STUDI LAYANAN AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui layanan akademik pada Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. Pendekatan yang digunakan yakni Mix Method dengan model Eksplanatori. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi serta kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) layanan akademik berdasarkan aspek bukti langsung (Tangible) pada Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo sebesar 81,16% yang berada pada kriteria “cukup berkualitas”. (2) layanan akademik berdasarkan aspek kehandalan (Reliability) pada Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo sebesar 88,49% yang berada pada kriteria yang “berkualitas”. (3) layanan akademik berdasarkan aspek daya tanggap (Responsiveness) pada Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo sebesar 84,53% yang berada pada kriteria yang “berkualitas”. (4) layanan akademik berdasarkan aspek jaminan (Assurance) pada Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo sebesar 81,86% yang berada pada kriteria yang “cukup berkualitas”. (5) layanan akademik berdasarkan aspek empati (Emphaty) pada Program Studi Magister Administrasi Publik Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo sebesar 86,97% yang berada pada kriteria yang “berkualitas”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adisasmita, R. (2011) Pengelolaan Pendapatan dan Anggaran Daerah. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Akadun. (2009). Teknologi Informasi Administrasi. Alfabeta. Bandung
Andrew E. Sikula. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia, Erlangga. Bandung.
Bachri. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi pada. Penelitian Kualitatif. Surabaya: Universitas Negri Surabaya.
Bendriyanti, Rita Prima. (2019). Service Quality Management Competence In Improving Academic Graduate In Private Universities In The Province Bengkulu: Jurnal TARBAWI Volume 1. No. 01, Januari Juni 2015
Daulat P. Tampubolon, (2001), Perguruan Tinggi Bermutu, Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapai Tantangan Abad ke-21, PT. Gramedia Pustaka , Jakarta.
Danim, Sudarman. (2011).Pengantar Kependidikan. Bandung: Alfabeta
Fajri, R., Setyowati, E., Siswidiyanto. (2017). Akuntabilitas Pemerintah Desa pada Pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) (Studi pada Kantor Desa Ketindan, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP)3 (7), 1099-1104.
Fayol, Henry. 2010. Manajemen Public Relations. Jakarta: PT Elex Media.
Follet, Mary Parker. (1997) Defenition of Management http://www.blog.re.or.id/defenisi-manajemen.htm
Gulick, Luther. (2001). Notes on the Theory of Organization Classics of Organization Theory, Brooks/Cole Publishing Company Pacific Grove, California.
Hamzah, Sepriono Dwi. (2016). Pengelolaan Administrasi Kemahasiswaan Berbasis Web Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Akademik di BAKPSI UNG: Skripsi
Halimah, M., & IP, S. (2018). Konsep dan Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran. Diakses dari http://repository. ut. ac. id/3972/1/ADPU4331-M1. pdf pada 15 Desember 2021.
Handoko, T. Hani. 2003. Manajemen Edisi 2. BPFE. Yogyakarta
Heslina, Abd. Mansyur. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan akademik Dan Non Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Program Studi Manajemen Stiem Bongaya. Jurnal lmiah Bongaya (Manajemen & Akuntansi): Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Makassar (STIEM) Bongaya
Kotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran, jilid I, Edisi kesebelas, Jakarta, P.T Indeks Gramedia.
Mastuhu, (1994). Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren: Suatu Kajian Tentang Unsur dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren,Jakarta: INIS,
Moenir, (1995). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
Nurbayani, Ety. (2019). Manajemen Layanan akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN: Skripsi
Permata Dewi, Nurul. (2021). Pegelolaan Pelayanan Publik Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan Dalam Pengelolaan Program Kartu Pra-Kerja. Skripsi
Prastika, Nurul. (2019). Manajemen Layanan Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mts Hifzil Qur’an Medan. Skripsi
Safroni, (2012) Manajemen dan Reformasi Pelayanan Publik dalam Konteks Birokrasi Indonesia (Teori, Kebijakan, dan Implementasi), Yogyakarta : Aditya Media Publishing.
Siagian, Sondang P. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sugiarto, Endar, (1999). Psikologi Pelayanan Dalam Industri Jasa. PT. Garamedia Pustaka Utama, Jakarta.
Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta. Usman. User. 2008.. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Terry, George dan Leslie W.Rue. Dasar-Dasar Manajemen. (Jakarta: Bumi Aksara, 2010)
Tjiptono, Fandy. (2006). Manajemen Jasa, Yogyakarta: BPFE.
Winardi, (1990). Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Perundang-Undangan:
Undang-Undang Dasar 1945 pasal 31 ayat 1
Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003
Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012
Peraturan Menristek-Dikti No. 44 Tahun 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jambura Journal of Administration and Public Service