KECERMATAN PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN GORONTALO

Sylva Flora Ninta Tarigan, Juwita Suma, Nikmatisni Arsad

Abstract


Setiap organisasi yang berhubungan dengan masyarakat secara luas atau publik, maka akan selalui berhubungan dengan pelayanan. Pelayanan sangat erat hubungannya dengan memberikan kepuasan kepada (provide costmer satisfaction). Pemberian pelayanan yang baik kepada pelanggan, maka pelanggan akan mendapatkan kepuasan dan pelanggan juga merasa diperhatikan keberadaaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kecermatan petugas dalam pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada kantor cabang BPJS Kesehatan Gorontalo. Jenis penelitian observasional deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu masyarakat yang berkunjung pada kantor cabang BPJS Kesehata Gorontalo dengan menggunakan Purposive Samplingdengan sampel berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian bahwa efektivitas pelayanan petugas berdasarkan faktor kecermatan (81,4%) dan faktor gaya pemberi layanan (88,5%). Kesimpulan dari 2 variabel pengukuran pelayanan petugas BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo berada pada kategori sangat baik. Disarankan bagi BPJS Kesehatan Cabang Gorontalo untuk terus konsisten dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat Gorontalo.

 


Keywords


kecermatan; pelayanan BPJS; kesehatan

Full Text:

PDF

References


Adimah, N., Irsyad, M., & Oktriawan, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kantor Cabang Purwakarta). Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2), 177–194. https://doi.org/10.52593/mtq.03.2.01

Dahlan, M., Widjanarko, B., Jati, S. P., & Java, C. (2023). The Influence of Service Quality on BPJS Health Patient Satisfaction in the Outpatient Unit at Mitra Siaga Hospital, Tegal. 21(2), 325–340. https://doi.org/10.31965/infokes.Vol21Iss2.1155

Haryati, R. A. 2019. Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 91–98. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i 1.5185

Indrawati, I., & Simanjuntak, T. R. (2019). Pertanggungjawaban Pidana Terhadap Perusahaan yang Lalai Mendaftarkan Pekerjanya Sebagai Peserta BPJS Ketenagakerjaan. Jurnal Cakrawala Hukum, 10(1), 50–57. https://doi.org/10.26905/idjch.v10i1.3180

Jakarta, B. K. P. (2022). Data Kepesertaan Nasional.

Ndraha, R, T. (2012). Pelayanan Kesehatan di Era Jaminan Kesehatan Nasional Sebagai Program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Jurnal Wacana Hukum.

Novlan, W. (2016). Analisis Implementasi Kebijakan Jaminan Kesehatan Nasional di Rumah Sakit Umum Kota Tanggerang Selatan Tahun 2014.

Pemakaian Kontrasepsi Dan Pemanfaatan Kartu Badan Penyelengara Jaminan Sosial Kesehatan Dalam, P., Oesman, H., Penelitian dan Pengembangan Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera, P., & Kependudukan dan Keluarga Berencana, B. (2017). The Pattern of Contraceptive Use and Utilization of BPJS-Health Card on Family Planning Services in Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 8(1), 15–29. https://doi.org/10.22435/kespro.v8i1.6386.15-29

Rafiq, A. 2019. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Dompet Dhuafa Jakarta. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 105–114. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v3i 1.512

Sari, L. M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN sebagai Srategi Meminimalisir Tingkat Antrian di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kabupaten Bogor. Jurnal Online Mahasiswa, 4.

Siagian, S. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Silaen, M., Tarigan, N., & Lubis, R. (2020). Analisis kebijakan hubungan klinik provider BPJS Kesehatan dan Praktek Mandiri Bidan sebagai jejaring. Jurnal Prima Medika Sains, 2(1), 18–23. https://doi.org/10.34012/jpms.v2i1.974

Suci Prihatin, P., Wahyudi, A., & Heriziana, H. (2022). Analisis Pemanfaatan Puskesmas oleh Peserta BPJS di Puskesmas Sukaraya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Kesehatan Saelmakers PERDANA, 5(2), 281–287. https://doi.org/10.32524/jksp.v5i2.667

Suparto, T. A., Puspita, A. P. W., Hermayanti, Y., Rohaedi, S., & Fitriani, L. A. (2018). Pengaruh Faktor Demografi Terhadap Quality of Nursing Work Life (QNWL) Perawat di Puskesmas Kota Bandung pada Era BPJS. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(1), 13. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i1.12338

Utomo, H. K. (2017). Kekuasaan Presiden, Institusi Informal, dan Pengesahan RUU tentang Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS). Jurnal Politik, 3(1). https://doi.org/10.7454/jp.v3i1.55

Uzochukwu, B. S. C., Fasoro, M. D., Etiaba, E., Okwuosa, C., Envuladu, E., & Onwujekwe, O. E. (2015). Health care financing in Nigeria: Implications for achieving universal health coverage. Nigeria Journal of Clinical Practice. https://doi.org/10.4103/1119-3077.154196

W, K. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan di Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Medan.

Wilantara, I. E. (2015). Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Kesehatan pada Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama (RJTP) di Kota Bandar Lampung. In Skripsi.

Wulandari, A. (2019). Inovasi Bpjs Kesehatan Dalam Pemeberian Layanan Kepada Masyarakat. Jurnal Public Policy, 5(2).




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v5i2.21143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ)  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: