JALUR DISTRIBUSI PEMASARAN SAPI POTONG DI MASA PANDEMI COVID-19

Lius Djailani

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui jalur distribusi pemasaran, Margin keuntungan tiap lembaga pemasaran dan nilai efisensi pemasaran sapi potong dimasa pandemi covid-19. Penelitain ini di laksanakan di Kecamatan Asparaga, Tolangohula, Boliyohuto, Mootilango, dan di Kecamatan Pulubala, pada bulan September-November 2020. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa jalur distribusi pemasaran pada masa pandemi terdapat 2 (Dua) jalur distribusi pemasaran yang secara langsung dan 3 (Tiga) jalur distribusi yang tidak secara langsung. Margin pada masa pandemi yaitu jalur distribusi I Rp.0, jalur distribusi II Rp. 3.000.000, jalur distribusi III Rp. 6.000.000, jalur distribusi IV Rp. 4.000.000, jalur distribusi V Rp. 4.000.000. Tingkat efisiensi pemasaran pada masa pandemi jalur distribusi pemasaran  yang  paling efisien adalah jalur distribusi pemasaran tipe I yakni  0,5%, dan jalur distribusi pemasaran V yakni 0,05%,  dan lainnya tidak efisien. Terdapat 2 jalur pemasaran di masa pandemic Covid yakni jalur pemasaran langsung dan tidak langsung, dan jalur pemasaran lansung memiliki tingkat efisen yang baik, sedangkan yang lainnya tidak efisien.

Keywords


Jalur distribusi Pemasaran, Margin, Keuntungan, Efisiensi, Covid-19

Full Text:

PDF

References


Abdi, Usman Rianse. 2012. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Teori dan Aplikasi. Bandung. Alfabeta.

Aditya Fauzi Alamsyah, dkk 2014. Analisis Jalur distribusi dan Margin Pemasaran Sapi Potong di Pasar Hewan Tanjungsari. Sumedang. Jurnal Hal 1 di akses pada tanggal 13 februari 2020.

Agustin, M., & Hayati, M. (2020). PEMASARAN SAPI POTONG DI DESA LOBUK KABUPATEN SUMENEP. Agrisocionomics: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 4(1), 14-21.

Alma, Buchari. 2000. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Edisi Revisi. Cetakan Keempat. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Angipora. P.M. 2002. Dasar-Dasar Pemasaran. Penerbit PT Raja Grafindo persada. Jakarta.

Anugrah, I. S., Saputra, Y. H., & Sayaka, B. DAMPAK PANDEMI COVID-19 PADA DINAMIKA RANTAI PASOK PANGAN POKOK.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, 2000

Baharudin Pabbo, 2016. Margin Pemasaran Sapi Bali Pada Kelompok Tani Ramah Lingkungan Di Desa Galung Kecamatan Barru Kabupaten Barru. Jurnal Hal 1 di akses pada tanggal 12 februari 2020.

Hastang, dkk 2013. Margin Dan Keuntungan Lembaga Pemasaran Sapi Potong Dari Kabupaten Bone Ke Kota Makassar. Jurnal Hal 1 di akses pada tanggal 13 februari 2020.

Kamaluddin. 2008.Lembaga dan Jalur distribusi Pemasaran. www. jurnalistik. co.id. Di akses pada tanggal 12 Mei 2009.

Nugraha, Aditya Pandu. 2006. Analisis Efisiensi Jalur distribusi Pemasaran Jamur Tiram Segar di Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Lasaharu, N. A., & Boekoesoe, Y. (2020). ANALISIS PEMASARAN SAPI POTONG. Jambura Journal of Animal Science, 2(2), 62-75.

Ms Fuad, dkk 2004. Persepsi Peternak Dan Pola Pemasaran Sapi Potong Terhadap Spr Dan Pola Pemasaran Sapi Potong Di Kecamatan Ciracap. Sukabumi. Jurnal Hal 1 di akses pada tanggal 15 februari 2020.

Noor TI. 2020. Ketahanan pangan Indonesia: pendekatan multidimensi. Materi presentasi Webinar Kaprodi Magister Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian Unpad;2020Sep 24; Sumedang, Indonesia.

Philip Kotler, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, PT Prenhallindo, Jakarta

Rahadi, D.R., (2013), Pengaruh Karateristik Website Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Manajemen dan Binis, Vol. 5, No. 7.

Rangkuti, Freddy. 2004. Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis.Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Soekartawi. 2001. Pengantar Agroindustri. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudarmono dan Sugeng.2008. Sapi Potong. Penebar Swadaya. Jakarta.

Sumadi, W. Hardjosubroto, dan N. Ngadiyono.2004. Analisis Potensi Sapi Potong di Daerah Istimewa Yogyakarta, Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner, Bogor, 4−5 Agustus 2004. Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Bogor.

Swasta, B. 1991. Konsep dan Strategi Analisis Kuantitatif Jalur distribusi Pemasaran.Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Usman dan Abdi. 2011. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Yulianto, P dan C. Saparinto. 2010. Pembesaran Sapi Potong Secara Intensif. Penebar Swadaya. Jakarta.

Yusuf dan J. Nulik, 2008. Kelembagaan Pemasaran Ternak Sapi Potong di Timur Barat, NTT. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Nusa Tenggara Timur.




DOI: https://doi.org/10.35900/jjas.v4i1.11762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.