Akuntabilitas Pelayanan Administrasi

Dian Fitriani Karim, Widya Kurniati Mohi, Ramlah Alkatiri, Fadlun N. Madina

Abstract


Banyaknya keluhan dan pengaduan dari masyarakat terhadap pelayanan dari pemerintah baik yang secara langsung maupun melalui media massa menimbulkan citra yang buruk dalam akuntabilitas publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Akuntabilitas Pelayanan Administrasi di Kelurahan Libuo Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode penelitian menggunakan jenis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akuntabilitas Pelayanan Administrasi di Kelurahan Libuo Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo belum optimal. Dari keempat indikator yang digunakan yakni prosedur, biaya, jangka waktu dan responsif, terdapat dua indikator yang belum berjalan dengan baik yakni indikator prosedur dan responsive. Hal tersebut terlihat dari kurangnya komitmen pegawai Kelurahan Libuo untuk secara konsisten menjalankan dan menerapkan prosedur pelayanan secara adil kepada semua masyarakat responsivitas pelayanan administrasi di Kantor Kelurahan Libuo yang tergantung pada personal pegawai bukan pada kebutuhan masyarakat.

Keywords


Akuntabilitas; Pelayanan; Administrasi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jambura Journal of Administration and Public Service