Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan Kenderaan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Bone Bolango

Rukiah Nggilu

Abstract


Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan Kenderaan Bermotor Pada Kantor Samsat
Kabupaten Bone Bolango. Dalam penelitian peneliti melihat bagaimana kualitas
pelayanan secara administrasi yang berhubungan dengan pajak kendaraan roda dua
Pada Kantor Samsat Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian menggunakana
deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu melakukan observasi, wawancara,
dan analisis yang digunakan dimana dengan melakukan reduksi data, penyajian data,
kemduian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan pajak kenderaan bermotor dilihat dari dimensi kualitas berupa tangibles,
daya tanggap, kehandalan, dan jaminan sudah baik. Namun untuk dimensi empati
masih belum optimal. Salah satu indikator untuk menilai empati aparat atau petugas
dalam suatu instansi penyedia layanan adalah dengan memahami masyarakat atau
pelanggan sebagai obyek pelayanan. Adapun temuan dimana masih ada kesan kurang
nyaman yang dirasakan masyarakat penerima layanan. Sikap petugas yang terkesan
pilih kasih dalam memberikan pelayanan kepada orang atau wajib pajak yang dikenal,
kurang memahami kebutuhan wajib pajak dalam memperoleh informasi lebih tentang
perhitungan biaya pajak, serta sikap kurang menghargai masih sering dirasakan oleh
penerima layanan.

Keywords


Kualitas Pelayanan, Administrasi

Full Text:

PDF

References


Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan

Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan

Implementasinya. Gava Media.

Harmon, D. J., Kim, P. H., & Mayer, K. J. (2015).

Breaking the letter vs. spirit of the law:

How the interpretation of contract

violations affects trust and the

management of relationships. Strategic

Management Journal, 36(4), 497-517.

Michael M. Harmon, Richard T. Mayer (2014).

Teori Organaisasi untuk Administrasi

Publik

Nugraha, R. I. (2012). Tata Cara Penghapusan

Nomor Pokok Wajib Pajak Di Kantor

Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru

Senapelan (Doctoral Dissertation,

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif

Kasim Riau).

Rusmayani, N. M. L., & Supadmi, N. L. (2017).

Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan,

Sanksi dan Kualitas Pelayanan Pada

Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan

Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 20(1),

-201.

Widanarko, A. (2010). Kualitas Pelayanan Pajak

Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat

Kota Surakarta (Studi Pada Pelayanan Bea

Balik Nama Kendaraan Bermotor).

OLII, F., ILATO, R., & TUI, F. P. D. The Effect of

Modernization of Tax Administration

System and Quality of Service on

Taxpayer Satisfaction in the Samsat

Office Bone Bolango District. JournalNX,

(08), 70-79.




DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v1i2.11281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Administration and Public Service