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 15(1), 51–66.

Wulandari, A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v4i2.15630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: