Profesionalitas Aparatur Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una-Una
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Profesionalitas Aparatur dalam
Penyelenggaraan Pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo UnaUna dan (2) faktor pendukung Profesionalitas Aparatur dalam Penyelenggaraan Pelayanan
publik pada Kantor Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una-Una. Metode Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan
teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan
teknik dokumenter.
Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisa di lapangan bahwa (1) Profesionalitas
Aparatur dalam Penyelenggaraan Pelayanan publik pada Kantor Kecamatan Batudaka
Kabupaten Tojo Una-Una. Dalam Pemerintah Kecamatan Batudaka sangat
bertanggungjawab dan mereka sangat antusias dalam memberikan pelayanan kepada
masyarakat. Para aparatur Kecamatan Batudaka selalu berusaha dan berupaya agar
kemudian pelayanan kepada masyarakat selalu cepat dan baik dalam layanannya. (2) Faktor
pendukung Profesionalitas Aparatur dalam Penyelenggaraan Pelayanan publik pada Kantor
Kecamatan Batudaka Kabupaten Tojo Una-Una diantaranya (a) Performance, (b)
akuntabilitas, (c) Loyalitas Pegawai dan (d) Kemampuan aparatur pegawai. Faktor-faktor ini
sangat menetukan pelayanan yang ada di Kantor Camat Batudaka dikarenakan masyarakat
yang membutuhkan layanan harus cepat dan tidak memakan waktu lama dikarenakan sistem
pelayanan yang ada sudah menggunakan teknologi tentunya sudah lebih mudah dan cepat.
Dan aparatur sudah menguasai dan bisa mengoperasikan teknologi sebagai alat bantu dalam
pelayanan kepada msasyarakat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aruperes, F., Kaawoan, J., & Sumampouw, I.
(2019). Perilaku Birokrasi Dalam
Pelayanan Publik (Studi di Kecamatan
angowan Barat Kabupaten
Minahasa). JURNAL EKSEKUTIF, 3(3).
Abuba, D., Nani, Y. N., & Tantu, R., (2022).
Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan
Terhadap Kinerja Pegawai di Dinas
Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kabupaten Gorontalo. Journal
Administration And Public Service, 3(18-
Firmansyah, D., & Mistar, M. (2020). Pengaruh
Kedisiplinan Terhadap Produktivitas
Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial
Kabupaten Bima. Jurnal Dimensi, 9(2),
-216.
Lase, P. P. (2021). Pengaruh Integritas dan
Profesionalisme Kerja terhadap Kualitas
Pelayanan Publik. JESS (Journal of
Education on Social Science), 5(2), 135-
Moleong, & lexy, J. (2006). Metodologi Penelitian
Kualitatif. Bandung: PT. Remaja.
Podungge, A. W., & Aneta, A. (2020).
Profesionalisme Pegawai Ditinjau Dari
Aspek Pengorganisasian Dalam
Pelayanan Publik. Publik (Jurnal Ilmu
Administrasi), 9(1), 55-65.
Ratminto, & Winarsih, A. S. (2006). Manajemen
Pelayanan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Septiana, A. R., & Tohopi, R. (2021) Analisis
Kualitas Pelayanan Pada Dinas
Penanaman Modal Dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kolaka
(Studi pada Pelayanan Surat Izin Tempat
Usaha (SITU). Journal Administration And
Public Service, 2(6-7)
Sewa, S., Posumah, J., & Plangiten, N. (2022).
Perilaku Aparatur Sipil Negara Dalam
Pelayanan Publik di Dinas Sosial
Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal
Administrasi Publik, 8(114).
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian
Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syafiie, I. K., & Welasari. (2014). Ilmu
Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Abadi.
Tahir, A. (2015). Kebijakan Publik dan
Transparansi Penyelenggaraan Pemerintah
Daerah. Bandung: Alfabeta.
REGULASI
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara No.81 Tahun 1993 yang
kemudian disempurnakan dengan
Keputusan Menteri Pendayagunaan
Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara Nomor 63 Tahun 2003
tentang pedoman umum
penyelenggaraan publik
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun
Tentang Pedoman Pelayanan
Administrasi Terpadu Kecamatan
(PATEN).
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur
Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun
Tentang Pedoman standar pelayanan
DOI: https://doi.org/10.37479/jjaps.v3i2.19438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jambura Journal of Administration and Public Service