Kualitas Pelayanan Administrasi Perpajakan Kenderaan Bermotor Pada Kantor Samsat Kabupaten Bone Bolango
Abstract
Kabupaten Bone Bolango. Dalam penelitian peneliti melihat bagaimana kualitas
pelayanan secara administrasi yang berhubungan dengan pajak kendaraan roda dua
Pada Kantor Samsat Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian menggunakana
deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu melakukan observasi, wawancara,
dan analisis yang digunakan dimana dengan melakukan reduksi data, penyajian data,
kemduian penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan pajak kenderaan bermotor dilihat dari dimensi kualitas berupa tangibles,
daya tanggap, kehandalan, dan jaminan sudah baik. Namun untuk dimensi empati
masih belum optimal. Salah satu indikator untuk menilai empati aparat atau petugas
dalam suatu instansi penyedia layanan adalah dengan memahami masyarakat atau
pelanggan sebagai obyek pelayanan. Adapun temuan dimana masih ada kesan kurang
nyaman yang dirasakan masyarakat penerima layanan. Sikap petugas yang terkesan
pilih kasih dalam memberikan pelayanan kepada orang atau wajib pajak yang dikenal,
kurang memahami kebutuhan wajib pajak dalam memperoleh informasi lebih tentang
perhitungan biaya pajak, serta sikap kurang menghargai masih sering dirasakan oleh
penerima layanan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan
Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan
Implementasinya. Gava Media.
Harmon, D. J., Kim, P. H., & Mayer, K. J. (2015).
Breaking the letter vs. spirit of the law:
How the interpretation of contract
violations affects trust and the
management of relationships. Strategic
Management Journal, 36(4), 497-517.
Michael M. Harmon, Richard T. Mayer (2014).
Teori Organaisasi untuk Administrasi
Publik
Nugraha, R. I. (2012). Tata Cara Penghapusan
Nomor Pokok Wajib Pajak Di Kantor
Pelayanan Pajak Pratama Pekanbaru
Senapelan (Doctoral Dissertation,
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif
Kasim Riau).
Rusmayani, N. M. L., & Supadmi, N. L. (2017).
Pengaruh Sosialisasi, Pengetahuan,
Sanksi dan Kualitas Pelayanan Pada
Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan
Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 20(1),
-201.
Widanarko, A. (2010). Kualitas Pelayanan Pajak
Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat
Kota Surakarta (Studi Pada Pelayanan Bea
Balik Nama Kendaraan Bermotor).
OLII, F., ILATO, R., & TUI, F. P. D. The Effect of
Modernization of Tax Administration
System and Quality of Service on
Taxpayer Satisfaction in the Samsat
Office Bone Bolango District. JournalNX,
(08), 70-79.
DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v1i2.11281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Administration and Public Service