KEMAMPUAN KESEIMBANGAN DAN KOORDINASI PADA SISWA KELAS 3 DAN 4 SEKOLAH DASAR

Wawan Wawan, Gigih Siantoro, Amrozi Khamidi

Abstract


Keseimbangan dan koordinasi merupakan komponen penting dalam perkembangan motorik anak, yang berperan signifikan dalam berbagai aktivitas fisik sehari-hari. Penelitian ini meneliti bagaimana kemampuan keseimbangan dan koordinasi pada siswa kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar (SD) Khadijah Wonokromo Surabaya dipengaruhi oleh faktor usia dan perkembangan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan keseimbangan dan koordinasi (mata dan tangan) pada siswa kelas 3 dan 4 SD Khadijah Wonokromo Surabaya. Menggunakan metode deskriptif kuantitatif, penelitian ini melibatkan 32 siswa laki-laki berusia 9-11 tahun sebagai sampel yang dipilih melalui cluster sampling. Instrumen yang digunakan meliputi tes keseimbangan dengan balok titian dan one-leg stand, serta tes koordinasi melalui kegiatan menendang dan melempar bola. Hasil analisis menunjukkan bahwa siswa kelas 4 memiliki kemampuan keseimbangan dan koordinasi yang lebih baik dibandingkan siswa kelas 3, yang diduga dipengaruhi oleh faktor fisik, indera penglihatan, fokus, serta tingkat kematangan mental. Penelitian ini menyarankan studi lanjutan terkait perbedaan kemampuan antara siswa laki-laki dan perempuan, serta pentingnya perhatian pendidik terhadap perkembangan anak dalam melatih keseimbangan dan koordinasi.


Keywords


keseimbangan; koordinasi; siswa

Full Text:

PDF

References


Alif, M. N., & Sudirjo, E. (2019). Filsafat Pendidikan Jasmani. Muhammad Nur Alif.

Altinkök, M. (2016). The Effects of Coordination and Movement Education on Pre School Children’s Basic Motor Skills Improvement. Universal Journal of Educational Research, 4(5), 1050–1058.

Amin, M. A. (2012). Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Gerak Mata Dan Tangan Melalui Permainan Bowling Adaptif Pada Anak Adhd Attention Deficit Hyperactive Disorder. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jupe8520.64

Anam, K., Yuwono, Y., Aditia, E. A., Fahrurozi, A., & Pamungkas, D. K. T. (2023). Analisis Indeks Massa Tubuh Dan Kelincahan Siswa Diklat Diponegoro Muda Semarang. Jambura Health and Sport Journal, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.37311/jhsj.v5i2.21279

Anjani, P. (2023). Manfaat Latihan Kestabilan Dalam Peningkatan Keseimbangan Tubuh: Kajian Literatur. Jurnal Edukasimu.3(4). 1-21.

Bakhtiar, S., Johor, Z., Pulungan, A. A., Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2020). Pengaruh Koordinasi Mata-Tangan, Body Mass Index dan Jenis Kelamin terhadap Kemampuan Objek Kontrol Siswa PAUD. Jurnal MensSana, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.119

D’Hondt, va, Deforche, B., Vaeyens, R., Vandorpe, B., Vandendriessche, J., Pion, J., Philippaerts, R., de Bourdeaudhuij, I., & Lenoir, M. (2011). Gross motor coordination in relation to weight status and age in 5- to 12-year-old boys and girls: A cross-sectional study. International Journal of Pediatric Obesity, 6(sup3), e556-564. https://doi.org/10.3109/17477166.2010.500388

Fitri, R. (2021). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. 5(2).

Fitri, R., & Imansari, M. L. (2021). Permainan Karpet Engkle: Aktivitas Motorik Untuk Meningkatkan Keseimbangan Tubuh Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1186–1198.

Galdi, M., D’Anna, C., & Pastena, N. (2015). Gross-motor skills for potential intelligence descriptive study in a kindergarten. Procedia : Social and Behavioral Sciences, 174, 3797-3804.

Haris, I. N. (2020). Pengaruh Latihan Egrang dan Gobag Sodor Terhadap Keseimbangan Tubuh Pada Siswa SDN 1 Subang. Jurnal Penjaskesrek, 4(2), 163–178.

Ivaneli, K. (2021). Hubungan Antara Aktivitas Fisik Pada Lanjut Usia Dengan Tingkat Keseimbangan. 21(1).

Kiram, Y. (2019). Belajar Keterampilan Motorik. Prenada Media.

Lengkana, A. S., & Muhtar, T. (2021). Pembelajaran Kebugaran Jasmani. CV Salam Insan Mulia.

Mappaompo, M. A. (2024). Keseimbangan Dan Kelincahan Keterampilan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola. Jambura Health and Sport Journal, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i1.23728

Munafiah, N., Maisarid, S., Insiyah, M. I., & Uminar, A. N. (2018). Strategi Pembelajaran PAUD Berbasis Multiple Intelligence. Penerbit Mangku Bumi.

Oktarifaldi, O., Syahputra, R., & Putri, L. P. (2019). Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Dan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Lokomotor Siswa Usia 7 Sampai 10 Tahun. Jurnal MensSana, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/jm.v4i2.117

Paiman. (2022). Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SMP/MTs Kelas 9. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Permana, D. F. W. (2013). Perkembangan Keseimbangan pada Anak Usia 7 s/d 12 Tahun Ditinjau dari Jenis Kelamin. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.15294/miki.v3i1.2657

Petkov, V. A., & Grebennikova, V. M. (2016). Development and Assessment of Young Children’s Motor Giftedness. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 233, 105–109. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.154

Putri, M. W., Sabita, R., Nurseptiani, D., & Pramita, C. A. (2021). Hubungan Kelainan Bentuk Arkus dengan Tingkat Keseimbangan Statis dan Dinamis pada Siswa. CV. Pilar Nusantara.

Rahman, D., & Hakim, A. A. (2022). The Effect Of Modification Of Balance Physical Activities On Motor Skills Of Early Children In The Adaptation Of New Life. Jurnal Kesehatan Olahraga, 10(2), 197–204.

Sajiyo, Abdulrahim, M., Aziza, N., & Sholihah, Q. (2022). Ergonomi Industri. Universitas Brawijaya Press.

Sajoto, M. (1988). Pembinaan kondisi fisik dalam olahraga / oleh Mochamad Sajoto | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=450449

Sengkey, A. R. J. (2023). Perkembangan Motorik. Penerbit Adab.

Sepriadi, S. (2023). Model Permainan Bagi Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar. PT. Raja Grafindo Persada - Rajawali Pers.

Sukintaka. (1992). Teori Bermain Untuk D2 PGSD Penjaskes. Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Jakarta. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Uzunović, S., Đorđević, N., Nikolić, D., Stošić, D., Marković, J., Petrović, V., & Kostić, L. (2018). The Effects Of Kindergarten Sports School On Bilateral Coordination Of Preschool Age Children. Facta Universitatis, Series: Physical Education and Sport, 15(3), Article 3. https://doi.org/10.22190/FUPES1703481U

Widiastuti. (2017). Tes dan Pengukuran Olahraga. PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i2.26840

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ)  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada: