Implementasi Inovasi Samsat Delivery Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik Pada Kantor Bersama Samsat Merauke
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui dan menganalisa Implementasi Inovasi Samsat Delivery dalam
Meningkatkan Mutu Pelayanan Publik pada Kantor Bersama SAMSAT Merauke dan Mengetahui dan
menganalisa dukungan dan hambatan dalam pelayanan Inovasi SAMSAT Delivery.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif.
Metode analisis yang digunakan adalah model interaktif menurut Miles dan Huberman dengan partisipan
yang berjumlah 2 orang. Hasil penelitian menunjukan semua hal yang berkenaan dengan pelayanan
SAMSAT Delivery seperti prosedur pelayanan diinformasikan dengan jelas. Informasi atau penjelasan
tentang inovasi pelayanan SAMSAT Delivery disampaikan secara konsisten oleh petugas/pegawai Kantor
SAMSAT dalam menyampaikan Inovasi SAMSAT Delivery sesuai dengan apa yang telah ditetapkan atau
tertuang dalam kebijakan tersebut yang berkenaan dengan pelaksanaan Inovasi SAMSAT Delivery di
Kantor SAMSAT Kabupaten Merauke. Inovasi ini juga didukung oleh sumberdaya yang cukup tetapi masih
kurangnya petugas dan kurangnya kejelasan SOP. Faktor pendukung dalam Inovasi SAMSAT Delivery
antara lain sarana prasarana sedangkan yang menajdi faktor penghambat antara lain jumlah pegawai yang
tersedia, cuaca yang tidak mendukung, wajib pajak yang susah dihubungi, kendaraan yang rusak, jarak
pelayanan dan jaringan internet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Referensi
Bahari, F. (2013). Penerapan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Drive-Thru Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Pada Kantor Bersama Samsat Kabupaten Lamongan). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(4), 48–57.
Jati, W. R. (2011). Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta. JSP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 15(1), 68–78. https://doi.org/10.22146/jsp.10926
Kanoneng, F. E., Nayoan, H., & Kaawoan, J. (2018). Peranan Pemerintah Kecamatan Dalam Penyelenggaraan Ketertiban Umum Di Kecamatan Kota Manado. 1(1).
Oktavianto, N., & Ka, V. S. Den. (2021). Efektivitas Penerimaan E-Samsat Sebagai Media Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor ( PKB ). 3(2), 197–206.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish. https://books.google.co.id/books
Said, Almaududi. Syukri, Muhammad. Puji Astuti, C. (2021). Pengaruh Insentif Terhadap Kinerja Karyawan Pada Hotel Mexsicana Kota Jambi. 6(April), 96–102. https://doi.org/10.33087/jmas.v6i1.233
Sururi, A. (2017). Inovasi Kebijakan dalam Perspektif Administrasi Publik Menuju Terwujudnya Good Public Policy Governance. 12, 14–31.
Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Gamping. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2, 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf
Zaenal Mustofa, F. N. (2017). Inovasi Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Melalui Layanan Samsat Mini ( Samin ) Di Kantor Bersama Samsat Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Publika, 5(1), 1–8.
DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v2i1.11876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jambura Journal of Administration and Public Service