PENGARUH MODEL LATIHAN KIDS’ ATHLETICS TERHADAP KESEIMBANGAN, KELINCAHAN, DAN KOORDINASI ANAK USIA 6-7 TAHUN

Ipa Sari Kardi, Ansar CS, Astini Asri, Muhammad Fitrah Mubarak, Irfan Deny Oktavian, Indra Yudistira, Yermia Logo, Mikdol Mirin

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model latihan Kids’ athletics meliputi latihan crocodile river, socorro, dan meo duoi chuot terhadap keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi anak usia 6-7 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria anak usia 6-7 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI) fase A (kelas 1 dan 2) meliputi: tes keseimbangan berdiri dengan satu kaki, tes kelincahan dengan lari bolak balik, dan tes koordinasi dengan lempar tangkap bola tenis. Teknik analis data menggunakan uji t-test. Hasil uji t-test ditemukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi dengan nilai P-value < 0.05. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa model latihan Kid's Athletics (crocodile river, socorro, dan meo duoi chuot) dapat meningkatkan keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi siswa usia 6-7 tahun. Sebagai catatan dan saran bagi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) untuk memasukkan program Kid's Athletics bersama dengan program lainnya untuk memfasilitasi siswa dalam meningkatkan dan memaksimalkan keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi siswa. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah model latihan Kid's Athletics dapat diterapkan oleh guru PJOK dengan memasukkan program Kid's Athletics bersama dengan program lainnya untuk memfasilitasi siswa dalam meningkatkan dan mengoptimalkan keseimbangan, kelincahan, dan koordinasi siswa, khususnya siswa usia 6-7 tahun.

Keywords


kids’ athletics; keseimbangan; kelincahan; koordinasi

Full Text:

PDF

References


Abhaydev, C. S., Bhukar, J., & Thapa, R. K. (2020). Effects of IAAF Kid’s Athletics Programme on Psychological and Motor Abilities of Sedentary School Going Children. Physical Education Theory and Methodology, 20(4), 234–241. https://doi.org/10.17309/tmfv.2020.4.06

Anisah, D., Kamidi, A., Tuasikal, A. R. S., & Suroto, S. (2020). Permainan Kids Athletics sebagai Stimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Sekolah Dasar Kelas V dan VI. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(1), 72. https://doi.org/10.17977/um040v4i1p66-72

Başkaya, G., Bostancı, S., Çar, B., & Konar, N. (2023). The Impact of Athletics Basic Education on Students’ Motor Skills and Attitude Toward Athletics. Physical Education of Students. https://doi.org/doi:10.15561/20755279.2023.0405

Belal, P. D. M., & Ahmed, P. D. A. sayed. (2020). The Effectiveness of Kid’s Athletics Using Mobile Learning on the Development of Some Motor Skills and Physical Abilities of Student’s Basic Education. Journal of Theories and Applications of Physical Education Sport Sciences, 0(0), 0–0. https://doi.org/10.21608/jat.2019.19503.1004.

Chaeroni, A., Hastria Effendi, & Nuridin Widya Pranoto. (2022). Aplikasi Pelatihan Gerak Dasar Fundamental Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Olahraga Dan Kesehatan (Jaso), 2(1), 9–13. https://doi.org/10.24036/jaso.v2i1.10

Fauzan, M. (2021). Tingkat Pengetahuan Guru PJOK Tentang Kids Athletics di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kokap. Eprints.Uny.Ac.Id, 13(April), 15–38. https://eprints.uny.ac.id/63661/1/fulltext_muhammad fauzan_17604221018.pdf

Halimah, H. N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Melalui Program Kids’ athletics (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN 150 Gatot Subroto) (pp. 1–19). Universitas Pendidikan Indonesia.

Hars, T. E., Pamot, H., & Rumini. (2023). Model Pengembangan Permainan Kids Athletics (Tri Angel Run, Jump, Throw) dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kalimas Kab. Pemalang. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreations, 12(3), 247–253. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr. https://doi.org/10.15294/active.v2i2.969.

Hindriani, D., Sugiyanto, S., & Syafrial, S. (2018). Analisis Kemampuan Kids Athletics pada Siswa Sekolah Dasar di Kota Bengkulu. Kinestetik, 2(1), 23–31. https://doi.org/10.33369/jk.v2i1.9183

Jakubík, J., & BroÄáni, J. (2023). Influence of kids‘ athletics and athletic movement games on the development of general physical performance of pupils in the primary education. Journal of Physical Education and Sport, 23(1), 219–228. https://doi.org/10.7752/jpes.2023.01027

Kardi, I. S., & Ita, S. (2023). Sport Psychology: Menilik Prestasi Papua di Pekan Olahraga Nasional (PON). The Journal Publishing, 4(6). http://thejournalish.com/ojs/index.php/books/article/view/492.

Kardi, I. S., Ita, S., Ibrahim, & Hasan, B. (2022). Atletik: Kajian Mendalam untuk Optimalisasi Prestasi Lari Sprint. Bintang Semesta Media.

Kemdikbud. (2024). Tes Kebugaran Siswa Indoensia (TKSI). Kemdikbud. https://tksi.kemdikbud.go.id/tksi/fase-1-Fase-A.

Kennedy, G. (2017). What is development and why are grassroots organisations important?

Mardyanto, T. (2019). Pengembangan Scoring Hasil Lomba Kids Athletics Berbasis Android. Universitas Negeri Yogyakarta, 1–23.

Mutohir, Toho, C., Lutan, R., Maksum, A., Kristiyanto, A., Akbar, R., Amali, Z., Suswantoro, G., Isnanta, R., & Pawiro, S. (2023). Laporan Nasional Sport Development Index 2022 Olahraga, Daya Saing, dan Kebijakan Berbasis Data Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementrian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia, March.

Ningrum, E. C. (2018). Perbedaan Pengaruh “Latihan Konvesional Dan Kids Athletics †terhadap Kemampuan Motorik Kasar Atlet Atletik Kota Kediri Usia 11-12 Tahun. In Universitas Negeri Yogyakarta Vol. 372(2), 2499–2508). DOI:10.17977/um040v4i1p66-72.

Nugraha, E., Hidayat, Y., Sumpena, A., Salman, & Wibowo, R. (2022). Integrating Life Skills into Kid’s Athletics Program on Extracurricular Activities. International Journal of Human Movement and Sports Sciences, 10(5), 932–938. https://doi.org/10.13189/saj.2022.100509

Petros, B., Ploutarhos, S., Vasilios, B., Vasiliki, M., Konstantinos, T., Stamatia, P., & Christos, H. (2016). The effect of IAAF Kids Athletics on the physical fitness and motivation of elementary school students in track and field. Journal of Physical Education and Sport, 16(3), 883–896. https://doi.org/10.7752/jpes.2016.03139.

Putra, R. N., & Bafirman, B. (2020). Efek model kids’ athletics memberikan nilai tambah dalam meningkatkan konsep diri siswa. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 69–79. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13624

Qibtiyah, A. M., Wardiyanto, Y., & Kurniawan, F. F. (2024). Pengaruh Kids’ athletics Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Atletik Pada Anak Usia 4-6 Tahun The Influence Of Kids’ athletics On Basic Athletics Movement Skills In Children 4-6 Years Old. Plyometric : Jurnal Sains Dan Pendidikan Keolahragaan, 4(1), 51–63.

Tazah, N. A. H. M. (2020). Pengaruh Program Kids Athletics Terhadap Kemampuan Gerak Dasar Lari, Lompat, Dan Lempar Pada Anak Usia 10 Tahun Sleman Atletik Club Sembada. Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Riskesdas. (2018). Laporan Provinsi PAPUA Riskesdas 2018. Badan Litbang Kesehatan, 540.

Wawan, Siantoro, G., & Khamidi, A. (2024). Kemampuan Keseimbangan dan Koordinasi pada Siswa Kelas 3 dan 4 Sekolah Dasar. Jambura Health and Sport Journal, 6(2), 133–145. https://doi.org/10.37311/jhsj.v6i2.26840

Willwéber, T. (2016). Effectiveness of the “Iaaf Kids’’ Athletics Project" in Levelling Changes of General Physical Performance Among Boys of Early School Age.†Journal of Physical Education & Health Social Perspective, 5(8), 21–28. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=s3h&AN=122073143&amp%0Alang=pt-br&site=ehost-live

World Athletics. (2019). Kids’ athletics PE Tracher Guide. Worldathletics.org

World Athletics. (2024). Kids’ athletics. https://worldathletics.org/kids-athletics/teaching-athletics/crocodile-river

Yusup, & Agus, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Kids Athletics Terhadap Gerak Motorik. Jurnal Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, 2(3), 135–144.

Zhang, D., Shi, L., Zhu, X., Chen, S., & Liu, Y. (2023). Effects of intervention integrating physical literacy into active school recesses on physical fitness and academic achievement in Chinese children. Journal of Exercise Science and Fitness, 21(4), 376–384. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2023.09.004.




DOI: https://doi.org/10.37311/jhsj.v7i1.30296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons
Jambura Health and Sport Journal (JHSJ)  (p-ISSN: 2654-718X | e-ISSN: 2656-2863) dilisensikan di bawah  Lisensi  Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional .

 

Jambura Health and Sport Journal  Terindeks dan Termasuk Database pada:

       Â