PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT

Siti Fatimah, Yacob Noho Nani, Rustam Tohopi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah primer. Teknik pengumpulan data dengan cara melakukan penyebaran angket/ kuesioner kepada masyarakat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil uji analisis regresi yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang semakin baik akan meningkatkan kepuasan masyarakat pada Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Hasil uji t hitung menunjukan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Molas Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian hipotesis pertama (Ha) dapat dibuktikkan atau diterima. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,651 atau 65,1% memiliki tingkat pengaruh tinggi. Dengan kata lain bahwa sebesar 65,1% dari variabel bebas X (Kualitas Pelayanan) memberikan kontribusi untuk variabel Y (Kepuasan Masyarakat), adapun sisanya sebear 0,349 atau 34,9% berupa kontribusi dari variabel yang belum diteliti yaitu motivasi, partisipasi, dan kepemimpinan.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Keywords


Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z., Tahir, A., & Arsana, I. K. S. (2021). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Di Gorontalo Utara). Efisiensi : Kajian Ilmu Administrasi, 18(1), 45–62.

Anisa, S. (2018). Pengaruh Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Helvetia. 123.

Arianto, N., & Adam Muhfany, A. (2021). Kepuasan Masyarakat Di Tinjau Darikualitas Pelayanan Yang Ada Pada Kantor Desa Citayam. KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, 9(1), 50.

B. R. Aditya Cholif Firmansyah, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat,” J. Off. Adm. Educ. Pract., vol. 1, no. 2, pp. 82–93, 2021.

Damayanti, L. D., (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 21-32.

Falah, S., Subadi, W., & Noor, Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamarang Kiwa Kecamatan Tanjung Kabupaten Tabalong. Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis, 3(2), 697–706.

Hayat, (2017). Manajemen Pelayanan Publik, PT Raja Grafindo, Depok.

Kasturi, T. (2016). Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Masyarakat Indonesia : Tinjauan Psikologi Islam. Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia, 1(1).

Mayasari, A. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Desa Paulan, Colomadu, Karanganyar. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 3(2), 36–44.

Maniagasi G. Memahami Perilaku Birokrasi Pelayanan Publik. Badan Penelit dan Pengemb Drh. Published online 2016:182.

Moenir. 2008. Manajemen Pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pontoh B, Hermanto B, Apituley J. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online Grab. Manaj dan Kewirausahaan. 2020;1(1):1-15.

Putri, A. H., Alumni, H., Tinggi, S., Manajemen, I., Program, S., & Manajemen, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Desa Medan Sinembah. Jurnal Studi Manajemen, 2(1), 1–6.

Rezha, F. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (EKTP) Di Kota Depok). Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(5), 981–990.

Samosir, Z. Z. (2005) Pengaruh kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, [internet] 1(1). 28 36, Available from: [accessed by 8 Oktober 2012].

Santoso, M. I. A., & Asmuni, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Desa Kertonegoro Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah Cahaya Ilmu, 3(2), 24.

Septiana A, Nawangsari ER. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pengurusan E-KTP terhadap Kepuasan Masyarakat Kecamatan Candi Sidoarjo. J Educ Hum Soc Sci. 2022;4(3):1645-1656. doi:10.34007/jehss.v4i3.923

Sinambela, Lijan poltak, 2006. Reformasi pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sonani, N., & Yulia, I. A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Bagian Pelayanan Administrasi Kependudukan: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Masyarakat. Jurnal Visionida, 7(1), 14-21.

Sugiyono. (2019). In Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R & D (p. 394). Bandung : Alfabeta.

Taufiqurokhman, Evi Satispi. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik, Tanggerang Selatan, PT UMJ Press.

Tohopi, R. (2019). Mewujudkan Good Governance Melalui Standar Pelayanan Minimal (SPM) Dinas Kesehatan Kota Gorontalo. PROSIDING, 10(3067).

Waromi DN, Timisela Y, Banes AE. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kelurahan Klasuur. J Educ. 2023;5(4):11909-11921. doi:10.31004/joe.v5i4.2146


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jambura Journal of Administration and Public Service